Cara Menghitung Umur Kucing dan Perbandingan Umur Kucing dengan Manusia


foto oleh unsplash


Seperti yang kita ketahui bahwa kucing kerap selalu dijadikan sebagai hewan peliharaan. Menggemaskan dan lucu, menjadi dua sifat yang selalu menjadi alasan mengapa banyak sekali orang yang tertarik untuk memelihara hewan berbulu ini. Bagi anda yang sudah memelihara kucing selama ini, apakah anda sudah tahu berapa umur kesayangan catlovers? Nah, jika belum, simak berikut ini cara menghitung umur kucing paling akurat yang sebaiknya diketahui!


Pentingnya mengetahui Umur Kucing

Umur merupakan salah satu faktor utama yang sebaiknya diperhatikan pada saat memelihara anabul ini. Setiap umur memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah kebutuhan nutrisi. Kucing yang masih muda atau dalam masa pertumbuhan, membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangannya. Sebaliknya kucing yang sudah berusia senior biasanya memiliki kebutuhan yang berbeda karena berbagai risiko penyakit metabolik yang bisa dideritanya.


Sekilas Tentang Umur Kucing

Setiap mahluk hidup yang ada di dunia ini pasti memiliki umur, bahkan tanaman seperti pohon sekalipun memiliki umur juga, lho! Nah, hal tersebut sama juga seperti hewan-hewan misalnya kucing yang anda pelihara.

Bagi manusia menghitung umur menjadi hal yang mudah karena setiap tahun umur kita akan terus bertambah pada saat tanggal kelahiran. Lantas, bagaimana dengan umur kucing? Apakah cara menghitungnya sama seperti manusia?

Pada dasarnya kucing memiliki rentang umur yang berbeda dengan manusia. Satu tahun umur kucing tentu tidak sama dengan satu tahun umur manusia. Sebagai pemilik tentu saja anda perlu mengetahui umur kucing karena seiring bertambahnya umur kucing anda maka akan semakin menurun kondisi kesehatannya.

Kucing menjadi salah satu hewan yang berkembang dan menua dengan cepat. Misalnya saja pada usia satu tahun, anak kucing sudah dewasa sama seperti manusia yang berusia 15 tahun. Terdapat beberapa metode yang bisa memungkinkan anda mengetahui umur hewan kesayangan anda. Penasaran bagaimana cara menghitungnya? Simak ulasannya berikut ini!


Berikut Cara Menghitung Umur Kucing Yang Sebaiknya Diketahui!

Seperti telah disebutkan pada ulasan diatas bahwa perhitungan umur kucing cukup berbeda dengan kalender manusia. Jika anda memiliki kucing yang dirawat sejak bayi atau sejak lahir maka cara perhitungannya tentu cukup mudah. Anda hanya cukup mencatat umur kucing anda seperti umur manusia lalu mengonversikannya ke umur kucing yang sesungguhnya. Berikut cara perhitungannya:

  • Pada tahun pertama maka anda bisa menyamakan dengan 15 tahun manusia. Jadi, jika anda memiliki kucing berusia satu tahun maka umur sebenarnya yaitu 15 tahun.

  • Pada tahun kedua, anda bisa menambahkan 9 tahun pada usia manusia. Jika kucing anda berusia 2 tahun maka usia yang sesungguhnya yaitu 24 tahun.

  • Untuk tahun selanjutnya anda bisa menambahkan 4 tahun manusia. Misalnya jika anda telah bersama kucing anda dari kecil sampai 5 tahun maka umur kucing anda yaitu 36 tahun.

Jika anda memiliki anak kucing yang baru lahir, anda juga tentu bisa memperhatikan tahap perkembangannya terutama dalam 8 minggu pertama. Pada minggu pertama, anak kucing akan lahir dengan mata yang tertutup dan telinga terlipat. Beratnya juga tentu akan sangat mungil hanya sekitar 90 gram. Tiga hari setelah lahir tali pusarnya akan lepas dan setelah satu minggu lahir berat badannya akan mulai bertambah.

Pada usia dua minggu matanya akan terbuka dan gigi susunya mulai terbentuk. Selanjutnya pada minggu ketiga, telinganya terlihat lebih runcing dan mulai menjelajahi lingkungannya. Pada minggu-minggu selanjutnya kucing sudah bisa melihat dengan jelas, gigi dan pendengarannya lebih baik.



foto oleh unsplash


Tak hanya itu saja, anda juga bisa memprediksikan umur kucing dari kondisi fisik serta kelakukan hewan berbulu ini. berikut ini beberapa indikator yang bisa anda gunakan untuk menentukan umur kucing:

1. Gigi

Gigi kucing awal muncul pertama kali saat usianya sekitar 2 sampai 4 minggu. Selanjutnya gigi permanen akan berkembang diatas gigi susu pada umur kucing memasuki 3 sampai 4 bulan. Umumnya semua gigi dewasa akan tumbuh saat usia kucing anda berusia 6 bulan. Jika kucing anda sudah memasuki usia 6 bulan keatas sejumlah noda dan karang gigi akan semakin terlihat.

2. Mata

Selain gigi, indikator yang bisa menentukan umur kucing selanjutnya yaitu mata. Anak kucing dan kucing sehat memiliki mata yang jernih dan cerah tanpa ada robekan atau keluar cairan. Sementara kucing yang usia lanjut matanya cenderung keruh, terdapat robekan dan kotoran. Biasanya kucing dengan kondisi tersebut berusia minimal 10 tahun.

3. Kematangan Seksual

Kucing jantan umumnya mencapai kematangan seksual sekitar 5 bulan. Sementara kucing betina akan mengalami kematang seksual sekitar usia 5 sampai 12 bulan. Kucing betina juga bisa hamil dan melahirkan anak pertamanya di umur 7 ½ bulan.

4. Perkembangan Bulu

Bulu anak kucing yang berusia sekitar 1 bulan akan terasa lebih halus dan lembut. Namun seiring dengan bertambahnya usia, bulunya akan menebal serta menjadi kasar. Saat kucing berusia lebih dari 20 tahun akan tumbuh bulu bercak putih atau abu-abu sama seperti manusia yang beruban.


Nah itulah sekilas tentang cara menghitung umur kucing yang sebaiknya anda ketahui. Sebenarnya masih ada beberapa ciri fisik lain yang bisa Anda perhatikan seperti pada artikel ini. Namun jika Anda masih kesulitan untuk menentukan umur si meong, datang saja ke dokter hewan terdekat. Sebagai contoh bagi cat lovers yang berdomisili di Gresik, Jawa Timur, Anda dapat berkunjung ke Kawan Hewan Pet Expert untuk mendapatkan pemeriksaan secara umum (termasuk penaksiran umur kucing).

Kucing umumnya bisa hidup lama tergantung gaya hidupnya dan tempat hidupnya apakah liar atau dipelihara. Kucing liar hidup sekitar 4-5 tahun dan kucing yang dipelihara hidup sekitar 13-17 tahun. Walaupun demikian tidak jarang kucing peliharaan juga hidup sampai 20 tahun. Mengetahui umur kucing yang kita pelihara saat lahir atau kecil akan lebih mudah dibandingkan kucing yang sudah dewasa anda pelihara. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Tak Hanya Baik Untuk Kesehatan Manusia, Ternyata Inilah Berbagai Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing