Mengenal American Curl, Kucing Unik "Bertanduk"


foto oleh pixabay


Kucing merupakan seekor hewan yang sangat menggemaskan dengan berbagai tingkah lucunya. Oleh karena itu mengapa banyak orang yang memilih kucing menjadi hewan peliharaan di rumah. Tidak sedikit orang yang bahkan merawat kucing hingga belasan ekor karena memang perawatannya yang praktis dan tingkahnya yang menggemaskan.

Terdapat sebuah jenis kucing yang difavoritkan untuk menjadi kucing peliharaan, yakni kucing berjenis American Curl. Mungkin Anda penasaran mengapa kucing jenis ini begitu populer? Berikut ini informasi selengkapnya.


Sejarah American Curl

Jenis kucing american curl ini sebenarnya tidak memiliki sejarah yang khusus sebagai seekor kucing dengan ras yang berbeda. Sebab kucing ini pertama ditemukan pada tahun 1981 yang ditemukan oleh peternak asli Joe dan Grace Ruga. Awalnya peternak ini menemukan seekor anak kucing hitam dengan bulu panjang dan dengan telinga yang keriting.

Tidak perlu menunggu waktu yang lama peternak kucing ini mengembangbiakkan anak kucing yang ditemukannya hingga melahirkan anak kucing dengan telinga yang juga sama. Sehingga pada tahun 1983 peternak kucing semakin berusaha lebih keras untuk membiakkan kucing tersebut secara selektif agar menghasilkan kucing dengan karakter yang sama.

Usaha pembiakan ini akhirnya menemui hasil juga.Roy Robinson, seorang ahli genetik, menyebutkan bahwa gen American curl ini bersifat dominan. Jadi, seekor kucing curl dibiakkan dengan kucing lain maka akan menghasilkan seekor kucing dengan telinga keriting juga. Akhirnya pada tahun 1987 international cat association mengakui kepopuleran dari kucing american curl ini.

Baca juga : Mari Mengenal Organisasi Pecinta Kucing di Indonesia

Ciri-Ciri Fisik

Sebagai seekor kucing yang sangat populer, pastinya harus memiliki daya tarik tersendiri. Kucing ini memiliki berbagai ciri khas yang tidak dimiliki oleh kucing lainnya. Yang menjadi ciri khas dari kucing ini adalah bentuk telinganya yang berbentuk seperti tanduk melengkung dan juga keriting. Dari sinilah nama kucing (curl) ini diambil.

Tidak hanya itu, kucing American curl ini juga memiliki tubuh dengan ukuran yang medium yakni tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil sehingga sangat cocok dijadikan hewan peliharaan. Dari segi bulunya sendiri ada jenis yang berbulu panjang, namun ada juga yang berbulu pendek.

Dari segi karakter kucing ini sendiri menjadi seekor kucing dengan karakter hangat, lembut, dan juga ramah. Selain itu kucing ini juga ternyata sangat loyal serta sangat mudah untuk beradaptasi bahkan dengan orang yang baru dikenalnya. Hal ini menjadikan kucing American curl menjadi hewan yang sangat menyenangkan.


Keunikan

Keunikan paling menonjol dari kucing ini adalah bentuk telinganya yang menyerupai sebuah tanduk rusa yang bergelombang karena telinga kucing ini keriting. Untuk membedakan kucing ini dengan kucing lain, maka Anda bisa melihat telinganya yang melengkung dan keriting. Untuk telinga kucing dewasa akan berbentuk lebih melengkung dengan tekstur keras dan juga sangat kaku.


Cara Perawatan

Sebagai sebuah hewan yang sangat menggemaskan dan sensitif, sehingga Anda harus melakukan perawatan yang rutin terhadap kucing yang Anda miliki. Anda bisa melakukan perawatan bulu dengan cara menyisirnya secara rutin agar bulu tetap bagus dan tidak rontok.

Selain itu Anda juga bisa melakukan pemeriksaan telinga secara rutin dengan cara membuang kotoran telinganya menggunakan kain basah ataupun menggunakan kapas. Dan Anda harus mengingat bahwa Anda sangat tidak dianjurkan menggunakan cutton bud untuk membersihkan telinga kucing. Larangan ini disebabkan oleh struktur telinga kucing bagian dalam ini sangatlah halus sehingga sangat sensitif.


Demikianlah informasi mengenai kucing american curl yang sangat penting untuk Anda ketahui sebagai seorang pecinta kucing. Anda bisa juga membawa kucing american curl ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa dan di-grooming secara rutin. Share ya supaya lebih banyak orang yang mengenal hewan imut ini.