Inilah Tips Membersihkan Telinga Kucing Paling Mudah


Kucing adalah salah satu jenis hewan yang sangat mandiri serta bisa mengurus setiap bagian tubuh dirinya sendiri. Namun, hal ini tentu saja tidak berlaku untuk bagian telinga, untuk bagian yang satu ini kucing memang membutuhkan bantuan anda sebagai pemiliknya. Cara membersihkan telinga kucing sebenarnya tergolong mudah. Namun bagi anda yang baru mengurus kucing memang akan cukup kewalahan karena hewan kesayangan anda tersebut akan bergerak-gerak ketika anda memegang bagian telinganya.

Untuk membersihkan telinga kucing memang bisa dilakukan oleh tenaga ahli yaitu dokter hewan terdekat atau professional groomer. Namun hal ini juga tentu bisa anda lakukan sendiri di rumah. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar proses pembersihannya berjalan dengan mudah dan kucing kesayangan anda nyaman. Nah, berbagai ulasan tersebut akan kita bahas pada ulasan berikut ini.


Mengapa Penting Membersihkan Telinga Kucing?

Seperti yang kita tahu bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang sangat pintar merawat dirinya. Jika diamati, anda bisa lihat bahwa sebagian besar waktunya selalu dihabiskan untuk membersihkan tubuhnya. Namun, hal ini tentu bukan berarti kucing tidak menemukan berbagai masalah. Kucing kesayangan anda bisa saja terjangkit infeksi atau tungau telinga karena bagian telinga ini memang sulit dibersihkan.

Dikarenakan kucing memang sangat sulit membersihkan bagian telinga maka anda perlu membantu. Membersihkan bagian telinga kucing memang sangat wajib untuk dilakukan karena jika sama sekali tidak dibersihkan kemungkinan kucing anda akan mengalami infeksi dan terserang jamur. Layaknya seperti manusia dimana ketika tidak rajin dalam membersihkan telinga akan menyebabkan beberapa gangguan. Hal ini juga tentu saja berlaku juga untuk kucing jika dalam waktu lama tidak dibersihkan maka akan menimbulkan berbagai masalah.


Lalu, Bagaimana Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Tepat?

Setelah anda mengetahui pentingnya membersihkan telinga kucing, sudah bisa dipastikan anda sekarang penasaran bukan bagaimana langkah membersihkannya. Sebagai yang baru pertama kali membersihkan telinga hewan kesayangan anda maka tentu saja dibutuhkan latihan. Berikut ini langkah cara membersihkannya:

1. Pertama, mintalah bantuan kepada teman atau keluarga anda untuk memegang kucing anda. Hal ini bertujuan agar anda bisa lebih mudah dan fokus membersihkan terlinganya.

2. Selanjutnya, tarik perlahan penutup telinga kucing dengan sangat lembut serta isi satu lubang dengan air hangat ataupun cairan pembersih. Jadi, sebelumnya anda harus menyiapkan air hangat terlebih dahulu serta alat berupa kasa.

3. Pijatlah lembut bagian telinga selama kurang lebih 5 menit agar kucing anda merasa nyaman.

4. Bungkuslah jari anda dengan kasa lalu setelah itu berikan cairan tersebut pada kasa.

5. Usap telinga bagian dalam dengan lembut dengan jari yang sebelumnya sudah terbungkus kasa dan cairan.

6. Jika sudah selesai anda bisa memberikan snack pada hewan kesayangan anda karena sudah berhasil membersihkan kotorannya.

Nah itulah panduan cara membersihkan telinga kucing yang paling tepat dan mudah. Lakukan cara ini dengan teliti dan fokus. Buatlah kucing anda merasa nyaman terlebih dahulu. Seberapa sering telinga kucing harus dibersihkan? Nah, untuk pembersihannya sebenarnya tidak ada jadwal pasti untuk hal ini. Namun anda bisa mengecek telinganya setidaknya satu bulan sekali jika kucing tersebut belum pernah mengalami peradangan telinga. Apabila kucing anda memiliki riwayat infeksi atau radang telinga maka ceklah setiap satu minggu sekali.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.