Asal Usul Sejarah dan Informasi Mengenai Anjing Shiba Inu


foto oleh unsplash


Jika mendengar namanya, pasti Anda sudah bisa menebak bahwa anjing Shiba Inu adalah anjing yang berasal dari negeri Sakura. Memang, anjing ini adalah salah satu hewan peliharaan yang populer di sana. Anjing ini sangat disarankan jika Anda membutuhkan anjing yang pintar, setia dan memiliki ukuran sedang yang menggemaskan. Jenis anjing ini memiliki bulu halus, tebal yang menarik perhatian.


Asal Usul dan Sejarah Shiba Inu

Sebelum membahas lebih lanjut tentang anjing Shiba ini, ada baiknya anda mengenali terlebih dahulu bagaimana informasi sejarah serta asal-usulnya. Anjing Shiba adalah salah satu jenis anjing kuno yang ada di negara sakura. Bahkan, dari beberapa dekade, anjing ini tergolong salah satu ras yang amat disukai dan populer di negaranya. Anjing ini termasuk kedalam 6 ras anjing yang paling banyak dipelihara.

Jika meninjau dari sejarah penanamannya, maka Inu adalah kata yang bermakna anjing dalam bahasa Jepang. Sedangkan Shiba diartikan sebagai kayu bakar yang berbentuk semak-semak. Ada beberapa teori yang mengungkapkan asal-usul nama Shiba ini. Kumpulan teori tersebut adalah:

● Penamaan anjing ini didapatkan karena anjing tersebut sangat suka sekali menerobos semak-semak yang tidak terlalu tinggi ketika diajak untuk menemani manusia berburu.

● Teori lainnya menyebutkan tentang warna bulu anjing ini yang berwarna coklat kemerah-merahan. Warna ini seperti warna kumpulan semak kayu bakar yang tersapu sinar matahari.

● Shiba juga bisa diartikan sebagai tubuh yang mungil atau kecil. Arti bahasa ini mengacu kepada bahasa Jepang kuno.

Berdasarkan penelitian tentang analisis DNA dan penemuan kerangka anjing di masa lampau. Peneliti memperkirakan anjing ini merupakan salah satu ras anjing kuno yang sudah beradaptasi dengan para manusia. Jenis anjing ini seringkali diajak untuk berburu hewan-hewan di hutan seperti kelinci dan burung liar. Jadi tidak mengherankan jika ras anjing ini sampai sekarang masih dipelihara banyak orang.


Ciri Khas dan Sifat

Untuk lebih mengenal tentang ras hewan peliharaan yang satu ini, ada baiknya Anda mengetahui apa ciri-ciri hewan tersebut, yaitu:

● Tubuhnya berukuran sedang dan terlihat memanjang dan pola corak bulunya menyerupai hewan rubah.

● Rata-rata tinggi hewan peliharaan ini ketika berusia dewasa adalah 33 hingga 46 cm.

● Anjing ini memiliki berat rata-rata saat dewasa mencapai 8 hingga 10 kg.

● Warna bulunya adalah kecoklatan dengan campuran merah, kemerahan dan kehitaman.

Sedangkan untuk sifat, ada beberapa tanda yang bisa Anda lihat, yakni:

● Penuh energi, periang dan ramah.

● Sangat suka tantangan, menyukai aktivitas mandiri maupun latihan yang dipimpin oleh pelatih profesional.

● Jika dibiasakan semenjak dini, hewan ini bisa dengan mudah beradaptasi dan berinteraksi dengan hewan lainnya.

● Memiliki kemampuan mengingat yang sangat tajam, bahkan untuk detail yang kecil dan sepele sekalipun.

● Sangat waspada terhadap perubahan lingkungan dan aktivitas mencurigakan.

● Anjing ini memiliki kecerdasan di atas rata-rata sehingga bisa dilatih untuk berbagai latihan lanjutan oleh tenaga ahli.

● Memiliki insting yang tajam dan rasa ingin tahu yang sangat besar.

Biasanya, penduduk di Jepang sering menggunakan ras anjing ini untuk anjing penjaga. Sebab, anjing Shiba Inu memiliki sifat yang sangat bertanggung jawab atas keselamatan dan keutuhan kelompoknya. Jadi, tidak mengherankan juga jika sering diajak berburu untuk menemani manusia.

Sayangnya, jika anda memiliki anak kecil atau bahkan bayi, anda sangat disarankan memberikan batasan bagi ras anjing ini. Hal ini perlu diperhatikan karena anjing Shiba Inu terkadang tidak mengerti batasan dalam bermain dengan balita dan bayi sehingga menyebabkan anggota keluarga terluka. Walaupun kecenderungan untuk menggigit tergolong kecil jika tidak ada ancaman. Namun, karena sifatnya yang sangat suka bermain, berinteraksi dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Maka, disarankan melatih dengan baik jika Anda memiliki anak-anak di rumah.

Jangan lupa memeriksakan anjing shiba inu ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan rutin ya. Jangan lupa berikan vaksin rabies agar lebih aman dalam memelihara anjing lucu ini. Sekian informasi mengenai ras Shiba ini, semoga bermanfaat.

79 views0 comments