Penyebab Anak Kucing Mati Sesaat Setelah Dilahirkan


foto oleh unsplash


Banyak faktor yang menjadi penyebab anak kucing mati sesaat setelah ia dilahirkan. Salah satunya karena sindrom baby blues yang sering dialami oleh induknya.

Lantas apa saja penyebab yang lainnya? Kita akan ulas lebih lanjut pada pembahasan artikel berikut ini supaya lebih jelas nantinya.

1. Sindrom Baby Blues Pada Induknya

Salah satu penyebab anak Kucing mati setelah dilahirkan bisa dikarenakan karena Sindrom Baby Blues yang dialami induknya. Seperti dengan apa yang terjadi pada manusia, sindrom ini biasanya membuat sang induk sedikit membenci anaknya. Bahkan tidak sedikit dari induknya tersebut tak mau menyusui anak-anaknya.

Pada akhirnya bayi kucing yang tidak mendapatkan susu dari induknya akan terlantar hingga sakit. Kebutuhan akan susu atau makanan tidak terpenuhi juga sering kali membuat anak kucing terlihat kurus. Hingga pada akhirnya satu demi satu anak-anak kucing tersebut juga mati mendadak menyusul yang lainnya.

2. Kesalahan Penanganan

Kesalahan dalam hal penanganan yang dilakukan oleh pemeliharanya juga bisa jadi penyebab anak Kucing mati mendadak. Misalnya saja ketika pemilik memegang bayi kucing dengan posisi yang salah sehingga membuat badannya sakit. Secara perlahan bisa saja membuat bayi kucing tersebut mati, sebaiknya hindari hal ini.

3. Penyakit

Penyebab anak kucing mati satu persatu karena penyakit juga bisa saja terjadi pada mereka yang baru beberapa saat lahir. Adanya bakteri atau virus berbahaya yang menyerang menimbulkan pertahanan bayi kucing melemah. Tidak hanya satu anak kucing yang dilahirkan dan meninggal, bahkan banyak kasus lebih dari satu.

Anak kucing juga belum memiliki antibodi atau pertahanan tubuh yang sudah berkembang dengan baik sehingga sangat rentan terhadap penyakit infeksius (akibat bakteri dan virus). Selain itu karena antibodinya masih lemah, anak kucing juga masih belum dapat divaksin sehingga sangat berisiko terkena penyakit menular seperti calici.

4. Penyakit Bawaan

Penyakit bawaan pada bayi kucing juga bisa mempengaruhi keberlangsungan hidupnya. Tidak jarang anak Kucing mati beberapa saat setelah baru dilahirkan di dunia ini. Tentunya hal ini membuat sedih semuanya baik itu induk kucing hingga sampai kepada pemiliknya.

Selain karena penyakit bawaan, beberapa kasus yang terjadi sebenarnya bisa Pawrent cegah. Sebagai pecinta kucing, sebaiknya Anda perlu belajar banyak dari membaca artikel tentang kucing. Salah satunya yang bisa Pawrent bisa ikuti IG @kawan.hewan.

5. Pengaruh Eksternal

Adanya pengaruh eksternal sebagai salah satu penyebab anak kucing yang baru lahir mati juga bisa saja terjadi. Masalah seperti cuaca ekstrim yang terjadi seperti keadaan dingin juga berpengaruh. Bayi kucing yang belum punya kemampuan pertahanan yang baik pada akhirnya harus meregang nyawa karena cuaca tersebut.


Itulah penyebab anak Kucing mati beberapa saat setelah ia dilahirkan ke dunia oleh induknya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Pawrent sekalian. Jika Anda berada di Gresik dan perlu pertolongan untuk anak kucing Anda, silakan kunjungi Klinik Kawan Hewan. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Waspada Serangan 7 Penyakit Kucing Di Musim Hujan Berikut Ini
1 view0 comments