Waspada Serangan 7 Penyakit Kucing Di Musim Hujan Berikut Ini


foto oleh unsplash


Musim hujan dikenal sebagai salah salah satu musim yang rentan akan penularan penyakit. Terutama bagi kucing anda. Untuk itu, kenali 7 penyakit kucing di musim hujan berikut ini agar bisa mencegahnya dan mudah mengenali gejalanya. Jika akhirnya hewan tersebut mengalami gejala yang makin parah maka anda bisa langsung memberikan pertolongan medis lebih cepat.


1. Demam

Ternyata, musim hujan bisa menyebabkan masalah demam kepada siapa saja. Baik itu manusia dan juga hewan peliharaan seperti kucing. Tidak sedikit pemilik hewan imut ini yang menyatakan kucing mereka lebih rentan terserang penyakit demam jika musim hujan melanda. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh menurunnya sistem imunitas dari hewan tersebut.

Tanda-tanda mengalami demam pada kucing selain dari meningkatnya suhu tubuh juga bisa dikenali dari beberapa gejala lain. Yakni tidak nafsu makan, lebih sering tidur terutama dengan posisi meringkuk, menggigil, lebih pendiam dan bagian mata terlihat berair.


2. Flu kucing

Penyakit kucing pada musim hujan yang kedua ini cukup berbahaya dan mematikan. Apalagi jika ditularkan kepada bayi kucing. Sebab sebagian besar bayi kucing yang terserang cat flu berdampak kepada kematian. Hal ini terjadi karena flu bisa merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius.

Flu kucing ini sebenarnya bisa dicegah jika anda memberikan vaksinasi rutin terhadap hewan tersebut. Untuk gejala awal akan terlihat kucing anda lebih sering bersin dan hidungnya tampak berair. Virus dan bakteri adalah penyebab umum dari cat flu tersebut.


3. Leptospirosis

Penyakit kucing di musim hujan yang satu ini juga berbahaya. Karena akan merusak ginjal hingga infeksi otak pada hewan tersebut jika tidak diatasi dan diabaikan dalam waktu yang lama. Bahkan, leptospirosis ini tidak hanya menyerang hewan peliharaan saja, namun juga bisa membahayakan manusia. Untuk itulah perlu kewaspadaan dan tindakan cepat jika kucing sudah terlihat mual, muntah dan timbul bercak pada kulitnya.


4. Dermatifitosis

Penyakit inj adalah serangan jamur yang menginfeksi kulit kucing. Karena saat hujan datang cuaca lembab dan pastinya jamur pada kulit kucing akan lebih mudah berkembang biak. Celakanya, jika tidak diobati dengan benar maka akan menyebabkan bahaya yang lebih besar. Virus dan bakteri akan mudah masuk melalui luka garukan di kulit kucing tersebut. Sehingga, menyebabkan masalah lain yang lebih serius.


5. Pneumonia

Penyakit kucing di musim hujan selanjutnya adalah pneumonia alias radang paru-paru. Penyakit ini ditandai dengan batuk-batuk berkepanjangan, penurunan berat badan, tidak nafsu makan hingga muntah dan demam. Jika anda menemukan gejala tersebut pada kucing anda, sebaiknya segera periksakan dan minta pertolongan media untuk menyembuhkannya sebelum terlambat.


6. Gangguan Pencernaan

Air kotor yang mungkin saja menginfeksi makanan kucing akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan hewan tersebut. Gejala yang paling sering bisa anda amati adalah diare atau meningkatnya frekuensi buang air besar. Untuk menghindari penyakit ini, sebaiknya anda selalu memastikan kandang kucing tersebut dalam keadaan bersih terutama saat musim hujan tiba.


7. Distemper

Saking berbahayanya penyakit ini, bahkan tidak sedikit laporan kasus atas kematian mendadak kucing setelah terserang penyakit distemper tersebut. Distemper bisa menyerang kucing saat musim hujan melanda. Penyebabnya adalah virus panleukopenia (feline panleukopenia virus/FPV.

Kucing anda akan mengalami diare yang terkadang disertai darah, demam, muntah, dehidrasi hingga depresi. Tanpa penanganan dan pencegahan yang memadai, distemper dapat menyebabkan kematian secara cepat, terutama untuk anak kucing. Penyakit ini juga dapat menyerang anjing.

Baca juga : Waspadai! Penyakit Distemper Pada Kucing Menyebabkan Kematian Mendadak

Anda perlu ektra berhati-hati karena musim hujan di akhir 2020 – awal 2021 ini diperkirakan akan mengalami fenomena La Nina dimana curah hujan meningkat dan musim hujan lebih lama. Hal ini tentunya menyebabkan peningkatan risiko penyakit-penyakit ini (selain juga peningkatan risiko bencana alam yang berkaitan dengan curah hujan berlebih seperti banjir dan longsor).


Demikianlah informasi 7 penyakit kucing di musim hujan yang harus anda perhatikan agar hewan peliharaan anda tersebut tetap sehat dan terhindar dari bahaya yang mengancam jiwanya. Share ya supaya lebih banyak pawrent yang tahu.