Mengenal Anjing Beagle: Ciri, Fakta Menarik dan Jenisnya


foto oleh unsplash


Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara untuk mengusir kesepian. Jika masih bingung memilih, anjing beagle bisa jadi pilihan yang tepat. Tentu sebelum mengadopsinya, Anda perlu mengenal anjing beagle terlebih dahulu.

Selain lucu dan menggemaskan, ternyata ia memiliki beberapa ciri-ciri unik yang menarik. Simak selengkapnya di bawah ini.


Ciri-ciri Anjing Beagle

Anjing beagle memiliki ciri khas moncong panjang berbentuk persegi. Matanya relatif besar untuk ukuran anjing. Warnanya yang coklat atau hazel membuatnya menjadi semakin menggemaskan. Telinganya panjang dan menggantung, akan berkibar saat ia menggelengkan kepala.

Hidungnya hitam. Kakinya ideal dan tubuhnya kekar serta kuat. Suaranya terdengar begitu lucu. Bulunya licin yang agak kasar, biasanya berwarna hitam atau putih. Namun ada juga warna anjing beagle lain seperti merah, biru orange maupun lemon.

Anjing beagle betina bisa memiliki berat sembilan sampai dengan sepuluh kilogram. Sedangkan jantan bisa mencapai sepuluh hingga sebelas kilogram. Untuk tinggi keduanya juga tidak jauh beda, tapi anjing beagle jantan lebih tinggi 41 cm dibandingkan 36 cm.

Untuk umur, anjing beagle memiliki usia yang tidak begitu panjang. Umur anjing jenis ini hanya bisa mencapai batas dua belas hingga lima belas tahun. Jika sehat, beagle bisa lebih dari itu.


Fakta Menarik tentang Beagle

Selain mengetahui ciri-cirinya, fakta menarik tentang anjing Beagle juga tak kalah menarik disimak.


1. Kepribadian Hangat

Seperti dikatakan di awal bahwa anjing beagle cocok untuk dijadikan sahabat. Anjing beagle besar sangat menyayangi anak-anak. Ia perhatian dan juga bersikap manis. Ini semua tidak lepas dari bawaan bahwa anjing beagle punya olah emosi yang sangat baik.


2. Suka Olahraga

Tak seperti kebanyakan manusia saat ini yang malas olahraga, anjing beagle justru menyukainya. Setidaknya, seekor anjing beagle harus berjalan selama tiga puluh menit setiap harinya. Jika ini tidak terpenuhi, malah ia akan gelisah karena tidak dapat menyalurkan energi tubuhnya yang berlebih.


3. Butuh Waktu Melatih Panjang

Anjing beagle termasuk jenis yang membutuhkan waktu lama untuk melatihnya. Maka si empunya perlu bersabar.


4. Bisa Jadi Sahabat Baik

Karena karakter anjing beagle yang sangat baik, tentu ia bisa jadi teman baik. Walaupun dulunya anjing ini dikembangkan sebagai anjing pemburu, karakternya sangat cocok untuk menjadi teman bermain dan berkejaran.


Jenis Anjing Beagle

Setelah mengenali ciri dan fakta menarik, ini dia beberapa jenis beagle yang juga perlu diketahui:


1. Afghan Hound

Anjing jenis ini adalah jenis anjing beagle dari negara Afghanistan, seperti sepenggal di namanya. Biasanya, jenis ini dimanfaatkan sebagai pemburu. Afghan Hound termasuk pelari cepat dan perburuannya sangat akurat.


2. Foxhound

Anjing Beagle jenis ini sangat sensitif pada banyak aroma. Akan sedikit sulit memanggilnya di ruangan terbuka saat berjalan-jalan bersama karena doggie jenis ini tertarik pada aroma-aroma di sekitarnya. Foxhound sangat aktif sehingga tidak bisa berdiam di dalam ruangan dalam waktu yang lama.


3. Basset Hound

Kalau beagle jenis yang satu ini cukup terkenal. Tubuhnya pendek, air mukanya terkesan sedih, membuatnya mudah diingat. Anjing yang masih keturunan saint hubert hound ini berasal dari Prancis.


4. Greyhound

Terakhir, Greyhound, si cepat. Kaki yang panjang dan tubuhnya yang ramping mampu mendukungnya berlari kencang. Anjing Beagle jenis ini bisa berlari dengan kecepatan empat puluh lima mil per jamnya. tak heran jika Greyhound sering digunakan sebagai anjing balap.


Itu dia beberapa poin untuk mengenal anjing beagle. Informasi ini hanya sebagai pengantar awal, karena semua hal tentang beagle lebih mudah dipahami saat sudah melihat dan memeliharanya secara langsung. Share ya supaya lebih banyak yang tahu tentang anjing beagle.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.