Manfaat Penggunaan Probiotik untuk Ternak Sapi




Ternak ruminansia memang membutuhkan penanganan khusus salah satunya adalah dengan memberikan nutrisi tambahan di luar makanan. Nutrisi tambahan ini bisa didapatkan melalui penggunaan probiotik untuk ternak sapi.

Probiotik ini dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan dan juga menjaga produktivitas dari hewan ternak. Penggunaan probiotik pada hewan ternak menjadikan ternak lebih sehat dan bisa tumbuh sesuai dengan waktu yang ditentukan.


Mengenal Probiotik untuk Ternak Sapi

Probiotik untuk sapi ini bisa dibilang adalah feed additive atau suplemen tambahan yang memiliki bahan aktif berupa mikroba atau bakteri hidup. Penggunaan probiotik untuk ternak sapi ini berfungsi untuk meningkatkan daya cerna sekaligus untuk memenuhi gizi yang dimiliki oleh hewan ternak.

Jadi mikroba dalam probiotik adalah mikroorganisme tertentu yang memang sudah terbukti baik untuk kesehatan hewan ternak. Nantinya probiotik ini diberikan dengan menggunakan makanan sebagai media penyalurannya (atau juga bisa dicampur minum).

Probiotik ini ditambahkan untuk beragam tujuan dan salah satu yang paling utama adalah mempercepat pertumbuhan. Sehingga hewan bisa menjadi lebih gemuk dan memiliki peningkatan berat badan yang baik namun bisa tetap sehat.


Manfaat Probiotik untuk Ternak Sapi

Manfaat probiotik bagi ternak ini sangat banyak, dari mulai pertumbuhan sampai kesehatan hewan ternak. Karena itu sebenarnya penting untuk menambahkan probiotik secara rutin dalam makanan hewan, berikut ini adalah manfaat probiotik untuk ternak diantaranya.


1. Meningkatkan Produksi Asam Amino

Asam amino merupakan hal yang sangat baik, dan bermanfaat bagi hewan terutama sapi karena itu kehadirannya sangat dibutuhkan.

Supaya semakin bisa meningkatkan produksi asam amino ini ada baiknya untuk menambahkan probiotik ke dalam makanan sapi. Asam amino merupakan pembentuk protein dimana protein merupakan pembentuk daging dan susu.


2. Meningkatkan Nilai Kecernaan Makanan yang Mengandung Serat kasar

Pakan sapi beberapa ada yang mengandung serat kasar yang sebenarnya tidak sulit untuk dicerna hanya saja kadang membutuhkan waktu yang lama. Karena itu penting untuk meningkatkan sistem pencernaan sapi supaya bisa menjadi lebih sehat. Probiotik memudahkan sapi mencerna pakan hijauan menjadi protein.


3. Melawan Bakteri Patogen yang Merugikan

Di dalam tubuh hewan terdapat banyak sekali bakteri salah satunya adalah bakteri patogen yang memiliki sifat merugikan. Kehadiran probiotik yang dicampurkan pada makanan ini bisa berfungsi untuk melawan bakteri yang merugikan tersebut sehingga menjaga kesehatan hewan ternak.

Hal ini juga berarti penggunaan probiotik dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan ternak terhadap serangan penyakit.


4. Memperbaiki Kualitas Pakan

Kualitas pakan rumput saja sebenarnya sudah termasuk baik untuk sapi, namun ada beberapa gizi yang tidak tercukupi. Untuk bisa mencukupi gizi tersebut ada baiknya untuk memberikan tambahan probiotik pada makanan supaya kualitas pakan menjadi lebih baik.

Probiotik juga dapat digunakan untuk “memodifikasi” pakan dengan cara melakukan fermentasi pakan menggunakan bakteri probiotik. Dengan begitu peternak dapat membuat silase untuk menyimpan pakan yang berlimpah pada musim hujan agar dapat dimanfaatkan pada saat musim kemarau.


5. Membantu Meningkatkan Pertumbuhan

Terakhir adalah meningkatkan pertumbuhan sapi, dengan dengan memacu pencernaan sapi maka produktivitas hasil baik susu maupun kenaikan bobot akan semakin meningkat.


Cara Mendapatkan Probiotik

Untuk mendapatkan probiotik ini sebenarnya sangat mudah. Salah satunya adalah dengan membuatnya sendiri.

Berikut ini adalah cara membuat probiotik untuk sapi, yakni:

● Mempersiapkan sumber mikroba pemecah serat yakni isi rumen sapi

● Mencampurkan isi rumen sapi dengan kompos dalam perbandingan 5 : 4 lalu tambahkan air secukupnya sampai menjadi bubur

● Lalu campuran diinkubasikan secara anaerob pada temperatur ruangan selama 14 hari. Kemudian dikeringkan di sinar matahari, lalu dioven selama 48 jam di suhu 70 – 80 derajat celcius.

● Bahan yang sudah kering digiling dan disaring lalu disimpan dalam wadah plastik tertutup.

Walaupun tidak terlalu sulit, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan praktis yaitu dengan cara membelinya di petshop atau online shop. Jangan lupa pilihlah produk probiotik dengan brand yang sudah terkenal dan terpercaya.


Baca juga : Cara Membuat Silase dengan Benar dan Tepat (Ternak Ruminansia)