top of page

Kenali Penyebab dan Cara Mengembalikan Suara Kucing yang Hilang

Kucing Anda tidak mengeong atau berusaha mengeong tapi tak ada suara yang keluar? Anda perlu mencari tahu penyebab dan cara mengembalikan suara kucing yang hilang di artikel berikut. Ada berbagai cara untuk mengatasi kondisi ini.

Salah satu hewan peliharaan favorit saat ini adalah kucing. Bagaimana tidak? Bulunya yang halus dan berwarna-warni, tingkahnya yang imut, dan wajahnya yang menggemaskan, membuat kucing kerap dipilih menjadi hewan peliharaan yang lovable.

Selain itu, kucing juga memiliki suara melengking yang khas saat dia mengeong. Kucing mengeong karena beberapa alasan, seperti: kelaparan, ketakutan, atau kedinginan.

Apabila kucing Anda biasanya sering mengeong namun pada suatu hari kucing suara serak atau dia tidak pernah mengeong lagi, maka Anda perlu waspada. Bisa jadi ada masalah kesehatan yang terjadi pada mereka.


Penyebab Suara Kucing Hilang

Foto oleh Unsplash


Kenapa suara kucing hilang? Hilangnya suara kucing terjadi akibat beberapa faktor, yaitu:

1. Proses Perubahan Pita Suara

Jadi, kenapa suara kucing serak? Salah satu penyebabnya adalah proses pertumbuhan pita suara.

Jika manusia bisa puber, maka kucing pun bisa. Pada kucing yang masih kecil, akan ada perubahan pita suara sehingga membuat suaranya terdengar serak tidak seperti biasanya. Hal tersebut merupakan hal yang normal terjadi, jadi Anda tidak perlu terlalu cemas.

2. Adanya Peradangan di Tenggorokan

Peradangan merupakan salah satu penyebab hilangnya suara dari hewan berbulu satu ini. Anda bisa memberikan obat pada kucing Anda agar kondisi ini mereda.

3. Gangguan pada Laring

Gangguan pada laring termasuk penyakit, jadi perlu Anda waspadai. Gangguan ini menyerang saraf dan mengakibatkan laring menjadi lumpuh, sehingga suara kucing bisa hilang. Jika kucing Anda mengalami hal ini, dokter mungkin akan melakukan tindakan operasi.

4. Makanan

Seperti halnya manusia, jika kucing makan sembarangan, tenggorokannya juga bisa bermasalah. Anda harus memperhatikan makanan yang kucing Anda makan. Jangan sampai kucing makan makanan sembarangan atau menelan sesuatu yang sedang dimainkannya.


Cara Mengembalikan Suara Kucing yang Hilang


Foto oleh unsplash


Jangan langsung panik apabila kucing Anda mengalami serak atau hilang suara. Berikut cara mengembalikan suara kucing yang hilang.

1. Bawa ke Dokter Hewan

Agar bisa langsung ketahuan apa penyebabnya, sebaiknya langsung bawa kucing kesayangan Anda ke dokter hewan agar bisa mendapatkan diagnosis secara pasti. Dengan begini, penanganan yang diberikan juga tepat.

2. Pemberian Obat

Setelah membawanya ke dokter hewan, Anda biasanya akan mendapatkan obat seperti antiinflamasi. Berikan obat kucing suara serak dari dokter secara rutin sesuai dengan anjuran dokter agar kucing Anda cepat sembuh.

3. Beri Makan dan Nutrisi yang Sesuai

Selain obat, cara mengembalikan suara kucing yang hilang berikutnya adalah pemberian makanan dan nutrisi yang tepat. Dengan memberikan asupan makanan dan nutrisi yang tepat, ini akan mmebantu mempercepat proses penyembuhan kucing.

4. Operasi

Apabila penyebabnya berkaitan dengan gangguan laring seperti poin penyebab di atas, kemungkinan dari dokter akan melakukan operasi untuk mengembalikan suara kucing jadi seperti semula.

Itu dia beberapa cara mengembalikan suara kucing yang hilang. Karena penyebab suara kucing hilang ada beberapa faktor, Anda mungkin memerlukan saran dari ahli untuk mengenali penyebabnya lebih lanjut.

Anda yang tinggal di Gresik dan sekitarnya, serta memerlukan layanan dokter hewan profesional di area Gresik, bisa datang langsung ke Kawan Hewan. Ingin tahu lebih banyak mengenai hewan peliharaan? Jangan lupa follow media sosial kami melalui link berikut. Semoga bermanfaat!

10 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page