Tips Menjinakkan Sugar Glider Mudah dan Anti Gagal


foto oleh pixabay


Bukan tanpa sebab banyak orang yang jatuh hati dan ingin berusaha memelihara hewan lucu ini. Walaupun memiliki tubuh yang mungil bukan berarti sugar glider lemah dan sulit untuk dijinakkan. Pada dasarnya, hewan pengerat ini lebih mudah untuk dijinakkan atau mudah membangun bonding dengan anda.

Hanya saja, salah satu kunci merawat hewan ini adalah kesabaran. Ya, walaupun hewan ini bukan hewan liar yang sangat sulit untuk dijinakkan, namun anda juga tidak bisa sembarangan dalam merawatnya. Walaupun sudah jinak sebelumnya, bisa saja saat anda rawat hewan ini berubah menjadi sulit untuk didekati kembali. Untuk itulah, pahami beberapa poin penting dalam perawatannya di bawah ini.


Biarkan Hewan Ini Beradaptasi Dengan Lingkungannya

Sama halnya ketika anda tiba-tiba harus berada di suatu lingkungan baru yang "asing" pasti anda akan berusaha untuk tetap bertahan dan tidak langsung berbaur, bukan? Hal ini juga yang terjadi pada hewan ini saat pertama kali anda mencoba memeliharanya. Untuk itu, biarkan mereka untuk beradaptasi dan berbaur dengan lingkungan barunya terlebih dahulu.

Bahkan, jika anda membeli jenis hewan yang sudah memasuki usia dewasa misalnya sudah berumur diatas 6 bulan, maka usahakan untuk mendiamkan mereka setidaknya 3 hingga 4 hari. Setelah masa adaptasi ini perlahan mulai terlewati, maka anda baru bisa mencoba memasuki dunia mereka. Kuncinya jangan terburu-buru.

Faktor usia ini sangat krusial. Lebih mudah menjinakkan SG yang belum dewasa dibandingkan yang sudah dewasa. Namun bukan berarti sugar glider yang sudah dewasa tidak dapat dijinakkan sama sekali ya.

Tata Cara Pemberian Makanan

Salah satu poin penting untuk membangun bonding dengan hewan ini dengan cara pemberian makanan yang disarankan. Carilah jenis makanan yang benar-benar mereka sukai. Misalnya dengan memberikan makanan berupa buah dan sayuran. Anda bisa memberi makan hewan ini berupa ubi, jagung, pisang, apel, wortel, mangga ataupun alpukat. Usahakan memberikan makanan segar yang bersih dan bergizi.

Cara pemberian makan juga sangat penting diperhatikan agar tips menjinakkan sugar glider ini berhasil. Cara yang dianjurkan adalah hand feeding, yaitu memberinya langsung dengan telapak tangan anda. Pertama-tama, mungkin cara ini masih belum berhasil. Tapi usahakan hanya memberikan makan 2 kali sehari. Hal ini penting agar si sugar glider langsung mau memakan makanan yang anda berikan tersebut akibat kelaparan. Dengan hand feeding, hewan imut ini akan terbiasa dengan Anda.


Tips Menjinakkan Sugar Glider Dengan Berinteraksi

Mereka mungkin adalah hewan yang berasal dari alam liar dan pasti tidak mengetahui bahasa manusia. Tapi, bukan berarti mereka sama sekali tidak bisa anda jinakkan dan berteman dengan hewan tersebut. Justru, anda diharapkan bisa berinteraksi dengan baik. Jika hal ini terlaksana, bukan tidak mungkin mereka akan segera jinak dan mudah berteman dengan anda serta merespon panggilan dari anda.

Misalnya saja mulai mencoba membelai mereka saat hewan ini sedang diberi makanan. Pada awalnya mereka akan menggunakan mode "awas dan waspada". Namun, lama kelamaan mereka juga akan lebih ramah. Tidak hanya itu, cobalah ajak mereka berkomunikasi. Walaupun ini terdengar agak aneh, sebab mereka tidak akan mengerti bahasa manusia. Namun, trik menjinakkan sugar glider ini tergolong efektif.

Bahkan, anda bisa meletakkan pakan atau baju anda yang sudah anda gunakan di dalam kandang mereka. Gunanya? Agar mereka bisa mencium dan mengenal bau tubuh anda sebagai pemiliknya. Bahkan, interaksi yang sedikit lebih ekstrim yakni membiarkan hewan ini menggigit jari anda juga bisa dilakukan. Cobalah mengarahkan jari anda untuk digigitnya. Tapi ingat, bagian kuku letakkan di gigi bawah hewan ini, sebab ada gigi yang tajam disana.

Nah, tahanlah setidaknya 3 menit. Biarkan hingga hewan tersebut berhenti menggigit. Banyak pemilik yang menyatakan trik menjinakkan sugar glider tersebut ampuh dan mudah sekali berhasil. Demikianlah pembahasan kita kali ini. Jangan lupa ya, anda harus tetap sabar menunggu hewan ini membuka diri dan menjadi teman baik anda nantinya.


Nah itulah tips menjinakkan SG dengan membangun bonding diantara pemilik dan sugar glidernya. Share ya supaya lebih banyak orang yang tahu.

20 views0 comments