Ciri Kucing Scottish Fold dan Fakta Menariknya


Kucing Scottish fold adalah salah satu ras yang sangat digemari untuk dijadikan hewan peliharaan. Memelihara hewan ini memang merupakan salah satu cara untuk membuat diri terhindar dari stress karena bekerja atau belajar seharian penuh sehingga sangat digemari banyak orang.

Seperti Namanya, Kucing ini berasal dari Skotlandia. Awalnya berasal dari kucing peliharaan dengan telinga terlipat ke dalam yang sangat unik bernama Susie pada tahun 1961. Hingga akhirnya Susie melahirkan anak – anak dengan bentuk telinga sepertinya.

Pada tahun 1966, ras ini mulai didaftarkan ke Governing Council of The Cat Fancy di Inggris kemudian mengalami beberapa kendala karena kupingnya yang terlipat dapat menyebabkan infeksi. Namun, sekarang Scottish fold telah diakui TICA (The International Cat Association) dan CFA (Cat Fanciers Association), serta digemari banyak orang.


Ciri-Ciri Kucing Scottish Fold yang Perlu Diketahui

Ciri yang paling dapat dilihat dari kucing ini adalah bentuk kepalanya. Kepalanya berbentuk sangat bulat dengan telinga terlipat ke bawah seakan menutup. Dengan telinga menutup tersebut tentu membuat kepalanya menjadi terlihat lebih bulat ditambah dengan pipi lebar serta mata bulatnya.

Bulu dari jenis ras ini umumnya sedang, tidak terlalu lebat. Namun pada beberapa jenis, ada yang berbulu lebih panjang. Warnanya beragam, ada warna hitam, cokelat, putih, krem, cameo, hingga seperti biru. Sedangkan polanya yaitu tabby, tricolor, bicolor, smoke, solid, shaded, spots, dan sebagainya.

Postur tubuh yang dimiliki ras ini biasanya lebih bulat dibandingkan kucing biasanya. Pejantan umumnya memiliki bobot sekitar 4 hingga 6 kg, sedangkan betina bisa hingga 7,4 kg. Ukuran kakinya juga menambahkan kesan bulat karena cukup pendek, ditambah keindahan ekornya yang pandang berselimut bulu.


Sifat Kucing Scottish Fold yang Ramah Tamah serta Penyayang

Sifat kucing biasanya berbeda – beda tergantung karakternya, namun secara umum memiliki sifat ramah serta penyayang. Dari sekian banyak ras, ras ini termasuk bersahabat dengan manusia terutama orang terdekatnya. Hal ini menyebabkan kucing jenis ini cocok dijadikan hewan peliharaan di rumah Anda.

Hewan ini juga sangat energik dan aktif sehingga menyukai bermain di ruangan luas. Jangan terlalu lama menyimpannya di dalam kandang, karena bisa menyebabkan stress di ruangan kecil tersebut. Bila terpaksa menyimpannya di kandang, lebih baik memilih kandang dengan ukuran cukup besar.

Kepintaran hewan ini juga termasuk sangat baik sehingga dapat dilatih untuk melakukan beberapa hal dengan mudah. Maka tidak heran banyak orang menyukainya sebagai peliharaan.


Fakta Menarik yang Terdapat pada Scottish Fold

Selain kenampakkan fisik lucu serta sifat ramahnya, ada beberapa hal dari kucing Scottish fold yang menarik perhatian. Hewan ini memiliki kebiasaan aneh yang membuat para penggemarnya merasa gemas. Salah satunya adalah kebiasaan duduknya dengan posisi seperti Buddha.

Ras ini sering kali terlihat di posisi duduk dengan kedua kaki belakangnya lurus ke depan, sedangkan kedua kaki depannya ditempatkan di bagian perut. Tentu sangat lucu melihatnya duduk seperti itu, ditambah badan dan wajah bulatnya.


Rentan infeksi dan kutu pada telinga

Selain itu, fakta lain mengenai kucing ini adalah telinganya yang tertutup ternyata dapat memicu infeksi dan kutu. Bahkan bila dibiarkan dapat menimbulkan ketulian. Cek cara mudah membersihkan telinga kucing berikut ini ya! Para pakar mengatasinya sehingga genetiknya diperbaiki caranya mengawinkan dengan british shorthair serta American shorthair.

Kucing asal Skotlandia ini memiliki banyak keunikan sehingga tidak heran banyak pula penggemarnya. Bila Anda adalah salah satunya atau sedang berencana memeliharanya, pastikan mengenali ciri tersebut terlebih dahulu. Kemudian rawatlah dengan baik agar kucing Scottish fold dapat tumbuh sehat.

Jangan lupa bawalah ke dokter hewan terdekat untuk memeriksakan kondisi kesehatanya secara rutin. Hal ini diperlukan karena bentuk telinganya yang rentan terhadap infeksi. Share artikel ini ya agar lebih banyak pemilik kucing Scottish fold lebih tahu tentang kucing kesayangannya.


Simak kisah dari kucing asal inggris lainnya ya: Kucing British Short Hair, Lucu, Gemas dan Unik