9 Jenis-Jenis Ikan Cupang Untuk Hiasan dan Aduan Terbaik 2021


foto oleh pixabay


Percaya atau tidak, memelihara ikan bisa jadi salah satu cara refreshing alami. Ikan cupang bisa jadi salah satu pilihan, karena jenis-jenis ikan cupang sangat beragam dengan keindahan masing-masing.

Sejak dulu, ikan ini sudah jadi salah satu penghias akuarium di rumah. Selain itu juga jadi salah satu ikan yang banyak dijadikan ikan aduan karena karakteristiknya yang kuat, gesit, dan pantang menyerah.


6 Jenis Jenis Ikan Cupang Untuk Hiasan

Sebenarnya banyak jenis ikan cupang yang dijual di pasaran, tapi lima jenis berikut ini terbilang paling banyak dicari oleh pemburu ikan hias indah. Penasaran jenis apa sajakah itu?


- Fancy

Nama fancy diberikan karena warna pada bagian tubuh ikan ini sangat bervariasi. Biasanya terdapat kolaborasi hingga tujuh warna pada tubuh seekor ikan cupang fancy. Karena keunikannya itu, fancy dibanderol cukup mahal apalagi jika ingin diikutsertakan dalam kontes.


- Halfmoon

Jenis ikan cupang halfmoon ini mulai jadi idola kontes di awal tahun 2000an sampai saat ini. Ekornya yang lebar, serta lenggak lenggoknya di air yang elegan membuat ikan ini tergolong mewah. Keunikannya terletak pada sirip ekor yang membentang mengitari bagian tubuh hingga 180 derajat.


- Crowntail

Jenis ini memiliki sirip dengan ujung runcing, sangat beda dengan jenis lainnya. Sekali lihat, Anda akan dibuat terpesona oleh bentuk tubuh dan perpaduan warnanya. Salah satu yang tergolong elegan adalah crowntail berwarna merah gading.


- Half Sun/ Combtail

Ikan ini adalah persilangan antara dua jenis yang punya keunikan bentuk dan karakter, yaitu veiltail dan crowntail. Pantas saja bentuknya terlihat sangat mewah, karena mengadopsi sirip elegan crowntail dan perpaduan warna indah dari veiltail.

Jika dilihat pada daftar Jenis ikan cupang dan harganya, jenis ini termasuk yang cukup mahal namun banyak peminatnya.


- Super Red

Beda dengan jenis lain yang memiliki kolaborasi beberapa warna menarik, jenis ini hanya punya satu warna utama yaitu merah. Sehingga detail tubuhnya jadi terlihat jelas, terutama bagian ekor yang menyerupai kipas dengan sirip di sisi atas dan bawah tubuh mirip rambut terurai yang indah.


- Big Ear

Beda lagi dengan jenis ikan cupang yang mahal tapi benar-benar indah untuk jadi ikan hias ini. Ciri khasnya ada pada sirip bagian telinga yang mirip sayap, ditambah dengan sirip ekor yang mengembang sempurna mirip kipas raksasa.

Walaupun menjadi jenis cupang yang baru saja dikembangkan beberapa waktu terakhir, tapi peminatnya sudah sangat banyak.


3 Jenis Ikan Cupang Untuk Aduan

Ikan cupang juga banyak dijadikan ikan aduan, biasanya digemari anak-anak tapi tak sedikit pula orang dewasa yang sering ikut aduan cupang. Jenis yang bisa dipakai tidak sembarangan, harus punya kekuatan fisik yang maksimal. Tiga jenis yang terkuat dan sering menang aduan adalah:


- Splendens

Dikenal juga sebagai pionir ikan cupang jenis aduan, karena memiliki karakter yang kuat saat berenang dan sirip yang juga berfungsi melindungi tubuhnya saat aduan.


- Akarensis

Jenis ini punya bentuk yang mungil dan kepala kecil. Warnanya cenderung hijau keabu-abuan. Dengan tubuh mungilnya yang hanya maksimal mencapai panjang 5 centimeter ini, menjadikan Akarensis gesit dan mampu mengatasi lawan di depannya.


- Bellica

Adalah jenis selanjutnya yang masuk kategori aduan, panjang maksimalnya jika hidup di alam bebas mencapai 9 centimeter. Sedangkan warnanya meliputi hijau, kuning, dan biru.


Itulah deretan jenis jenis ikan cupang favorit dari para pemburu ikan jenis hias Anda bisa memilih mana yang paling menarik dan sesuai dengan karakter yang ingin Anda hadirkan pada akuarium, maupun saat ikut aduan ikan cupang.


Baca juga : Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Tetap Indah
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.