Ini Dia Tips Agar Kucing Tidak Bosan Yang Wajib Dicoba


foto oleh unsplash


Kucing merupakan salah satu hewan lucu yang mudah untuk dijinakkan. Ada banyak jenis kucing yang kerap dipilih untuk dipelihara di dalam rumah. Sayangnya, tidak banyak orang yang hobi memelihara hewan ini tahu tentang tips agar kucing tidak bosan. Padahal, informasi tersebut sangat penting. Karena jika tidak dilakukan dengan benar maka kucing anda akan stres akibat kebosanan yang tidak teratasi tersebut.

Agar tidak menyebabkan masalah yang serius, seperti stres berkepanjangan hingga berujung pada mogok makan dan sakit. Maka, anda harus benar-benar memahami cara mengatasi kebosanan terhadap hewan tersebut. Jangan khawatir, di dalam artikel ini sudah dirangkum tips yang ampuh dan tentunya akurat.


Berikan Mainan Kesukaan Kucing

Ada beberapa jenis mainan yang sangat digemari oleh kucing anda. Tentunya jika mereka bebas dan leluasa untuk bermain apalagi jika memiliki banyak jenis mainan maka angka stres dan kebosanan akan menurun. Rekomendasi mainan kucing adalah:

Mainan Berupa Tikus Bersuara : bagaimanapun, kucing adalah hewan liar yang memiliki naluri berburu. Terutama, jika mereka melihat sekumpulan atau seekor tikus. Untuk itu, jangan lupa menyenangkan hewan kesayangan anda ini dengan membeli salah satu mainan berbentuk tikus warna-warni yang bisa mengeluarkan suara. Pasti mereka betah bermain seharian.

Bulu dan Lonceng : pernah melihat video dimana sang pemilik bermain dengan kucing peliharaan mereka menggunakan tangkai bulu yang dilengkapi dengan lonceng mini? Kucing sangat tertarik dengan jenis mainan ini, loh.

Boneka Ikan : tidak jauh berbeda dengan mainan berbentuk tikus. Boneka yang unik ini juga akan membuat perhatian sang kucing menjadi lebih terfokus dan terhibur. Boneka ikan yang saat ini banyak dijual di marketplace juga sudah mengandung catnip yang menjadikan kucing lebih tergila-gila pada mainan ini.

Laser LED : sebagai pecinta kucing, bukan hal aneh lagi bagi anda mengetahui bahwa hewan imut ini suka sekali menangkap cahaya atau sinar seperti laser LECy, bukan? Jadi jangan lupa menambah koleksi mainan mereka dengan jenis laser LED ini, ya.


Bebas Memandangi Lingkungan Luar

Walaupun kucing anda mungkin dilengkapi dengan berbagai mainan yang menarik dan unik, tetap saja hewan tersebut harus bisa melihat dunia luar. Caranya? Tidak harus membiarkan hewan ini berkeliaran di luar rumah, kok. Cukup dengan akses jendela saja sudah membuat hewan tersebut senang. Bayangkan jika anda berada di posisi si kucing. Pasti sangat suntuk jika hanya melihat ruangan di dalam rumah saja, kan?

Untuk itu, biarkan mereka agar bisa melihat ke dunia luar melalui kaca jendela. Apalagi jika anda menerapkan sistem kandang dan hewan tersebut tidak leluasa atau tidak diizinkan untuk bermain di luar rumah tanpa anda dampingi. Tentu akses jendela ini akan sangat membantu mengurangi tingkat stres hewan tersebut nantinya.


Arena Bermain dan Cat Shelter

Jangan lupa bahwa salah satu sifat alamiah hewan ini adalah bersembunyi dan berada ditempat yang "aman". Aman di sini diartikan sebagai tempat perlindungan diri mereka. Jadi jangan heran jika banyak pemilik kucing menyediakan cat shelter yang dibuat khusus di ketinggian atau bahkan dibuat dari kertas karton dengan cara sederhana. Yang terpenting mereka bisa merasa tempat tersebut benar-benar miliknya dan aman.

Tidak hanya itu, sediakan juga arena bermain untuk hewan tersebut. Misalnya menempatkan arena untuk mereka bebas menggaruk kuku mereka, yakni scratching post. Sebab, hewan ini sangat gemar menggaruk dan mempertajam kuku mereka. Dan juga, jangan lupa meluangkan waktu agar anda dan kucing anda memiliki waktu bermain bersama. Menjadwalkan bermain bersama hewan ini akan membuat mereka merasa dicintai.

Demikianlah tips agar kucing tidak mudah bosan. Jangan sampai anda telat melakukan tips-tips di atas hingga kucing anda menjadi sakit dan stres, ya!

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.