6 Checklist Sebelum Memilih Kucing Kampung dan Kucing Ras: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?


foto oleh unsplash


Kucing kampung dan kucing ras sudah ada di hati mayoritas pecinta kucing di tanah air. Walaupun dua-duanya mempunyai tantangannya sendiri. Tapi, rasanya kalau sudah bermain dan manja-manjaan dengan mereka, semua tantangan terasa tidak berarti lagi.

Kucing kampung disebut juga moggy cat atau domestic cat sedangkan kucing ras sering disebut pedigree. Keduanya mempunyai fakta dan kebiasaan yang berbeda. Jadi, Anda tidak bisa menyebut bahwa merawat kucing A lebih baik daripada kucing B. Karena setiap orang mempunyai tujuan berbeda.

Misalkan Anda menyukai kucing yang cantik dan Anda tidak masalah dengan pakan yang lebih mahal, maka Anda cocok memelihara kucing ras. Sebaliknya, jika Anda suka memelihara kucing yang mudah dipelihara dan murah makanannya, maka kucing kampung lah pilihannya (seperti si kucing orens)


Fakta Kucing Kampung dan Kucing Ras

Untuk membantu Anda menentukan jenis mana yang lebih cocok Anda adopsi, yuk pelajari fakta kucing kampung dan kucing ras di tabel berikut ini.


Masih Galau Antara Kucing Kampung dan Kucing Ras? Yuk Buat Checklist!

Kucing kampung dan kucing ras memang sama-sama menarik. Lalu, mana yang sebaiknya Anda pilih untuk adopsi? Jenis mana yang cocok dengan kondisi Anda? Yuk, buat checklist sederhana.

*Centang salah satu.


Kucing kampung dan kucing ras tentu berbeda perawatan. Jika Anda ragu dan bingung mana yang lebih cocok, coba jawab checklist di atas. Dan lihat mana jawaban yang paling banyak.

Tapi, ada persamaan antara kucing kampung dan kucing ras yang harus Anda ketahui, yaitu masa kawin. Pada masa kawin, kucing jantan pasti akan mencari kucing betina untuk dikawin.

Jika kucing jantan, dia akan pergi mencari kucing betina. Dan biasanya mereka pergi selama beberapa minggu. Sebaliknya, untuk kucing betina, resikonya adalah sering sekali hamil.

Jadi, jika usianya sudah cukup, kucing betina sebaiknya di steril agar tidak ada masalah lebih lanjut, seperti kelahiran anak kucing yang tidak terkontrol. Untuk lebih detail tentang masalah ini, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter hewan kesayangan.

Yang terakhir, pendapat orang tua sangat penting karena Beliau-lah yang paham seluk-beluk rumah. Jika Anda tidak tinggal dengan orang tua, mintalah pendapat orang yang tinggal dengan Anda. Jangan sampai kucing Anda membuat situasi tidak nyaman.

Memilih antara kucing kampung dan kucing ras memang butuh waktu. Yuk, pikirkan dengan matang mulai sekarang.


Baca juga : 7 Fakta Keunikan Kucing Kampung Yang Menarik Untuk Diketahui
39 views0 comments