Tentang Kucing Maine Coon: sejarah, ciri-ciri, perawatan, dan keunikan


foto oleh unsplah


Tahukah Anda dengan kucing Maine Coon? Untuk pencinta hewan pasti sudah tidak asing lagi dengan nama hewan satu ini. Bahkan jenis kucing yang satu ini tak kalah terkenal dengan Persian, Anggora, atau Himalayan.

Tidak bisa disangkal lagi, hewan yang sering disebut kucing raksasa ini memang punya aura menggemaskan membuat siapapun yang melihat bisa jatuh hati. Nah, bagi Anda yang ingin memelihara Maine Coon, simak dulu ulasan lengkapnya di bawah ini.


Sejarah Singkat

Tahun 1968, resmi berdiri organisasi kucing ras Maine Coon yang bernama Maine Coon Breeders and Fanciers Association. Sebelumnya, asal usul akan keberadaan kucing ini tidak pernah diketahui secara pasti. Ada yang berpendapat ia hasil persilangan rakun dan kucing setengah liar, ada pula yang menyebutkan ia dipelihara oleh pelaut Inggris yang gemar menyilangkan kucingnya dengan kucing liar sekitar.

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon

Tentu saja kamu tidak ingin salah ketika membeli kucing satu ini, seperti apa ciri-ciri Maine Coon? Berikut uraiannya

1. Tubuh raksasa

Dijuluki kucing raksasa, Maine Coon memang memiliki ukuran tubuh yang besar. Panjangnya mencapai 1,2 m dengan tinggi 40 cm, berat badan kucing jantan bisa mencapai 9 kg, sedangkan betina 6 kg.

2. Bentuk kepala menyerupai singa

Bentuk badan, bulu, hingga kepala dari Maine Coon terlihat menyerupai singa, hal inilah yang membuatnya banyak digemari. Mulai dari bentuk telinga yang lancip, dahi melengkung, tulang pipi menonjol, hidung lebar dan melengkung pada bagian ujung, serta bagian leher yang juga melengkung. Postur bagian kepala Maine Coon ini sekilas mirip dengan singa.

3. Mata oval dan besar

Selain tubuhnya, mata dari Maine Coon juga besar. Bentuk matanya oval, tajam, dan besar. Hidung yang tampak serasi juga membuat wajahnya semakin terlihat gemas dan indah.

4. Ekor seperti kemoceng

Maine Coon punya ekor yang unik menyerupai kemoceng. Jadi ekor yang dimilikinya berbentuk memanjang, semakin ke pangkal akan semakin melebar dibalut dengan bulu halusnya yang tebal.

5. Bulu sangat halus

Kehalusan bulu dari Maine Coon sudah tidak perlu diragukan lagi, bulunya silky coat. Selain itu, bulu yang sangat tebal juga membuat tubuhnya tidak akan mudah tembus oleh air.

Cara Perawatan

Seperti apa sih cara merawat Maine Coon? Berikut uraiannya

1. Perhatikan asupan makanan

Maine Coon merupakan jenis kucing yang membutuhkan asupan nutrisi dan kadar protein yang cukup. Anda bisa membelinya di petshop terdekat atau memberinya makan makanan berdaging.

2. Jaga kebersihan kucing

Dinilai sebagai kucing yang tidak suka air, maka Anda perlu membersihkan badannya dengan hati-hati. Cukup bersihkan setiap 2 hari sekali untuk menghindari adanya kutu pada bulunya yang sangat tebal. Setelah dimandikan, keringkan segera lalu sisir bulu tebalnya dengan hati-hati.

3. Jaga kebersihan kandang

Selain badan kucing, kebersihan kandang juga perlu dijaga dengan baik. Bersihkan kadang secara berkala setiap hari untuk menghindari kotoran dan penyakit yang tidak diinginkan.

Keunikan

Selain ciri-ciri di atas, kucing Maine Coon juga punya keunikan antara lain,

1. Punya kelainan polidaktili

Kucing menggemaskan yang satu ini ternyata punya kelainan polidaktili atau kelebihan jari-jari. Jadi Maine Coon memiliki jari kaki sebanyak 6.

2. Tidak suka ketinggian

Umumnya, kucing merupakan hewan yang suka akan ketinggian seperti memanjat atap rumah atau pohon. Namun Maine Coon tidak demikian, ia bahkan takut dengan ketinggian.

3. Suka mencari perhatian

Keunikan yang satu ini membuat Maine Coon semakin terlihat gemas. Ia suka mencari perhatian orang, ia bahkan tidak segan duduk di depan TV untuk mengalihkan perhatian Anda dari tontonan.

Bagaimana? Menggemaskan bukan kucing raksasa yang satu ini? jangan lupa share artikel ini ke teman, sahabat, dan keluarga untuk memberi tahu seberapa gemas dan lucunya kucing Maine Coon. Semoga bemanfaat!

39 views0 comments