Stop Merokok Disamping Anabul! Inilah Pengaruh Rokok Pada Hewan Peliharaan Yang Patut Diwaspadai


foto oleh unsplash


Bisa dipastikan jika hampir semua orang sudah paham dengan segala efek dari asap rokok terhadap kesehatan, baik itu efek untuk perokok aktif maupun perokok pasif. Namun, apakah anda juga sadar bahwa ternyata ada mahluk hidup lain yang bisa merasakan efek bahaya dari asap rokok tersebut? Ya, mahluk hidup yang dimaksud adalah hewan khususnya untuk hewan yang anda dipelihara.

Tanpa banyak yang menyadarinya, ternyata hewan juga bisa merasakan efek buruk dari asap rokok. Lantas apa sebenarnya efek ataupun pengaruh rokok pada hewan peliharaan? Penasaran? Simak berikut sekilas tentang penjelasannya!


Pengaruh Rokok Pada Hewan Peliharaan Yang Sebaiknya Diwaspadai

Bagi anda pemilik hewan peliharaan terkhusus anjing ataupun kucimg sebaiknya kurangilah merokok atau justru berhenti merokok di sekitar hewan kesayangan anda ini. Terlebih lagi jika anjing yang anda pelihara memiliki riwayat penyakit paru-paru ataupun mengidap gangguan sistem pernapasan.

Asap rokok yang tidak sengaja terhirup oleh anjing anda akan membuat penyakit yang dideritanya semakin parah. Terlebih lagi, asap rokok ini juga bisa menyebabkan batuk kronis yang bisa dialami oleh hewan peliharaan. Tak hanya itu saja, asap rokok juga bisa menyebabkan kanker hidung yang biasanya menyerang anjing berhidung panjang seperti doberman, greyhounds dan borzois.

Pengaruh rokok pada hewan peliharaan juga semakin tinggi untuk anjing berhidung pendek seperti bulldogs, pugs dan brittany spaniels. Anjing berhidung pendek memiliki resiko penyakit paru-paru lebih tinggi karena hanya dapat memfilter sedikit partikel tembakau. Sisanya masuk ke paru-paru dan bisa menyebabkan kanker paru-paru.

Selain anjing, pengaruh rokok pada hewan peliharaan juga bisa terjadi pada kucing peliharaan. Kucing yang menghirup asap rokok memiliki resiko kanker mulut 4 kali lebih tinggi daripada kucing yang tidak dirawat oleh para perokok aktif. Dan mirisnya lagi, hanya kurang dari 10% saja kucing yang mengidap kanker mulut bisa bertahan hidup. Tak hanya kanker mulut saja, kucing yang dipelihara oleh perokok aktif juga beresiko terkena kanker getah bening.


Zat Pada Asap Rokok Yang Berbahaya Bagi Hewan Peliharaan

Dari banyaknya zat kimia beracu yang bisa ditemukan pada asap rokok, terdapat 2 bahan yang dikategorikan berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan. Dan berikut ini 2 zat berbahaya tersebut:


TAR

Zat berbahaya pertama yang terkandung dalam asap rokok adalah TAR. Zat bahaya ini terdiri dari kandungan zat kimia yang bisa menyebabkan berbagai macam kanker salah satunya kanker paru-paru. Perokok aktif yang menghisap asap rokok, sebanyak 70% TAR pada rokok akan mengendap di paru-paru. Sisanya akan keluar dan terhisap oleh perokok pasif yang berada di sekitar seperti hewan.


Karbon Monoksida

Selain Tar, zat berbahaya berikutnya yang sangat berbahaya yaitu karbon monoksida. Zat berbahaya ini merupalam gas beracun tanpa rasa serta bau. Karena sifatnya ini maka tubuh akan sulit membedakan karbon monoksida dari oksigen yang menyebabkan gas beracun.

Bahaya asap rokok serta gas karbon yang dihasilkan dari pembakaran ini sama bahayanya dengan karbon monoksida yang dikeluarkan oleh asap knalpot mobil. Menghirup gas ini dalam jumlah yang besar maka bisa menyebabkan koma bahkan kematian.


Nah, itulah sekilas tentang pengaruh rokok pada hewan peliharaan dan dua zat bahaya yang menjadi pemicu gangguan kesehatannya. Jadi, mulai dari sekarang berhentilah merokok didepan hewan peliharaan anda agar mereka tidak mendapatkan efek buruk dari asap rokok yang anda hirup. Ingat jangan sampai hewan kesayangan anda menderita penyakit berbahaya akibat ulah anda sendiri. Semoga bermanfaat!

11 views0 comments