• admin

Inilah Sejarah Anjing Yang Tak Banyak Diketahui!


foto oleh unsplash


Berbicara tentang anjing, tentunya siapa sih yang tidak mengenal salah satu hewan mamalia yang satu ini? Banyak sekali yang menyukai anjing dan tak jarang tidak sedikit orang yang justru memelihara hewan satu ini. Selain anjjng merupakan hewan yang terkenal setia terhadap tuannya, ternyata anjing juga menjadi salah satu hewan yang tidak begitu rumit perawatannya. Nah, bagi Anda yang saat ini berniat untuk memelihara hewan yang satu ini tentu tak lengkap jika tidak mengetahui tentang sejarah anjing yang sebernarnya.


Sekilas Tentang Sejarah Anjing

Anjing yang selama ini kita kenal memang telah hidup berdampingan dengan manusia, dimana anjing sendiri merupakan keturunan dari serigala. Sekitar 15.000 tahun lalu, anjing memang telah mengalami fase domestika atau mengalami kedekatan dengan manusia. Setelah adanya fase tersebut memang ada banyak sekali perubahan dari hewan yang satu ini mulai dari jenis makanan yang dimakan sampai dengan postur tubuhnya.

Perubahan ini tentu akan sering Anda lihat salah satunya dalam hal postur tubuh dimana seringkali Anda akan menemukan spesies yang berukuran kecil sampai besar dan bahkan ada juga anjing yang berbulu lebat hingga anjing yang berbulu keriting.

Beberapa ilmuwan juga menyebutkan bahwa mereka telah sukses melakukan penelitian terhadap kurang lebih 14 anjing yang berbeda ras dimana rasnya sendiri dari kuno hingga tertua. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa anjing-anjing tersebut lebih dekat pada spesies ras yang berada di China, Tibet dan Jepang.

Sedangkan pada tanggal 31 Mei 2014 dalam buku yang berjudul “Genetic Structure Of The Purebred Domestik Dog” telah meliris sebuah penelitian dimana ada ras murni di dunia, berikut ini daftar ras anjing paling murni berdasarkan sejarah serta asal usul anjing:

· Alaska : Alaskan Malamute

· Afghanistan : Afghan Hound

· China : Peking, Shar Pei, Chow Chow, Tibetan Terrier, Lhasa Apso, Shih Tzu

· Jepang : Shiba Inu, Akita

· Kongo : Basenji

· Mesir : Persia

· Siberia : Samoyed, Siberian Husky

Sejarah juga menyebutkan bahwa hewan yang satu ini mempunyai kecerdasan diatas rata-rata dibandingkan dengan hewan-hewan lain. Namun tingkat kecerdasan masing-masing anjing berbeda-beda tergantung dengan ras nya. Ras anjing yang dikenal memiliki kecerdasan diatas rata-rata yaitu Border Collie dimana ras ini terkenal dengan daya ingatnya, kepatuhannya serta kinerjanya.

Kedekatan antara anjing dan manusia juga terbentuk karena sejarah panjangnya. Sekitar 2.000 tahun lalu sebelum adanya fase domestika banyak sekali manusia yang berteman dengan serigala sebagai pendamping saat berburu. Dikarenakan kedekatan dengan nenek moyang kitalah yang tentunya membuat hewan satu ini akrab atau bahkan bersahabat dengan manusia sampai sekarang ini.


Berikut Ini Jenis Ras Anjing Berdasarkan Group

Sekarang ini memang ada banyak sekali jenis anjing yang bisa Anda temukan dimana-mana. Mengapa demikian? Hal ini tentu saja karena perkawinan antara anjing yang berbeda ras tidak terkontrol. Dikarenakan adanya perkawinan ini maka tentu tak mengherankan membawa karakter yang berbeda, sikap berbeda, bulu berbeda, warna berbeda serta kesetian yang berbeda.

Sehingga bagi Anda yang kini berniat untuk memelihara anjing maka ketahui terlebih dahulu jenis ras yang cocok untuk Anda perlihara. Ingat jangan sampai Anda asal-asalan dalam memilih anjing karena perlu Anda tahu bahwa tidak semua anjing cocok menjadi hewan peliharaan. Nah, menurut Asosiasi dunia AKC selain anjing dibedakan menurut jenisnya, anjing juga diklasifikasikan berdasarkan grup yang mana ini mewakili karakteristik serta fungsinya. Nah berikut ini group dari ras anjing yang sebaiknya diketahui:

· Hound Group

· Non Sporting Group

· Herding Group

· Working Group

· Toy Group

· Misscellaneous Class

· Sporting Group

· Foundation Stock Service

· Terrier Group

Itulah sekilas mengenai sejarah anjing dan beberapa hal lainnya. Jadi, tertarik untuk memelihara anjing? Tunggu apalagi segera pikirkan ras mana yang akan Anda pilih.

Baca juga :Jenis Anjing Peliharaan yang Cocok untuk Keluarga dan Pemula
0 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.