Memelihara Hamster untuk Pemula, Ini Tips Mudah Perawatannya

Updated: Jul 26, 2020



Memelihara hamster untuk pemula tentu memiliki tantangan tersendiri. Binatang pengerat yang lucu dalam bentuk mini ini hanya membutuhkan space kecil untuk menjadi habitat hidupnya. Bahkan jika Anda tengah berada di perantauan, memelihara hamster tetap bisa dengan mudah dilakukan dengan merawatnya di kamar.

Harga hamster juga tergolong terjangkau dengan kecenderungan karakteristik ramah untuk anak sehingga banyak disukai. Terlebih, kehadiran animasi Hamtaro yang banyak disukai orang. Berbeda dengan jenis pengerat lain seperti tikus, hamster cenderung hidup dengan habitat yang lebih bersih. Karenanya, poin utama dalam pemeliharaannya terletak pada kebersihan.

Meski mudah dirawat dan tak butuh banyak perlakuan khusus, namun pemula harus mengetahui beberapa hal penting dalam merawat hamster. Penting untuk mengetahui bagaimana menjaga kebersihan dan makanannya. Untuk informasi lebih detail, perhatikan beberapa poin berikut.


Perawatan Kebersihan yang Sangat Penting Dijaga

Dalam memelihara hamster untuk pemula, Anda dituntut untuk selalu menjaga kebersihan makhluk kecil ini dengan sempurna. Tak sebatas pada kebersihan kandang saja, namun juga pada kebersihan tubuh si hamster. Anda bisa melakukannya dengan cara mudah dan murah di bawah ini.


1. Rutin Mengganti Serbuk Kayu

Sebagai media utama hamster untuk penghangat, alas tidur, dan penyerap urin, serbuk kayu di kandang harus sering diganti. Setidaknya gantilah 3 hari sekali agar tak terlalu basah dan lembap hingga memicu timbulnya penyakit. Pastikan cuci kandang dan mainan hamster juga sebelum kembali mengisinya dengan serbuk kayu baru. Namun khusus hamster yang baru melahirkan, jangan ganti serbuk kayu hingga minimal 3 minggu agar indukan hamster tidak terganggu dalam menyusui anaknya.


2. Memandikan dengan Pasir

Berbeda dengan hewan lain, hamster tak boleh dimandikan menggunakan air. Hal ini dipicu lantaran karakteristiknya yang rentan akan kelembapan. Untuk tetap menjaga kebersihan tubuhnya, mandikan hamster dengan bathing sand atau pasir mandi yang halus, lembut dan segar, Pasir cocok untuk hamster karena habitat asli dari hewan ini adalah padang pasir.


Pemberian Makan dan Minum yang Tepat

Selain soal kebersihan, pemilik hamster juga patut memperhatikan proses pemberian makanan dan minuman. Aspek ini juga sangat penting diperhatikan bagi mereka yang memelihara hamster untuk pemula dan masih awam. Jika bingung, ikuti saja ketentuan singkat ini.


1. Rutin Mengganti Air

Seringlah mengganti air minum dalam kandang hamster Anda. Ketersediaan air minum yang bersih dan mencukupi akan membantu binatang mungil ini untuk tetap terhidrasi dan sehat. Tak sekedar mengganti air, Anda juga perlu rutin mencuci wadahnya. Posisikan wadah di ketinggian yang pas agar hamster bisa menggapainya dengan mudah.


2. Pemberian Pakan

Makanan hamster bisa dengan mudah dibeli di beberapa pet shop terdekat. Umumnya pemberian pakan dilakukan dengan memberikan sekantong biji-bijian. Di samping itu, hamster juga bisa diberikan popcorn tawar, wortel, aneka kacang-kacangan, hingga roti gandum. Kuaci atau biji bunga matahari merupakan makanan kesukaan hamster. Namun jangan berikan kuaci terlalu banyak karena dapat menyebabkan obesitas.

Tapi, jangan pernah memberinya makanan asin, manis, almond, kentang, dan segala jenis citrus. Jangan pula terlambat memberikan makanan mengingat hamster bisa menjadi kanibal saat lapar sangat lapar.


3. Pemberian Vitamin

Hamster juga membutuhkan asupan suplemen dan vitamin. Setidaknya, siapkan vitamin A dan D untuk menjaga kesehatan mata dan tulangnya. Selain itu, vitamin E sangat bagus untuk kulit dan bulunya. Semuanyanya bisa Anda peroleh di pet shop terdekat.


Lokasi Penempatan Kandang yang Benar

Bagi seseorang yang memelihara hamster untuk pemula, pahamilah bahwa hamster membutuhkan tempat yang pas untuk bisa berkembang dengan sempurna. Tempatkan di kandang berukuran lumayan besar dengan rumah-rumahan di dalamnya agar hamster bisa beristirahat. Penempatan kandang pun tak boleh sembarangan sembarangan.

Menurut karakteristiknya, hamster tergolong dalam kategori hewan crespucular. Artinya, binatang ini akan lebih aktif di saat senja dan subuh. Sebaliknya, waktu siang hari akan lebih banyak dihabiskannya untuk tidur. Untuk itu, perhatikan peletakan kandang agar tak langsung terpapar sinar matahari. Tempatkan di space yang teduh dan jangan pernah menjemurnya.

Baca juga : Cara Menjinakkan Hamster dalam 3 Langkah Mudah Berikut

Selain 3 poin penting di atas, usahakan untuk menempatkan peliharaan Anda ini di lokasi yang tenang dan tak terlalu bising. Jika terjadi masalah yang dipicu stres pada hamster, segera hubungi dokter hewan terdekat. Agar bisa membantu orang lain, bagikan tips memelihara hamster untuk pemula ini.

17 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.