Tips Memandikan Anjing yang Mudah, Anda Perlu Mencobanya!


foto oleh unsplah


Memelihara anjing memang menyenangkan, tapi ingat, bukan hanya kesenangan dalam bermain saja, melainkan menjaga anjing supaya tetap bersih dan sehat yang merupakan hal penting untuk diperhatikan. Bagi pemula yang baru saja mencoba untuk memelihara hewan lucu yang satu ini, tentu hal tersebut sedikit membingungkan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba melihat sedikit informasi tentang tips memandikan anjing berikut di bawah ini.


Siapkan Tempat Yang Sesuai

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu mencari tempat memandikan anjing yang sesuai. Pastikan area yang digunakan cukup nyaman untuk anjing Anda sesuai dengan ukuran tubuhnya. Jika memiliki anjing berukuran kecil, maka bisa memilih memandikan anjing di dalam bak atau kamar mandi. Namun, jika memiliki anjing dengan ukuran tubuh yang besar, maka akan lebih tepat untuk memandikannya di area yang lebih terbuka, misalnya di halaman belakang rumah atau di car port.


Menyisir Bulu Yang Kusut

Tips memandikan anjing berikutnya yaitu tidak lupa untuk menyisir bulu yang kusut terlebih dahulu. Hal ini juga membantu untuk melihat, apakah di dalam bulu anjing terdapat kutu dan sebagainya. Dengan menyisir bulu anjing, maka sedikit banyak membersihkan sebagian kotoran terlebih dahulu dan mempermudah saat memandikan anjing nantinya. Bila terdapat kutu yang mengganggu, jangan lupa tanyakan pengobatan yang tepat pada dokter hewan terdekat.


Memotong Kuku

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk memotong kuku anjing jika kukunya dirasa sudah terlalu panjang. Sehingga saat dimandikan nanti, anjing yang merasa gelisah dan kurang nyaman tidak menggores atau mencakar tubuh Anda dengan kukunya yang tajam. Selain itu, memotong kuku sebelum mandi bisa membantu merawat kuku anjing secara berkala. Supaya resiko penyakit lain yang berhubungan dengan kesehatan kuku anjing juga bisa dihindari.


Menutup Telinga Anjing

Siapkan penutup telinga untuk anjing supaya nantinya air tidak masuk ke dalam telinga saat sedang mandi. Hal ini sangat penting, karena air yang masuk ke dalam telinga anjing berpotensi untuk menimbulkan infeksi dan berbahaya bagi kesehatan telinga anjing tersebut. Karena itu sebaiknya siapkan bola-bola kapas yang nantinya bisa dimasukkan ke bagian daun telinga anjing. Dengan demikian saluran telinga anjing akan tetap kering dan juga mudah untuk dibersihkan.


Menyiapkan Air Hangat

Kemudian hal yang tak kalah penting dalam tips memandikan anjing yaitu mengukur suhu air yang akan digunakan untuk memandikan anjing. Periksa lebih dulu apakah air sudah cukup hangat atau belum, karena air yang dingin bisa membuat anjing menggigil saat merasa kedinginan terkena air. Demikian pula jangan sampai air yang digunakan terasa terlalu panas. Karena umumnya tubuh anjing terutama anjing kecil, cukup sensitif jika terkena suhu yang terlalu panas secara langsung.


Menyiapkan Kain Dan Waslap

Jangan lupa juga untuk menyiapkan sejumlah kain dan waslap yang akan digunakan untuk memandikan dan membersihkan anjing nantinya. Pilih kain atau waslap yang memiliki serat lembut, sehingga bisa terasa nyaman di permukaan tubuh anjing dan tidak menyakitinya. Sebagai pengganti kain bisa juga menggunakan spon dengan material yang sama halusnya. Sehingga lebih mudah untuk membersihkan bulu-bulu anjing, terutama jika anjing berbulu lebat, sehingga bersih secara optimal.


foto oleh pexel


Membersihkan Telinga Dan Wajah

Mulai dengan membersihkan telinga dan wajah anjing terlebih dahulu. Usapkan kain atau waslap ke seluruh permukaan wajah dan area telinga dengan hati-hati. Bersihkan juga kotoran yang terdapat pada mata dan area lipatan wajah, sehingga seluruh wajah anjing bebas dari kotoran. Tapi ingat, jangan menyemprot kepala anjing dengan air, karena beresiko menyebabkan air tersebut masuk ke telinga dan menimbulkan infeksi seperti yang telah diinformasikan sebelumnya.


Memilih Shampo Yang Tepat

Sesudah membersihkan area wajah, segera pilih jenis shampo yang tepat untuk memandikan jenis anjing yang Anda pelihara. Antara anjing yang satu dengan yang lain mungkin akan memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh sebab itu jika bingung mencari tahu mana shampo yang paling sesuai dengan kondisi anjing Anda, tidak ada salahnya menanyakan pada dokter hewan terdekat dan mendapatkan jenis shampo yang paling sesuai. Namun secara umum, jangan memakai shampoo manusia karena kebutuhan kulit berbeda.


Memandikan Tubuh Anjing

Setelah menuangkan shampo ke tangan, segera pijatkan ke seluruh bagian tubuh anjing secara perlahan dan merata. Mulai dari bagian punggung, leher, kaki, ekor, maupun selangkangan dan juga bagian perut anjing dengan seksama. Bersihkan tubuh anjing dengan lembut dan bila perlu gunakan spon untuk meratakan shampo ke seluruh tubuh anjing. Jika bulu terlalu tebal, maka pemberian shampo akan memakan waktu yang lebih lama, dan bahkan bisa diulang hingga dua kali.


Membilas Badan

Setelah selesai memberikan shampoo, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu membilas badan anjing hingga bersih menggunakan air yang mengalir. Ini adalah tips memandikan anjing yang cukup penting, jangan sampai air mengenai bagian wajah, karena itu siram atau semprotkan air mulai dari bagian belakang leher anjing. Bilas seluruh bagian badan anjing hingga seluruh shampo benar-benar bersih dan menghilang.


Mengeringkan Tubuh

Jika tubuh anjing sudah cukup bersih dari shampoo seutuhnya, maka sekarang sudah waktunya untuk mengeringkan tubuh anjing. Hal ini bisa jadi memakan waktu yang lama terutama untuk anjing dengan bulu yang cukup lebat. Umumnya keringkan tubuh anjing dengan menggunakan handuk terlebih dahulu, sebaiknya gunakan handuk lembut berserat tinggi yang ditepukkan perlahan ke seluruh bagian tubuh supaya menyerap air secara maksimal. Jika masih belum kering sepenuhnya, maka Anda dapat menggunakan pengering rambut dengan suhu rendah untuk memastikan semua bagian badan anjing kering secara sempurna.


Menyisir Bulu Kembali

Tips memandikan ajing yang terakhir yaitu menyisir ulang seluruh bulu setelah selesai mengeringkannya. Apalagi umumnya setelah mandi maka bisa jadi bulu anjing menjadi sedikit kusut akibat proses pengeringan tubuh tadi. Oleh sebab itu lakukan penyisiran bulu secara perlahan dan bisa juga menambahkan semprotan pencegah kusut untuk anjing dengan bulu yang lebat. Lakukan hingga bulu anjing terasa lembut dan rapi, sehingga anjing terlihat bersih dan menarik setelah selesai dimandikan.


Itulah tadi beberapa tips memandikan anjing yang bisa dicoba untuk dilakukan bila anjing terlihat kotor dan butuh untuk dimandikan. Demikian pula jika anjing kesayangan Anda juga terlihat kurang sehat, sebaiknya bawa saja ke dokter hewan terdekat untuk diperiksakan lebih lanjut. Memelihara hewan termasuk anjing memang butuh kesabaran dan komitmen waktu dalam menjaganya supaya tetap sehat dan bersih. Oleh sebab itu selalu luangkan waktu untuk memperhatikan hal-hal tersebut supaya terhindar dari resiko penyakit yang bisa saja menyerang sewaktu-waktu.

Namun jika Anda masih belum pede memandikannya, tidak ada salahnya Anda membawa anjing peliharaan Anda ke Pet Shop atau Klinik dokter hewan terdekat supaya hewan kesayangan Anda bisa memperoleh layanan dari professional groomer.


Baca juga : Teknik Grooming Anjing yang Simpel dan Direkomendasikan
2 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.