Cat Lovers Perlu Tahu! Inilah Tanda-Tanda Kucing Dehidrasi Dan Cara Mengatasinya!


foto oleh unsplash


Sama halnya seperti manusia, kucing juga perlu mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya untuk menghindari dehidrasi. Perlu anda ketahui bahwa 80% tubuh kucing terdiri dari kompenen air sehingga dengan begitu hewan berbulu ini sangat memerlukan air yang cukup. Jika kucing tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup dalam setiap harinya, hewan ini akan mengalami dehidrasi.


Dehidrasi Pada Kucing

Hypohydration atau dehidrasi merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi bisa terjadi kepada siapa saja termasuk kucing sekalipun. Kucing dehidrasi menjadi suatu kondisi yang sangat serius, bisa menganggu kesehatan bahkan mengancam nyawa hewan satu ini. Dehidrasi pada kucing tidak mengenal usia maupun jenis kucing. Untuk itu, maka pastikan anda selalu memberikan asupan cairan yang cukup.


Lalu, Bagaimana Tanda-Tanda Kucing Dehidrasi?

Dikarenakan menjadi salah satu masalah yang cukup serius, sebagai pemilik pastinya anda perlu mengetahui bagaimana tanda-tanda kucing dehidrasi. Berikut tanda-tandanya:

· Mata kucing akan terlihat tampak murung, kusam bahkan terlihat cekung.

· Kucing terlihat lesu dan biasanya akan menghabiskan waktunya untuk tidur dan tidak beraktivitas.

· Denyut jantung meningkat.

· Terengah-engah yang ditandai dengan bernafas cepat dengan mulut yang terbuka.

· Gusi kucing lengket dan kering.

· Kucing mengalami sembelit.

· Kehilangan nafsu makan.

Itulah tanda-tanda kucing dehidrasi yang sebaiknya anda ketahui. Tanda-tanda diatas tentu saja perlu anda pahami agar ketika hal tersebut dialami oleh kucing anda maka anda bisa langsung mengambil tindakan.


Tips Praktis Mengindentifikasi Kucing Dehidrasi

Salah satu cara praktis untuk melihat apakah kucing dehidrasi atau tidak adalah dengan memperhatikan elastisitas kulit kucing. Cubitlah kulit kucing dengan dua jari di daerah punggung atau dada kucing kemudian amatilah kulit yang dicubit tersebut. Untuk dehidrasi sedang, kulit akan sangat lama Kembali ke bentuk serupa.

Bahkan untuk yang tingkatanya parah, posisi kulit tidak Kembali ke bentuk semula. Jangan melakukan tes ini di area leher atau tengkuk karena kulit kucing di tempat tersebut sangat tebal sehingga tidak dapat dijadikan acuan.


Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi

Setelah anda mengetahui apa saja tanda-tanda kucing dehidrasi dan sayangnya ternyata kucing anda mengalami hal tersebut. Sebaiknya anda jangan panik terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter hewan terdekat, anda bisa melakukan hal ini. Berikut cara mengatasi kucing dehidrasi yang sebaiknya diperhatikan:


1. Siapkan Air Bersih

Cara mengatasi kucing dehidrasi yang pertama yaitu siapkan air bersih. Dalam hal ini anda bisa menambahkan makanan pada air bersih tersebut agar kucing tertarik untuk mencicipinya. Anda juga bisa menambahkan rasa seperti gula agar minuman tersebut ada rasanya.


2. Memberikan Sereal

Berikutnya anda juga perlu memberikan kucing sereal. Perlu anda tahu bahwa sereal mengandung cairan seperti susu dan cairan lainnya. Berikanlah sereal secara bertahap agar kucing anda tidak mudah bosan. Apabila kucing anda mengalami diare dan muntah maka anda bisa memberikan es batu agar dijilati.


3. Rutin Mengganti Air

Seperti yang kita tahu bahwa air yang mengenang bisa menjadi sumber penyakit sehingga anda harus menggantinya secara berkala. Selain itu, pastikan juga wadah air untuk minum kucing selalu tertutup agar tidak mudah terkena partikel debu dan agar air minum tetap fresh.


4. Tempatkan Air Ditempat Yang Terjangkau

Terakhir, pastikan anda juga menempatkan tempat minum pada tempat yangterjangkau. Selain itu, anda juga perlu memilih wadah air yang sesuai jangan terlalu tinggi dan terlalu besar.


Nah itulah cara mengatasi kucing dehidrasi. Jika kondisinya malah tambah para maka jalan terbaik yang harus anda lakukan yaitu membawanya ke dokter terdekat. Biasanya dokter hewan akan memberikan infus agar kucing tidak lemas.

Untuk menghindari dehidrasi kucing juga, anda perlu memperhatikan asupan makanannya. Jangan terlalu sering memberikan makanan kering. Imbangi asupan nutrisi dan asupan cairannya agar kucing anda tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi.

Semoga bermanfaat.