Ternak Puyuh Di Masa Pandemi COVID-19 Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh poultryshop.id


Seperti yang kita ketahui pandemi COVID-19 telah melumpuhkan hampir semua kegiatan. Misalnya saja dikarenakan adanya pandemi global ini tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaannya. Nah, bagi anda yang terdampak karena adanya pandemi ini dan bingung mencari kegiatan yang bisa dilakukan, ternak puyuh tentu bisa menjadi solusinya. Ya, ternak putih memang menjadi salah satu solusi yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu luang ketika harus di rumah saja serta menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Burung puyuh merupakan salah satu jenis unggas yang sudah tidak asing lagi untuk kita dengan. Selain menghasilkan telur, daging burung puyuh juga banyak sekali disukai oleh masyarakat sehingga tidak heran jika kini banyak sekali restoran yang menyediakan menu hidangan dari daging burung puyuh.

Dikarenakan daging ataupun telur burung puyuh banyak sekali dicari maka membuka usaha ternak puyuh tentu bisa menjadi solusi anda untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Mengapa harus ternak puyuh? Hal tersebut tentu saja karena burung puyuh memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa diandalkan sebagai sarana untuk memulai usaha.


Berikut Beberapa Kelebihan Dari Burung Puyuh

Untuk semakin meyakinkan anda bahwa ternak puyuh menjadi salah satu solusi terbaik di masa pandemi ini. Berikut beberapa kelebihan dari burung puyuh jika dijadikan sebagai media berternak dan membuka usaha:

1. Umur Produksi Lebih Cepat

Burung puyuh mulai memproduksi telurnya pada umur 40 hari setelah menetes. Jadi, dalam waktu kurang lebih 1,5 bulan anda sudah bisa memperoleh telur dari puyuh yang telah anda pelihara.

2. Biaya Yang Berternak Cenderung Lebih Terjangkau

Burung puyuh memiliki ukuran tubuh yang kecil sehingga biaya yang dikeluarkan untuk ternak puyuh akan lebih terjangkau. Satu ekor puyuh pada masa produksi hanya membutuhkan pakan 20 hingga 25 gram per hari serta membutuhkan luasan kandang sekitar 200 cm saja. Kandang puyuh bisa disusun secara bertingkat sehingga bisa dibudidayakan dimana saja bahkan lahan sempit sekalipun.

3. Produksi Telur Tinggi

Kelebihan selanjutnya yaitu produksi telur cenderung lebih tinggi. Satu ekor burung puyuh bisa memproduksi telur sebanyak 250 hingga 300 butir dalam satu tahun saat masa bertelur.

4. Mudah Dipelihara

Selain biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau, burung puyuh juga mudah sekali dipelihara serta tidak membutuhkan waktu lama dalam pemeliharaannya. Pemeliharaan burung puyuh hanya dilakukan pada pagi dan sore saja diluar waktu tersebut bisa anda gunakan untuk hal lainnya.

5. Burung Puyuh Memiliki Daya Tahan Tubuh Yang Kuat

Kelebihan yang terakhir yaitu burung puyuh memiliki daya tahan tubuh yag kuat. Walaupun berukuran kecil, burung puyuh memang dikenal sebagai unggas yang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat dibandingkan unggas lain.

Nah iitulah beberapa kelebihan dari burung puyuh yang sebaiknya anda ketahui. Dengan kelebihan yang dimilikinya ini maka sudah pasti burung puyuh menjadi salah satu unggas yang memiliki potensi keuntungan cukup tinggi jika dibudidayakan.


Lalu, Bagaimana Cara Ternak Puyuh? Ikuti Langkahnya Berikut Ini!

Bagi anda yang tertarik untuk ternak puyuh namun masih bingung bagaimana cara memulainya, tentu tidak perlu khawatir! Berikut ini cara ternak puyuh yang sebaiknya anda ketahui:


· Pilihlah Lokasi Ternak Yang Tepat

Cara ternak puyuh yang pertama yaitu pilihlah lokasi ternak yang tepat. Ya, sebelum beternak tentu saja anda harus memilikirkan terlebih dahulu lokasi tempat ternak puyuh dilakukan. Penentuan lokasi ini pastinya bisa mempengaruhi sukses tidaknya usaha ternak puyuh. Pastikan anda memilih lokasi yang dekat dengan sumber air bersih dan tidak banjir serta memiliki sirkulasi udara yang baik.

Pilih pula lokasi yang jauh dari keramaian dan pemukiman yang terlalu padat sehingga burung tidak stress. Selain itu anda juga tidak terlalu mengganggu orang disekitar Anda atau tetangga Anda.


· Persiapkan Kandang

Setelah anda memilih lokasi yang tepat untuk ternak puyuh, selanjutnya siapkan kandang. Saat akan ternak puyuh ada beberapa kandang yang harus anda siapkan. Kandang tersebut mulai dari kandang untuk anak puyuh, kandang untuk pertumbuhan anak puyuh, kandang indukan serta kandang pembibitan. Pastikan buatlah kandang dengan tepat yang disesuaikan dengan suhu, kelembapan serta ukurannya. Agar cahaya matahari langsung masuk ke kandang, usahakan anda menggunakan kawat strimin untuk dinding kandang.


· Pilih Bibit Burung Puyuh Yang Berkualitas

Selanjutnya anda juga perlu memilih bibit burung puyuh yang berkualitas. Pilih bibit yang dalam masa produktif dimana umur dari burung puyuh yang anda pilih tidak terlalu tua serta tidak terlalu muda yaitu sekitar umur 3 minggu. Dalam hal ini pastikan juga anda memilih burung yang lincah serta aktif, bentuk tubuh sempurna, warna bulu cerah (tidak kusam) serta bibit yang sudah mendapatkan vaksin terlebih dahulu agar tidak stress dan terhindar dari berbagai penyakit.


Nah itulah langkah cara ternak puyuh yang sebaiknya anda perhatikan. Selain ketiga hal diatas, anda juga perlu mengetahui jenis makanan serta asupan nutrisi yang bagus untuk kelangsungan hidup burung puyuh yang anda pelihara. Diluar teknis budidaya tersebut, ada baiknya juga mengenal pasar atau pembeli hasil produksi burung puyuh Anda. Selamat mencoba!

0 views0 comments