• admin

Tips Memelihara Musang Pandan, hewan unik yang berbau harum


foto oleh pixabay


Memelihara hewan memang bisa menjadi sebuah hobi yang menyenangkan. Salah satu pilihan yang bisa dijadikan alternatif menarik yaitu mencoba untuk memelihara musang pandan. Tentu saja tidak banyak yang mengerti jenis hewan yang satu ini. Bahkan tentu banyak orang awam bertanya-tanya seperti apa musang pandan tersebut. Lalu bagaimana jika ingin memeliharanya untuk berbagai macam tujuan? Baik untuk sekedar hobi atau untuk keperluan bisnis. Jika tertarik mengetahuinya lebih lanjut, sebaiknya sempatkan waktu beberapa menit untuk melanjutkan membaca artikel berikut ini.


Uniknya Ciri-Ciri Musang Pandan

Tentu saja musang pandan memiliki ciri-ciri khusus yang melekat pada dirinya. Salah satunya sesuai dengan nama yang disematkan, yaitu musang pandan. Artinya bahwa musang yang satu ini memiliki bau yang cukup wangi seperti layaknya bau pohon pandan. Wah, menarik sekali ini, bisa jadi Anda sendiri juga belum pernah mengetahui bahwa hewan ini ternyata bisa berbau wangi yang menyenangkan. Lebih lanjut, berikut beberapa keunikan dari ciri-ciri musang pandan yang mudah dilihat oleh orang awam. Sebaiknya perhatikan ciri-ciri unik tersebut saat memutuskan untuk memelihara musang pandan.


Ukuran Tubuh Yang Panjang

Jika melihat hewan musang dengan ukuran panjang sekitar 1 meter, maka bisa jadi inilah hewan yang dimaksud musang pandan. Karena umumnya musang pandan berukuran tubuh kurang lebih sepanjang 1 meter.


Tubuh Berselimut Rambut

Hal lain yang menjadi ciri khas dari hewan yang satu ini yaitu tubuhnya yang diselimuti oleh rambut. Rambut di sekujur tubuhnya ini membuat musang pandan terlihat lebih menarik dan menggemaskan. Umumnya rambut-rambut tersebut tumbuh dengan wana gelap, seperti misalnya abu-abu atau hitam.


Memiliki Motif Tertentu Yang Unik

Kulit musang yang satu ini juga memiliki motif yang menarik. Sehingga sebenarnya tidak sulit untuk membedakan jenis musang yang satu ini dengan jenis musang yang lainnya. Secara khusus biasanya di kulit musang pandan terdapat pola berupa garis-garis atau bisa juga berupa pola bitnik-bintik. Termasuk salah satu cirinya yang paling mudah dikenali yaitu corak putih di seputar wajahnya. Jadi bila berniat untuk memilih memelihara jenis musang ini, sebaiknya pastikan memperoleh musang dengan ciri khas warna dan motif tersebut.


Aroma Tubuh Yang Khas

Ciri berikut yang tidak kalah unik yaitu aroma tubuh musang pandan yang terkenal sangat wangi. Sehingga jangan heran jika saat memelihara hewan tersebut timbul bau wangi semerbak di malam hari. Aroma harum ini serupa wangi daun pandan, sehingga tidak mengganggu kebanyakan orang. Hanya saja jika merasa terancam, maka bisa jadi musang mengeluarkan bau yang sangat pekat hingga dapat memabukkan. Sebenarnya aroma tubuh yang harum ini digunakan oleh musang pandan jantan untuk menarik hati musang pandan betina saat musim kawin.


Enerjik

Salah satu ciri unik lainnya yaitu sifatnya yang cukup enerjik. Sehingga tidak heran jika menemukan hewan yang satu ini sibuk bermain ke sana kemari. Aktivitasnya dalam sehari-hari bisa jadi cukup tinggi. Maklum saja, selain aktif juga pandai memanjat pohon dan berpindah dari satu dahan ke dahan lain dengan cepat.


Merupakan Hewan Arboreal dan Nokturnal

Ciri berikut yang bisa jadi tidak banyak orang yang paham yaitu arboreal atau hidup di pepohonan dan nocturnal atau aktif di malam hari. Sehingga jangan heran jika menemukan hewan ini tidur di siang hari dan kemudian terbangun di malam hari serta aktif mencari makan saat itu.


Hewan Pemakan Segalanya

Musang pandan ini tidak sulit menemukan makanannya. Mulai dari buah-buahan segar hingga berbagai macam serangga bisa menjadi santapan musang jenis ini.


Penghasil Kopi Luwak

Musang pandan adalah salah satu jenis musang penghasil biji kopi luwak yang terkenal dan mahal. Jenis musang lain yang juga menghasilkan kopi luwak adalah musang rase.


Langkah Memelihara Paling Mudah

Setelah memahami ciri dan karakter dari hewan yang satu ini, selanjutnya ada beberapa persiapan penting bila memutuskan untuk memelihara musang pandan. Pada dasarnya langkah untuk memelihara musang pandan ini tidak begitu sulit. Sebaiknya supaya dapat memelihara musang pandan secara tepat dan benar, lakukan saja beberapa langkah berikut ini.


Menyiapkan Kandang

Tentu saja saat memelihara hewan maka pertama-tama hal yang harus disiapkan yaitu kandang yang nyaman dan sesuai. Pastikan ukurannya cukup, tidak terlalu sempit sehingga musang merasa betah berada di dalamnya. Selain itu kandang juga harus aman dan sehat, harus selalu bersih untuk mencegah resiko penyakit.


Pemberian Pakan

Mengatur pakan hewan peliharaan merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Pastikan musang memperoleh pakan dengan jumlah yang tepat sesuai kebutuhannya. Cobalah untuk mencari tahu apa yang menjadi makanan kesukaan hewan yang dipelihara tersebut. Mulai dari mencobakan buah-buahan, hingga aneka macam serangga. Berikan jenis pakan yang menjadi kesukaannya sehingga musang pandan dapat tumbuh besar dan sehat.


Memelihara Saat Sakit

Sering kali tanpa diduga-duga hewan peliharaan bisa saja jatuh sakit. Sama halnya saat memelihara musang pandan, tentu kemungkinan musang tiba-tiba sakit juga bisa terjadi. Sebaiknya perhatikan betul kondisi kesehatan musang selama dipelihara. Jika ada gejala penyakit pada hewan peliharaan yang satu ini, sebaiknya jangan ragu untuk membawa ke dokter hewan terdekat. Sehingga bisa memperoleh pengobatan dan penanganan yang sesuai dengan kondisi penyakitnya.


Tips Penting Saat Merawat Musang Pandan

Sekalipun memelihara musang pandan terlihat cukup mudah dan sederhana, tetapi ada beberapa tips yang tetap perlu diperhatikan. Apalagi jika baru pertama memelihara hewan musang dan tidak tahu menahu apa saja yang harus disiapkan serta diberikan untuk kenyamanan hewan tersebut. Adapun secara umum berikut ini beberapa tips menarik yang patut Anda ketahui saat memutuskan untuk merawat musang pandan.

· Jaga kebersihan, sangat penting memastikan kandang hewan musang bebas dari kotoran yang mengganggu. Oleh sebab itu ada baiknya membersihkan kandang secara berkala, entah satu atau dua minggu sekali.

· Cek kesehatan, pastikan kondisi kesehatan hewan peliharaan musang pandan selalu prima. Selalu pastikan selera makan musang tidak mengalami perubahan. Hal ini sedikit banyak memberikan informasi apakah musang dalam keadaan sehat atau sakit. Tak lupa konsultasikan jenis vaksinasi yang dibutuhkan oleh musang. Sebaiknya hal ini tanyakan pada dokter hewan terdekat untuk penjelasan dan informasi yang memadai.


Fakta Unik Musang Pandan

Memelihara hewan musang pandan ini memang seru sekaligus unik. Apalagi jika baru pertama kali, banyak yang tidak paham tentang hal-hal unik dan menarik dari hewan tersebut. Termasuk salah satunya yaitu kotoran dari musang pandan yang terkenal dengan sebutan kopi luwak. Sehingga tidak heran jika banyak yang terpikir untuk membudidayakan hewan yang satu ini dengan harapan bisa memperoleh hasil kopi luwak pilihan dengan harga yang cukup tinggi.

Rupanya memelihara musang pandan tidak sesusah yang dibayangkan. Oleh sebab itu sebaiknya jangan ragu jika ingin mencoba untuk memelihara salah satu hewan yang cukup menggemaskan ini. Bila baru pertama kali mencoba sebaiknya carilah informasi sebanyak mungkin tentang tips perawatan musang pandan yang tepat. Sehingga bila terjadi sesuatu tidak bingung untuk mengatasinya. Termasuk jangan lupa, jika musang pandan tampak kurang sehat, ada baiknya memeriksakan pada dokter hewan terdekat. Sehingga nantinya kondisi kesehatan hewan tersebut membaik dan dapat memberikan manfaat seperti yang diharapkan.

20 views0 comments