Beginilah Tips Transisi Wet Food Ke Dry Food Untuk Kucing Tepat Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh unsplash


Terdapat banyak sekali alasan yang membuat para pemilik kucing ingin mengganti makanan anabulnya. Salah satu alasan yang cukup masuk akal yaitu untuk meningkatkan kualitas asupan nutrisi menjadi lebih baik lagi. Alasan yang lain adalah dry food yang berbentuk kibble memiliki tekstur dan bentuk yang baik dalam menjaga kesehatan gigi si meong.

Namun terkadang, proses transisi tersebut akan cukup dilakukan terlebih lagi jika kucing anda cukup rewel soal makanan. Nah untuk anda yang ingin mentransisi wet food ke dry food, simak berikut tips transisi wet food ke dry food untuk kucing yang sebaiknya diketahui:


1. Lakukan Proses Transisi Bertahap Dan Perlahan

Sesuai yang telah disebutkan diatas jika memperkenalkan kucing dengan makanan baru harus dilakukan secara bertahap dan perlahan. Usahakan jangan langsung mengganti makanan lama dengan makanan baru karena biasanya hal ini akan berujung pada kegagalan.

Sebaiknya mulailah dengan menambah sedikit dry food kedalam makanan wet food. Anda bisa meletakan makanan kering di dasar mangkuk atau bisa langsung mencampurkannya dengan makanan basah. Selain itu perhatikan juga porsi makanannya, yaitu seperti:

· Hari 1 dan 2 : 75% makanan sebelumnya ditambah 25% makanan baru.

· Hari 3 dan 4 : 50% makanan sebelumnya ditambah 50% makanan baru.

· Hari 5 dan 6 : 25% makanan sebelumnya ditambah 75% makanan baru.

· Hari 7 : 100% makanan baru.

Pastikan anda juga mempertahankan rutinitas pemberian makan kucing yang teratur. Ikutilah waktu makan serta lingkungan makan yang sama persis agar meminimalisir perubahaan serta menjaga kenyamanan kucing selama proses transisi tersebut berlangsung.


foto oleh instagram @kawan.hewan


2. Tambahkan Sedikit Air

Karena kebiasaan memakan makanan basah, kucing anda mungkin akan cukup terkejut ketika mereka memakan makanan kering atau beda tekstur. Nah agar kucing kesayangan anda tidak merasa kaget, maka anda bisa menambahkan sedikit air ke atas makanan tersebut.

Selain bisa mengubah tekstur makanan kering, cara yang satu ini juga dilakukan untuk menjaga kucing anda tetap terhidrasi. Tak hanya itu saja, anda juga bisa menambahkan kaldu hangat yang bisa meningkatkan selera makan dan kandungan nutrisinya.


3. Berikan Makan Secara Langsung

Memberikan makan kucing secara langsung juga menjadi tips transisi wet food ke dry food untuk kucing paling efektif. Namun dalam hal ini anda perlu memperhatikan pemilihan jenis makanan kucing yang akan anda berikan ke anabul kesayangan.

Untuk lebih memudahkan anda dalam transisi ini, anda juga bisa memberikan tantangan yang akan membuat sesi makan menjadi lebih menyenangkan. Misalnya dengan menyebarkan makanan kering tersebut ke beberapa sudut ruangan dan ketinggian yang berbeda. Anda bisa memasukkannya ke wadah kecil yang mudah dijangkau.


Transisi wet food ke dry food untuk kucing memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Namun diharapkan tips-tips diatas bisa membantu anda yang kini masih kebingungan mencari cara agar kucing anda bisa menyukai makanan baru. Tak lupa, pastikan juga anda memilih makanan yang tepat dengan kandungan nutrisi yang seimbang agar kucing kesayangan anda tetap sehat dan tumbuh kembang dengan baik.

Untuk memperoleh tips tips terbaru tentang hewan kesayangan, jangan lupa follow Instagram @kawan.hewan yaa, Semoga bermanfaat!


Baca juga : Si Mpus Mengalami Cat Hairball? Begini Cara Mudah Mengatasinya!
24 views0 comments