Inilah Tips Merawat Kucing Dan Anjing Pada Musim Hujan Yang Tidak Boleh Terlewatkan!


foto oleh unpslash


Musim penghujan kini telah mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Ketika musim hujan tiba, sistem imun tubuh manusia terkadang bisa terganggu. Faktanya, musim hujan juga tidak hanya bisa mempengaruhi kondisi kesehatan manusia saja, kesehatan hewan juga bisa mengalami hal yang sama ketika musim hujan tiba.

Beberapa hewan yang kemungkinan kesehatannya akan terganggu ketika musim hujan antara lain adalah kucing dan anjing. Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran tersendiri untuk para pemilik anabul. Nah karena hal tersebut, sebagai pemilik, anda disarankan untuk mengetahui bagaimana cara merawat anabul ketika musim hujan tiba.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada tahun 2021 ini diperkirakan Indonesia mengalami La-Nina dimana curah hujan akan lebih tinggi dan musim hujan lebih panjang. Lalu, bagaimana sebenarnya tips merawat kucing dan anjing pada musim hujan agar tetap terjaga kesehatannya? Berikut uraiannya!


Berikut Tips Merawat Kucing Dan Anjing Pada Musim Hujan Yang Wajib Diketahui!

Mengetahui cara merawat kucing dan anjing pada musim hujan menjadi hal penting yang wajib diketahui pemiliki dua jenis hewan berbulu ini. Tanpa basa basi lagi, simak berikut ini tips merawat kucing dan anjing pada musim hujan yang wajib diketahui:


Memberikan Obat Cacing Sebelum Musim Hujan Tiba

Tips pertama yang sebaiknya anda lakukan yaitu memberikan obat cacing sebelum musim hujan tiba. Banyak sekali penyakit yang berhubungan dengan musim hujan yang bisa disebabkan oleh parasit. Dengan begitu maka anda perlu memberikan obat cacing sebelum musim hujan. Dalam hal ini, anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter hewan terkait obat cacing dan vaksinasi yang harus diberikan. Mencegah lebih baik daripada mengobati.


Berikan Air Minum Matang

Walaupun anda telah merawat hewan peliharaan anda dengan ekstra, namun anda masih perlu hati-hati selama musim hujan. Agar kesehatan kucing atau anjing anda tetap stabil ketika musim hujan, maka hal yang perlu anda lakukan yaitu menjauhkan hewan peliharaan dari penyakit yang ditularkan melalui air.

Jagalah tubuh hewan agar tetap terhidrasi dengan baik. Caranya yaitu dengan memberikan minum setiap waktu. Nah, air yang diberikan juga tentu diwajibkan air bersih dan matang.


Perbaiki Pola Makan Anabul

Sama halnya dengan manusia, agar terhindar dari berbagai penyakit ketika musim hujan, anabul juga membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Asupan nutrisi tersebut bisa didapat dari makanan. Agar asupan nutrisinya tetap terpenuhi maka perbaikilah pola makan anabul anda dengan makanan-makanan yang mengandung gizi seimbang.


Jaga Agar Tetap Bersih Dan Kering

Tips merawat kucing dan anjing pada musim hujan berikutnya yaitu menjaga anabul anda agar tetap bersih dan kering. Menjaga anabul agar selalu bersih dan kering menjadi cara paling efektif agar tidak terjangkit penyakit kulit. Anda juga harus memastikan jika ketika hujan turun, anabul anda sudah berada di tempat yang aman dan nyaman.


Rutin Memeriksa Telinga Dan Bulu

Musim hujan menjadi musim yang menyenangkan untuk kutu dan caplak. Mereka akan sering merangkak dan kemudian berlindung di bulu lembab kucing ataupun anjing. Nah untuk itu maka sebaiknya rutinlah untuk memeriksa telinga dan bulunya.


Vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan anabul kesayangan. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai di musim hujan adalah leptospirosis. Penyakit ini biasanya tersebar melalui kencing tikus dan menjadi wabah pada daerah yang mengalami bencana banjir.

Penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi. Selain leptospirosis, penyakit infeksius lain juga mudah menular pada saat pergantian musim. Jadi anda perlu bersiap.


Nah itulah tips merawat kucing dan anjing pada musim hujan yang wajib anda ketahui. Dari ulasan tips diatas bisa disimpulkan bahwa untuk menjaga kucing atau anjing tetap sehat di musim hujan yaitu dengan selalu menjaga kebersihan dan memberikan asupan makanan dan minuman yang tepat. Jangan lupa follow akun Instagram kawan hewan untuk mendapatkan info info ringan seputar hewan kesayangan. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Kenalilah Feline Immunodefiency Virus, HIV nya kucing!
16 views0 comments