• admin

Dibalik Tingkah Lucunya, Inilah Sekilas Tentang Anjing Chow Chow Yang Tak Banyak Orang Tahu!


foto oleh pixabay


Seperti yang kita tahu bahwa anjing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipilih sebagai hewan peliharaan. Saat ini ada banyak sekali jenis anjing yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan salah satunya yaitu anjing chow chow. Anjing ini berasal dari Tiongkok seperti Anjing Shih Tzu. Hewan ini juga merupakan salah satu jenis anjing tertua di dunia. Dibalik tingkahnya yang lucu serta setia, tentu ada fakta menarik lainnya tentang hewan yang satu ini. Penasaran apa saja? Berikut sekilas tentang chow chow yang tak banyak diketahui.


Asal Usul Anjing Chow Chow

Sesuai yang telah disebutkan diatas, anjing ini berasal dari Tiongkok dan merupakan anjing tertua di dunia. Zaman dulu, hewan yang satu ini sering dijadikan sebagai hewan penarik gerobak, sebagai penjaga ternak dan bahkan menjadi bahan makanan. Sementara untuk saat ini, chow chow memang selalu dijadikan sebagai hewan peliharaan saja karena tidak bisa disangkal bahwa hewan ini memiliki fisik dan karakter yang unik.

Walaupun asal-usulnya belum diketahui secara pasti, chow chow merupakan jenis keturan anjing yang udah tua. Anjing satu ini bisa dikatakan hampir berkaitan dengan Chinese Shar-Pei yang keduanya berasal dari China dan memiliki ciri khas sama yaitu memiliki mulut berwarna hitam dan biru.


Ciri Fisik Anjing Chow Chow

Chow Chow memiliki ciri fisik hampir sama seperti singa ataupun beruang dimana bulunya sangat lebar serta berwarna cokelat terang. Untuk postur tubunya sendiri bisa dikatakan cukup besar bahkan bongsor. Berat badan seekor Chow Chow jantan bisa mencapai 25 hingga 32 kg sementara betina bisa mencapai 20 hingga 27 kg.

Ciri lainnya terlihat dari warna lidahnya dimana warnanya terlihat biru serta hitam. Chow Chow memiliki sifat tempramental dan mudah curiga terutama kepada orang asing. Berbekal sifatnya tersebut, maka tentu saja anjing ini sangat pas dijadikan sebagai hewan pelindung atau penjaga. Namun tentu saja jika dilatih dengan tepat, Chow Chow juga bisa menjadi sahabat yang baik karena sifatnya yang sangat setia kepada tuannya.

Dari penampilannya, seringkali banyak sekali orang yang mengira bahwa hewan yang satu ini merupakan anjing galak. Namun tentunya, anjing ini tidak bertingkah seperti itu jika dilatih dengan tepat serta penuh kesabaran. Hewan yang satu ini bisa berubah menjadi anjing yang santun, menggemaskan dan baik.

Jika dari berat badannya Chow Chow bisa hampir seberat anak-anak. Lain halnya dengan tinggi dari anjing yang satu ini. Chow Chow memiliki tinggi sekitar 48 hingga 56 cm sehingga anjing ini tergolong anjing yang cukup besar. Chow Chow juga memiliki 2 type bulu yaitu rambut panjang dan rambut pendek. Namun kini memang banyak orang yang memelihara Chow Chow rambut panjang karena lebih menggemaskan.


Lalu, Bagaimana Cara Merawat Anjing Chow Chow?

Untuk perawatannya, sebenarnya anjing yang satu ini tidaklah sulit. Anda perlu memperhatikan kesehatan tubuhnya terutama bulunya. Anda harus rutin melakukan grooming teratur agar bulu atau rambutnya tetap terjaga serta indah. Lakukan hal ini pada saat cuaca panas serta kelembapan tinggi.

Selain itu, sesekali anda juga bisa memberikan pakan alternatif seperti nasi dengan rebusan daging. Intinya dalam perawatannya anda harus memperhatikan asupan nutrisi yang dimakan dan mengaturnya. Anda juga bisa mengajak Chow Chow untuk berjalan santai secara rutin. Anda juga disarankan untuk secara berkala membawa Chow Chow ke dokter hewan terdekat untuk memeriksa kesehatannya.


Itulah Sekilas tentang anjing Chow Chow yang tak banyak diketahui. Bagaimana? Tertarik untuk memeliharanya?


Baca juga : Waspada! Inilah Makanan Yang Berbahaya Bagi Anjing Wajib Dihindari
18 views0 comments