• admin

5 Cara Merawat Ikan Arwana Untuk Para Pemula


foto oleh pixabay


Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara oleh orang-orang. Daya tarik utama dari arwana adalah bentuknya yang elegan dan mewah dengan sisik besar yang mengkilat. Bagi para pemula, jika ingin memelihara jenis ikan ini, harus tahu cara merawat ikan arwana yang benar.

Dijual dengan harga yang mahal, ikan berbentuk memanjang horizontal tetap memiliki banyak peminat. Umumnya arwana dipelihara dengan menggunakan akuarium untuk diletakkan di dalam rumah. Simak beberapa cara memelihara ikan arwana bagi pemula yang paling mudah dan sederhana.


Persiapan Akuarium

Pertama sekali Anda harus menyiapkan akuarium untuk arwana anakan hingga dewasa nantinya. Memilih akuarium sebaiknya didasarkan pada ukuran tubuh dari ikan tersebut. Ukuran akuarium harus lebih 3 kali dari panjang tubuh ikan dari bibir hingga sirip belakang.

Selain itu perhatikan pula air aquarium agar selalu bersih sehingga membuat ikan lebih nyaman berenang. Untuk bagian hiasan aquarium sebaiknya pilih yang benar-benar memiliki fungsi. Terlalu banyak hiasan bisa membuat ikan tidak leluasa berenang.

Anda harus mengganti air akuarium secara rutin untuk menghilangkan endapan organik sisa kotoran dan makanan ikan.

Perhatikan Cara Memilih Anakan Arwana

Sekarang saatnya untuk memilih anakan ikan arwana. Cara memelihara ikan arwana anakan yaitu memilih yang berukuran normal 10 sampai 12 cm, pilih yang sehat dan punya perilaku aktif. Cara mengujinya cukup mudah yaitu dengan memberi pakan pada ikan lalu lihat Bagaimana reaksinya.

Namun jenis ikan arwana terbaik adalah Super Red dan Golden Red, tapi jika anda pemula sebaiknya pilih arwana Pino atau arwana Brazil. Karena dari sisi harga ikan arwana jenis tersebut juga lebih terjangkau.


Tahap Memasukkan Arwana Dalam Akuarium

Setelah mendapatkan anakan arwana, langkah selanjutnya yaitu memasukkan iklan tersebut ke dalam akuarium. Pertama sekali buka kantong plastik yang berisi ikan arwana. Lalu agar bisa beradaptasi masukkan air aquarium ke dalam kantong plastik tersebut.

Namun air bawaan dari dalam kantong plastik jangan dibuang sebaiknya dicampur saja. Pencampuran ini agar membuat arwana adaptasi dengan air yang baru. Lakukan kegiatan ini kurang lebih 2 jam, lalu Anda bisa memasukkan arwana ke dalam akuarium bersama dengan seluruh air yang ada di dalam plastik.


Memberikan Pakan Ikan Arwana

Anda bisa memberikan makan ikan arwana setelah 1 hari hewan tersebut berada di tempat barunya. Pemberian pakan yang baik yaitu 2 kali sehari pada pagi dan sore untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan arwana. Untuk ikan arwana yang masih anakan sebaiknya diberi makan 1 hingga 2 ekor jangkrik. Jangkrik ini bisa didapatkan di pet shop atau toko burung.

Seiring dengan pertumbuhannya Anda bisa meningkatkan porsi makanan ikan arwana.

Untuk permulaan Anda bisa memberi pakan jangkrik saja, lalu setelah itu Anda bisa memberikan menu lain seperti kecoa, ikan kecil, lipan hingga cicak. Pemberian pakan lipan fungsinya yaitu untuk membuat sisik ikan lebih indah dan merupakan salah satu cara merawat ikan arwana agar cepat besar.


Jumlah Ikan Dalam Akuarium

Jumlah ikan yang ada di dalam akuarium memiliki pengaruh terhadap kebebasan arwana untuk berenang. Ketika anda memelihara beberapa arwana dewasa dalam akuarium akan membuatnya jadi agresif karena pemberian makanan tidak merata. Namun untuk ikan arwana kecil atau ukuran remaja, pemeliharaan beberapa ikan dalam satu akuarium tidak menjadi masalah.

Selain itu untuk temperatur lingkungan yang cocok pada arwana yaitu sekitar 30 derajat Celcius. Anda juga harus menghindari perubahan suhu yang mendadak karena bisa membuat ikan stress. Tempatkan ikan pada daerah yang lebih teduh.


Demikian beberapa cara merawat ikan arwana yang sangat bisa dijadikan referensi apalagi bagi para pemula. Lakukan step by step langkah di atas agar anda tidak gagal untuk mengembangkan arwana dari anakan sampai dewasa. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel bermanfaat ini kepada teman-teman Anda terutama para pecinta ikan hias.