Tips Pelihara Hamster Winter White dengan Karakteristik yang Jinak



foto oleh canva


Hamster memiliki beberapa jenis, salah satunya hamster Winter White dengan karakteristiknya yang jinak dan manja. Hamster yang satu ini memiliki penampilan yang cantik, seperti hamster Campbell. Namun, ukuran Winter White lebih kecil dan lebih tenang meski ada beberapa yang mudah takut.

Baca juga : Ingin Punya Hamster Campbell? Begini Cara Merawatnya!

Hamster Winter White memiliki nama latin Phodopus Sungorus yang ditemukan pada tahun 1770. Hamster ini sangat unik, karena mampu mengubah warna bulunya sesuai perubahan suhu. Saat musim dingin, Winter White cenderung berbulu putih dan akan berubah sesuai warna aslinya pada musim panas.

Asal hamster Winter White dari Kazakhastan bagian timur dan Siberia. Winter White mudah dijinakan, sehingga banyak disukai kalangan pecinta hewan sebagai peliharaan. Sifatnya yang lucu dan unik membuat hamster ini populer di berbagai negara. Ukuran tubuhnya sekitar 7 sampai 9 cm dan memiliki tiga jenis sesuai warna dan kebiasaanya.


Jenis dan Karakteristik Winter White

Ada tiga jenis Winter White, yaitu Winter White Pearl, Saphire dan Normal. Meski mudah jinak dan tenang, hamster ini lebih malas dibandingkan hamster lain. Kebanyakan waktunya digunakan untuk tidur, sehingga terlihat kurang aktif bermain. Winter White suka memanjat ke tangan manusia dan tidak menggigit.

Karakter hamster Winter White lebih tenang dan jinak, meski baru dipelihara. Sifatnya tersebut membuat Winter White cocok dijadikan hewan peliharaan untuk para pemula. Jika sudah jinak, Winter White sering memanjat ke tangan dan lebih manja. Karakteristik hamster ini akan membuat Anda gemas dan ingin memilikinya.

Winter White mampu menyesuaikan suhu ruangan dengan mengubah warna bulunya. Persentase spesies hamster ini lebih banyak dibandingkan hamster mini lainnya. Namun, Winter White bisa menjadi agresif dan galak jika merasa mendapat ancaman atau tekanan. Hamster ini bisa menggigit dengan keras dan tidak akan melepas gigitannya.

Hamster Winter White termasuk hewan penimbun, sehingga selalu memiliki tempat tertentu untuk menyimpan makanan. Sediakan pakan yang cukup setiap hari agar asupan gizi Winter White tercukupi.

Tips Memelihara Hamster Mini Winter White

Berikut beberapa tips memelihara hamster mini winter white yang perlu Anda ketahui :


1. Perhatikan Ukuran Kandang

Perhatikan ukuran kandang yang digunakan sebagai tempat tinggal hamster Winter White. Kandang yang baik dan sesuai berukuran 0.23 m2 atau setara dengan panjang 61 cm dan lebar 38 cm. Kandang hamster ini harus cukup luas untuk bergerak dan memiliki ventilasi udara yang cukup.

2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Hal kecil yang sering dilupakan saat memelihara hamster mini Winter White adalah paparan sinar matahari. Kandang hamster tidak boleh diletakan di area yang terpapar matahari langsung, karena hamster akan kepanasan.

3. Sediakan Air yang Cukup

Selain makanan, Anda juga harus menyediakan air minum yang cukup. Winter White tidak banyak minum air, namun ketersediaan air harus selalu diperhatikan. Jangan meletakan air minum di dekat pakan, karena bisa kotor dan tidak disukai hamster. Anda bisa meletakanya dalam botol kecil dan menggantinya tiga hari sekali.

4. Beri Mainan Roda dalam Kandang

Meski memiliki sifat sering tidur, kandang hamster harus tetap memiliki mainan roda. Mainan jenis ini sangat digemari hewan hamster sebagai tempat untuk bermain. Gunakan roda mainan yang lebih besar dengan diamater 20 cm, agar hamster tidak kesulitan saat berlarian dalam roda.

5. Beri Pelet dengan Gizi Seimbang

Untuk memenuhi gizi hamster Winter White, Anda bisa memberikan campuran biji-bijian. Beri pelet sebagai pakan utama dan campuran biji-bijian sebagai makanan tambahan. Hamster biasanya sangat menyukai kuaci, berikan pakan ini dalam jumlah terbatas karena bisa menyebabkan obesitas jika terlalu banyak dikonsumsi.

6. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Tips yang paling penting adalah bersihkan kandang secara rutin. Untuk membersihkan kandang, gunakan sabun pencuci khusus agar tidak menempel pada dinding kawat.


Hamster mini Winter White banyak dipelihara karena sifatnya yang mudah dijinakan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan hal penting dalam memeliharan hewan tersebut. Jika terjadi sesuatu yang membuat hamster kurang sehat, segera bawa ke dokter hewan terdekat agar diberikan penanganan terbaik.

Baca juga : Penasaran Tentang Hamster Syrian? Simak Di Sini!

#hamster

#hamsterwinterwhite

#memeliharahamster