top of page

Mengenal Righting Refleks Pada Kucing Hingga Anggapan Kucing Memiliki 9 Nyawa!


foto oleh pxhere


Sebagian besar dari kamu pastinya pernah mendengar sebuah mitos yang menyebutkan jika kucing memiliki 9 nyawa. Ya, anggapan ini memang seringkali kita dengar bahkan telah dipercaya dari generasi ke generasi dan menariknya tak hanya orang Indonesia saja yang mempercayainya melainkan juga ada beberapa negara yang percaya akan hal tersebut.

Misalnya saja seperti di negara Spanyol yang meyakini jika kucing memiliki 7 nyawa hingga negara Arab yang menyebutkan bahwa kucing memiliki enam nyawa. Walaupun jumlah nyawanya berbeda-beda, namun yang jelas banyak orang yang percaya jika kucing menjadi salah satu hewan yang susah mati karena memiliki nyawa banyak. Lalu, benarkah kucing merupakan hewan yang memiliki banyak nyawa? Penasaran? Simak berikut penjelasan dan fakta menariknya!


Mengenal Righting Refleks Pada Kucing: Kemampuan Luar Biasa Yang Membuat Kucing Dianggap Memiliki 9 Nyawa!

Anggapan tentang kucing memiliki 9 nyawa ini muncul karena kemampuannya yang sangat luar biasa untuk melompat serta mendarat dengan sempurna. Hampir semua kucing selalu bisa terhindar dari bahaya sekalipun hewan berbulu ini terjatuh dari tempat yang tinggi. Bisa dibilang kucing punya agility yang bagus.

Bahkan anabul yang disayangi manusia ini juga pandai memanjat serta melompat ke atas mobil yang sedang melaju, lho! Nah kemampuan yang dimilikinya ini tentu saja berkat refleks tubuhnya yang sangat tinggi atau disebut dengan righting reflex pada kucing. Berkat adanya Righting reflex ini, kucing akan selalu memutar tubuhnya sebelum mereka terjatuh sehingga bisa mendarat dengan sempurna.

Tak hanya itu saja, kucing juga memiliki tulang serta ligamen yang cukup lentur yang bisa membantunya terhindar dari cedera saat terjadi kecelakaan atau benturan. Kucing juga memiliki luas permukaan tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan beratnya sehingga bisa membantunya mengurangi pengaruh gaya gravitasi ketika pendaratan.

Bahkan tak hanya karena anatomi tubuhnya saja yang diciptakan untuk bisa melompat serta mendarat dengan sempurna, kucing juga memiliki insting yang kuat serta respons cepat untuk menghindari bahaya. Jadi, salah satu alasan mengapa kucing disebut memiliki 9 nyawa mungkin karena hewan bulu ini memiliki keseimbangan, refleks serta insting yang baik pada situasi yang menurutnya bahaya.


Fakta Menarik Lain Tentang Anggapan Kucing Memiliki 9 Nyawa

Selain adanya righting refleks pada kucing, anggapan 9 nyawa yang dimiliki kucing ini berkaitan dengan Dewa Matahari Mesir Kuno yaitu Atum-Ra yang diyakini berwujud kucing yang berkunjung ke dunia. Legenda menyebutkan jika Atum-Ra melahirkan 8 dewa lain yang mewakili sembilan kehidupan dalam satu.

Selain itu, sebagian orang juga percaya jika angka tersebut mungkin berasal dari China dimana angka 9 dianggap sebagai angka keberuntungan. Namun tidak sedikit juga yang menganggap jika angka 9 diyakini sebagai angka yang mistis di banyak agama serta wilayah di seluruh dunia.

Namun terlepas dari berbagai anggapan yang dinilai logis maupun tidak, sama seperti hewan lainnya kucing juga hanya memiliki 1 nyawa saja. Agar hidupnya lebih lama, kucing sangat membutuhkan perawatan dan perhatian dari orang-orang yang memeliharanya.

Percaya kepada mitos menjadi salah satu budaya masyarakat Indonesia yang sudah turun menurun diwariskan oleh nenek moyang kita. Mitos tersebut biasanya melibatkan kejadian yang dialami ataupun dikaitkan dengan kejadian sebelumnya, salah satu korbannya yaitu kucing yang dipercaya memiliki 9 nyawa.

Nah itulah, salah satu hal yang mendasari adanya anggapan bahwa kucing memiliki 9 nyawa yaitu karena banyak kemampuannya yang sangat luar biasa dalam melompat dan mendarat dengan sempurna atau righting refleks pada kucing. Dengan kemampuan inilah yang membuat kucing kerapkali terhindar dari kecelakaan yang bisa mengancam nyawanya.


Semoga bermanfaat! Jangan dites ya kucingmu nyawanya berapa, hehehe.


Baca juga : Jangan Menggendong Kucing Dengan Memegang Bagian Tengkuk, Inilah Penjelasannya! (hayo siapa yang masih suka megang kucing cara gini?)
8 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page