Dry Food Dan Wet Food, Mana Makanan Kucing Terbaik Yang Harus Dipilih?


foto oleh unsplash


Saat memutuskan untuk memelihara kucing, ada banyak sekali hal yang perlu anda perhatikan salah satunya adalah cara mencukupi asupan makannya. Sama halnya dengan manusia, kucing juga tentu membutuhkan makan dan minum agar bisa bertahan hidup. Saat anda mempertimbangkan makanan yang akan diberikan kepada kucing, anda pastinya akan mempertimbangkan mana makanan terbaiknya. Dry food dan wet food sudah pasti menjadi dua jenis makanan yang bisa diberikan kepada kucing. Lalu, diantara keduanya, mana yang harus dipilih? Berikut penjelasannya.


Inilah Penjelasan Tentang Dry Food Dan Wet Food, Mana Yang Makanan Terbaik Yang Harus Dipilih?

Banyak sekali pemilik kucing yang masih kebingungan menentukan mana makanan yang baik untuk peliharannya apa itu dry food atau wet food. Nah, jika berbicara mana yang makanan yang baik untuk kucing tentu semuanya juga baik. Misalnya wet food atau makanan basah yang bisa membantu meningkatkan asupan air kucing dan dry food atau makanan kering yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi kucing.


Manfaat Wet Food Atau Makanan Basah Untuk Kucing

Banyak sekali kucing yang tidak mendapatkan asupan hidrasi yang cukup dari minum dan mengandalkan wet food untuk mencukupinya. Seperti telah disebutkan diatas bahwa makanan basah atau wet food sangat bermanfaat untuk membantu menyediakan air tambahan yang akan membuat kucing terhidrasi dengan baik.

Selain itu, makanan basah juga bermanfaat unuk mengurangi masalah kesehatan pada kucing di area seperti saluran kemih dan ginjal. Tak hanya itu saja, wet food juga mempunyai manfaat tambahan yaitu mengeluarkan aroma yang lebih kaya dibandingkan makanan kering sehingga kucing akan lebih memilih makanan jenis ini.

Manfaat lain dari wet food adalah makanan jenis ini biasanya dapat digunakan pada saat kucing sedang dalam masa penyembuhan dari suatu penyakit karena lebih mudah dicerna. Kekurangan dari wet food adalah lebih susah disimpan dan gampang basi jika tidak dikonsumsi.


Baca juga : 11 Tips Menyimpan Wet Food Supaya Lebih Awet

Manfaat Dry Food Atau Makanan Kering Untuk Kucing

Dry food atau makanan kering memiliki berbagai kelebihan salah satunya mudah disimpan serta mudah disajikan. Makanan kering bisa sepanjang waktu berada di mangkuk tanpa membusuk. Hal ini tentu bisa memungkinkan kucing untuk makan sedikit demi sedikit. Makanan kering atau dry food memiliki manfaat untuk kesehatan gigi misalnya mencegah adanya karang gigi pada kucing karena strukturnya yang unik (kibble).

Melihat manfaat dari kedua jenis makanan untuk kucing yaitu dry foof dan wet food tentu saja keduanya sangat penting. Namun, biasanya pemberian ini akan tergantung pada kondisi dan usia kucing. Misalnya anak kucing tidak akan langsung diberikan dry food terlebih dahulu melainkan akan diberikan wet food karena teksturnya yang lembut.

Namun, di Indonesia sendiri banyak sekali pemilik kucing yang lebih memilih untuk memberikan makanan kering dibandingkan makanan basah walaupun dari segi harga tentu lebih murah dry food. Sebenarnya, untuk pemberian dry food dan wet food bisa dikombinasikan jika anda miliki budget lebih. Ada manfaat yang bisa didapat jika anda mencampurkan antara makanan kering dan basah. Manfaat tersebut diantaranya yaitu bisa menekan sifat kucing yang sangat pemilih terhadap makanan dan pastinya bisa membuat kucing anda lebih terpenuhi asupan nutrisinya.


Nah itulah sekilas tentang penjelasan mengenai dry food dan wet food. Jika ditanya mana yang lebih baik sebenarnya tergantung situasi. Karena kedua jenis makanan tersebut akan baik untuk kesehatan kucing jika diberikan dan diolah dengan tepat. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan ras kucing serta usia karena ada beberapa kucing yang alergi terhadap suatu makanan tertentu.

Semoga bermanfaat.

122 views0 comments