• admin

Cara Akurat Mengetahui Perbedaan Pleci Jantan dan Betina


foto oleh kabartani


Sebagai pecinta burung pleci tentu tahu apa perbedaan pleci jantan dan betina. Pengetahuan ini penting jika Anda ingin melakukan ternak burung atau ikut kontes burung pleci.

Pamor burung pleci atau Zosterops memang tidak ada matinya. Bahkan ada nama khusus untuk para pecinta pleci yaitu pleman. Umumnya, pleman memelihara pleci dengan dua tujuan, untuk kontes dan diternakkan.

Alasan mengapa pleci begitu disukai adalah karena suaranya yang merdu dan harga yang bersahabat.

Untuk Anda yang memelihara pleci untuk diternakkan, agar hasilnya bagus dan bisa menjadi pundi-pundi uang. Berikut cara membedakan pleci jantan dan betina akurat dan mudah sekali mengenalinya.


Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Akurat

Ada dua langkah membedakan jenis kelamin burung pleci, yaitu berdasarkan ciri fisik dan tingkah laku.


1. Membedakan Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri Fisik

Fisik pleci jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan, perbedaan tersebut adalah.

Bentuk Ekor

Ekor milik pleci jantan lebih panjang dengan ujung runcing menyerupai huruf V. Ekor betinanya lebih pendek dan ujungnya rata. Anda bisa dengan mudah membedakannya saat kedua hewan ini disandingkan.

Kepala dan Paruh

Bentuk kepala burung pleci jantan lebih besar dan bulat dengan paruh bertekstur kasar. Sedangkan bentuk kepala burung pleci betina lebih kecil dan ramping dengan paruh mulus dan tidak kasar.

Paruh jantan cenderung lebih pendek dan tebal. Berbeda dengan pleci betina yang memiliki paruh agak panjang dan tidak terlalu tebal.

Mata

Burung pleci disebut juga dengan burung kacamata karena memiliki lingkaran putih di area matanya.

Pola klep atau cincin mata milik jantan biasanya tebal dan terputus-putus. Berbeda dengan pola lingkaran mata milik betina yang tebal tetapi menyambung.

Postur Tubuh

Secara keseluruhan pleci jantan dari paruh hingga ekor lebih panjang dengan tubuh yang padat dan ukuran tubuh kecil.

Sedangkan pleci betina bulat, berisi, dan besar. Dilihat dari paruh ke ekor, ia lebih pendek.

Warna

Warna yang dimiliki oleh burung jantan sangat jelas atau mencolok, cerah, dan menawan. Berbeda dengan bulu burung betina yang terlihat kusam sehingga kurang menawan.

Pen

Pen atau dubur milik jantan cenderung memanjang dan berbulu, Berbanding terbalik dengan dubur betina yang kecil dan sedikit bulunya.


2. Membedakan Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku

Setelah tahu perbedaan pleci jantan dan betina melalui ciri fisiknya, kini saatnya beralih ke perbedaannya berdasarkan tingkah laku.

Suara Kicauan

Untuk bisa membedakan pleci jantan dan betina melalui suara kicauannya harus jeli dan cermat.

Pleci jantan memiliki suara yang nyaring dan mengkristal sedangkan suara kicauan betina terdengar lirih dan kurang jernih.

Gerakan

Saat pleci masih satu ombyokan atau dijadikan satu kandangnya dengan pleci lain bisa dilihat jika jantan gerakannya lincah, agresif, dan suka bertarung dengan jantan lain. Betinanya lebih kalem dan pendiam, tidak seagresif jantan.

Saat disemprot Air

Anda juga bisa memperhatikan perubahan kedua burung ini saat disemprot air kepalanya. Jantan akan memperlihatkan jambul dan pupil matanya mengecil. Sedangkan betina biasa saja.


Itulah perbedaan pleci jantan dan betina berdasarkan ciri fisik dan perilakunya. Mudah dan sulitnya dalam membedakan tentu dipengaruhi oleh faktor pengalaman. Jangan lupa klik dan share informasi ini kepada teman pecinta pleci Anda ya!