• admin

Cara Menjinakkan Burung Pleci Yang Giras dan Takut Manusia


foto oleh unsplash


Burung pleci yang baru dibeli atau baru ditangkap dari hutan tentu masih sangat giras dan takut terhadap manusia. Namun, jangan khawatir, ada banyak cara menjinakkan burung pleci agar lebih menurut pada pemiliknya.


Menjinakkan Burung Pleci

Berikut cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjinakkan burung pleci.

1. Terapi Lapar

Terapi lapar diyakini sebagai cara ampuh menjinakkan burung pleci yang masih giras dan takut terhadap manusia atau benda-benda di sekitarnya. Dalam keadaan lapar, burung pleci akan lebih mudah menuruti perintah Anda.

Untuk praktek terapi lapar ini, Anda harus mengeluarkan persediaan pakan dan minum dari dalam kandang. Sebagai ganti pakan, Anda bisa memberikan ulat Hongkong atau buah kesukaan pleci sebagai umpan.

Coba arahkan dan pindah-pindahkan umpan. Perhatikan apakah burung pleci mengikuti umpan yang Anda berikan. Lakukan terus berulang-ulang hingga pleci benar-benar mengikuti umpan yang diberikan. Pleci dikatakan jinak jika sudah mau makan pakan di tangan Anda.

2. Terapi Mandi

Terapi mandi juga banyak dipakai untuk menjinakkan burung pleci, khususnya yang masih bakalan dan giras. Seperti memandikan burung lain, Anda harus memandikan pleci dengan menggunakan sprayer. Cara ini dipercaya dapat membuat pleci tenang dan tidak takut lagi pada manusia.

Anda harus mengatur sprayer agar semprotan air halus seperti embun. Lakukan secara terus menerus hingga tubuh pleci benar-benar basah. Selanjutnya, jemur dibawah dan biarkan pleci membersihkan bulunya. Agar cepat jinak, mandikan pleci minimal tiga kali dalam sehari.

3. Terapi Keramaian

Di habitat aslinya, burung pleci tentu sangat jarang bertemu dengan manusia. Untuk itu, cara mudah menjinakkan burung pleci adalah dengan melakukan terapi di tempat keramaian. Pleci akan lebih cepat jinak jika sering berada dekat dengan orang-orang di tempat ramai.

Namun, Anda harus memastikan ketika akan melakukan terapi ini, pleci benar-benar sehat atau tidak sedang mengalami stres. Selain untuk tujuan menjinakkan, terapi keramaian juga sekaligus untuk melatih mental agar tidak takut lagi saat dilombakan.

4. Terapi Lidi

Banyak cara cerdas untuk menjinakkan burung pleci, misalnya dengan terapi lidi. Terapi lidi bukan untuk memberi makan melainkan untuk mengusap-usap bulu burung pleci dengan sebatang lidi.

Untuk melakukan terapi ini, Anda membutuhkan sebatang lidi, selanjutnya elus-eluskan lidi tersebut secara perlahan ke bulu. Anda harus melakukannya dengan sangat berhati-hati, pelan-pelan saja. Perhatikan perkembangannya, jika pleci sudah menikmatinya, Anda bisa langsung membelainya dengan tangan.

5. Terapi Siulan

Untuk Anda yang bisa bersiul dengan suara bagus bisa menjadi cara efektif untuk menjinakkan pleci. Suara siulan juga menjadi salah satu cara berkomunikasi dengan pleci. Tentu, Anda berharap burung pleci akan merespons suara siulan Anda.

Jika pleci sudah mau menjawab siulan Anda, itu tandanya dia mulai jinak. Lakukan terapi siulan ini secara rutin setiap hari, di pagi dan sore hari, agar pleci terbiasa dan akrab dengan suara Anda.

6. Terapi Belaian

Membelai-belai pleci juga menjadi cara tepat menjinakkan burung pleci. Pleci yang sering dielus-elus terbukti lebih mudah jinak. Lakukan terapi ini sambil memberikan pakan kesukaannya.

Lakukan terus secara rutin agar dia terbiasa dan akrab dengan tangan Anda. Tapi ingat, lakukan belaian dengan halus. Jangan terlalu kasar yang bisa menyebabkan pleci justru kesakitan.


Demikian cara menjinakkan burung pleci yang sudah banyak dipraktekkan para penggemar burung dan terbukti berhasil. Agar artikel ini bermanfaat bagi orang lain, silakan bagikan ke rekan-rekan pembaca yang lain.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.