Tak Hanya Baik Untuk Kesehatan Manusia, Ternyata Inilah Berbagai Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing

Updated: Aug 16


foto oleh pixabay


Sebagai catlovers yang memiliki hewan imut berbulu ini, tentu saja anda selalu memastikan bahwa kesehatan hewan kesayangan anda akan selalu terjamin. Selain memberikan makanan kucing yang kaya akan gizi, anda juga tentu saja bisa memberikan suplemen ataupun vitamin agar kucing kesayangan anda semakin gemuk.

Jika berbicara tentang kesehatan kucing, tahukah catlovers jika kini terdapat banyak sekali suplemen yang tidak hanya dikonsumsi oleh manusia namun baik juga untuk kucing. Sumplemen tersebut tidak lain tidak bukan yaitu minyak ikan.

Ya, jika selama ini kita tahu bahwa minyak ikan banyak dikonsumsi oleh manusia sebagai suplemen yang baik untuk kesehatan tubuh. Ternyata, banyak yang tidak mengetahui jika minyak ikan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kucing. Lalu, apa saja manfaat minyak ikan untuk kucing? Simak ulasannya berikut ini!


Kandungan Nutrisi Dalam Minyak Ikan

Sebelum anda mengetahui tentang apa saja manfaat minyak ikan untuk kucing, tentu ada baiknya jika anda tahu terlebih dahulu mengenai kandungan nutrisi yang terdapat pada suplemen ini. Minyak ikan mengandung dua bahan utama yaitu asam lemak eicosapentoaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA).

Baik itu EPA ataupun DHA merupakan rantai panjang atom kabon serta hidrogen terikat dengan gugus karboksil pada ujungnya. Asam lemak ini juga disebut dengan Omega 3 dikarenakan ikatanan rangkap pertama terjadi setelah atom karbon ketiga. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa Omega 3 pada minyak ikan digunakan dalam beberapa pengobatan penyakit pada hewan.


Lalu, Apa Saja Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing?

Setelahh anda mengetahui apa saja kandungan nutrisi dalam minyak ikan, tentu saja anda penasaran bukan sebenarnya apa saja sih manfaat minyak ikan untuk kucing? Nah, daripada terus menduga-duga, berikut ini beberapa manfaat minyak ikan untuk kucing yang sebaiknya diketahui:


· Melindungi Jantung

Kandungan Omega 3 yang terdapat pada minyak ikan dipercaya bisa membantu meningkatan kesehatan jantung, menormalkan detak jantung yang tidak teratur pada kucing. Tak hanya itu saja, minyak ikan juga bisa bertindak sebagai anti koagulan serta bisa mencegah penggumpalan darah pada kucing yang menderita penyakit jantung.


· Membantu Menghilangkan Kulit Kering Serta Bersisik Pada Kucing

Manfaat minyak ikan untuk kucing selanjutnya yaitu membantu menghilangkan kulit kering serta bersisik pada kucing. Minyak ikaan memiliki zat aktif yang bisa mengurangi rasa gatal ketika kucing mengalami alergi. Kandungan yang terdapat pada minyak ikat bisa melepaskan stimulator peradangan yang cukup kuat yang disebut dengan sitokin.



foto oleh unsplash

· Membantu Memperlambat Perkembangan Penyakit Ginjal Pada Kucing

Anda juga bisa memberikan minyak ikan kepada kucing yang menderita penyakit ginjal. Kandungan yang terdapat dalam minyak ikan bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar protein yang tidak dibutuhkan dalam urin. Tak hanya itu saja, kandungan nutrisi dalam minyak ikan juga bisa mengurangi produksi zat pro-inflamasi yang bisa memperburuk penyakit ginjal.


· Membantu Menyembuhkan Rematik Pada Kucing

Manfaat minyak ikan untuk kucing berikutnya yaitu bisa membantu menyembuhkan rematik pada kucing. Kandungan aktif dalam minyak ikan dapat membantu menurunkan produksi protaglandin kuat yang bisa merangsang peradangan pada sendiri. Anjing ataupun kucing yang menderita rematik lalu diberikan minyak ikan akan lebih terbantu dan gesit dibandingkan dengan anjing maupun kucing yang tidak diberikan suplemen tersebut.


· Meningkatkan Perkembangan Neurologis Serta Fungsi Kognitif

Manfaat minyak ikan untuk kucing yang terakhir yaitu membantu meningkatkan perkembangan neurologi serta fungsi kognitif pada kucing. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa memberikan DHA pada anak kucing bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam belajar serta mempertahankan keterampilan tertentu.

Selain itu fungsi kognitif yang sudah menurun juga bisa diatasi dengan memberikan minyak ikan. Hal ini penting terutama untuk kucing yang telah berumur senior atau tua karena kucing juga dapat mengalami "kepikunan"..


Nah itulah beberapa manfaat minyak ikan untuk kucing yang tentu saja perlu anda ketahui. Jadi, anda tidak perlu ragu lagi untuk memberikan minyak ikan kepada hewan kesayangan anda. Pilihlah minyak ikan yang berkualitas jika perlu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan terdekat agar semakin meyakinkan anda. Bagi petlovers yang tinggal di area gresik, datang saja ke Kawan Hewan Pet Care Expert untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terpercaya dan mendapatkan minyak ikan ini. Semoga bermanfaat.


Baca juga : 12 Kesalahan Pemilik Kucing Sepele Namun Berbahaya