12 Kesalahan Pemilik Kucing Sepele Namun Berbahaya


foto oleh unsplash


Kucing merupakan hewan pemeliharaan yang paling populer berbarengan dengan anjing. Meskipun begitu masih banyak saja kesalahan pemilik kucing yang dilakukan baik itu sengaja ataupun tidak sehingga membuat kucing menjadi stress.

Karena itu supaya tidak mengulang kesalahan yang sama, di sini akan dibahas tentang apa saja kesalahan pemilik kucing yang sering dilakukan.


1. Mengadopsi Kucing Tanpa Bekal Pengetahuan

Kucing itu bukan barang yang bisa dibeli ataupun dimiliki secara sembarangan, sebelum proses adopsinya diperlukan riset yang mendalam. Pahami bagaimana sikap kucing, dan bagaimana cara merawatnya dengan baik sebagai bekal sebelum memelihara.

Untuk menambah pengetahuan, Anda dapat mengikuti blog yang keren seperti blog ini.


2. Tidak Melakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter Hewan

Alasan kenapa kucing harus dibawa rutin ke dokter salah satunya adalah karena kucing merupakan hewan yang sensitif. Selain itu kucing adalah hewan yang pandai menyembunyikan rasa sakitnya, jadi rutin membawanya ke dokter hewan adalah sebuah keharusan.


3. Memberi Makan Berlebih

Memang kucing akan selalu mengeluarkan suaranya ketika pemilik sedang membawa makanan, dan terkadang hal itu membuat pemilik selalu memberikan makanannya. Padahal hal itu harus dihindari karena kalau kucing makan terlalu berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatannya.


4. Kesehatan Gigi Kucing Diabaikan

Saat ke dokter hewan bagian tubuh kucing yang paling sering luput dari pengecekan adalah gigi, padahal bagian itu seharusnya diprioritaskan.

Karena itu selain rutin melakukan pengecekan, rutin juga untuk merawat gigi dengan cara menyikatnya dengan lembut.


5. Bersikap Cuek

Dulunya memang kucing merupakan binatang yang mandiri, namun sekarang sudah banyak kucing yang sudah beradaptasi dan justru menjadi hewan yang sensitif. Karena itu kucing perlu perhatian lebih, dan jangan pernah berpikir untuk bersikap cuek terhadap kucing.


6. Boks Kotoran yang Tidak Segera Dibersihkan

Kebersihan boks kotoran ini sangat penting untuk dijaga karena berkaitan dengan kenyamanan, dan juga kesehatan kucing. Jadi jangan malas untuk membersihkannya, sehari sekali boks ini harus dibuang untuk menjaga kebersihannya.


7. Hanya Mengurung Kucing dalam Kandang Seharian

Kucing adalah hewan yang suka berjalan, dan menyukai kebebasan jadi jangan terlalu sering mengurungnya di dalam kandang. Karena hal itu justru bisa berakibat buruk terhadap kesehatan mental kucing, karena kucing bisa menjadi stres.


8. Tidak Melakukan Kebiri

Kalau tidak ingin memelihara kucing terlalu banyak hal ini penting untuk dilakukan apalagi jika kucing itu dipelihara dari bayi. Saat memasuki masa pubertas, penting untuk mengebiri kucing sebelum hasrat kawinnya muncul. Ada banyak sekali manfaat dari sterilisasi kucing.


9. Meletakkan Kabel Sembarangan

Terkadang hal seperti ini tidak terlalu diperhatikan dengan baik oleh pemilik. Padahal, kucing adalah hewan yang suka berjalan-jalan, dan kabel yang diletakkan sembarangan bisa menyebabkan kucing jatuh.

Jadi, letakkan kabel dengan rapi supaya kucing bisa berjalan dengan aman.


10. Memberi Susu

Jika kucing saat baru lahir atau masih bayi diberikan susu, maka bisa menyebabkan kematian. Jadi, hindari hal tersebut, dan biarkan anak kucing itu minum langsung dari induknya.


11. Tidak Merawat Bulu

Merawat bulu ini sebenarnya sangat mudah, tapi entah mengapa sering sekali dilewatkan oleh pemilik kucing. Lakukan pengecekan rutin, dan juga rajin menyikat bulu kucing sesuai dengan jadwal berdasarkan tipe masing-masing kucing.


12. Tidak Memahami Perilaku Kucing

Kucing itu memiliki perilaku yang unik terkadang bisa sangat mandiri, kadang bisa sangat sensitif. Pelajari semuanya dengan perlahan, dan sabar serta pastikan untuk membuat kucing merasa nyaman dengan lingkungan.


Ternyata ada banyak juga kesalahan pemilik kucing yang sering dilakukan dan terkadang membahayakan kucing. Jadi setelah dijelaskan di sini, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama supaya kucing bisa lebih sehat dan bahagia.


Semoga bermanfaat.


Baca juga : Sayang Kucing? Waspadai Bahan-Bahan Berbahaya bagi Kucing Berikut Ini