Ketika Bertemu Anjing Galak


foto oleh unsplash


Apa yang harus Anda lakukan ketika bertemu dengan anjing galak? Sebagian dari kita pastinya akan merasa bingung jika berada dalam kondisi tersebut. Apalagi anjing galak tersebut adalah anjing liar yang memang belum jinak dengan manusia atau anjing peliharaan namun tidak ada pemiliknya.

Kita mungkin juga akan merasa sangat panik sehingga melakukan beberapa gerakan spontan yang justru akan merugikan diri kita sendiri. Salah satunya adalah berlari secepat mungkin. Namun, tahukah Anda? Jika Anda berlari, anjing tersebut justru akan semakin terprovokasi untuk mengejar kita.

Nah, ini dia beberapa tips ketika bertemu anjing galak yang mungkin bisa Anda jadikan salah satu referensi ketika berhadapan dengan kondisi tersebut :


1. Jangan panik

Tips ketika bertemu anjing galak yang pertama adalah jangan panik. Rasa panik tersebut malah bisa membuat Anda tak bisa berpikir dengan jernih. Tenangkanlah diri Anda sambil berusaha bersikap santai.

Jangan terburu-buru membuat sebuah gerakan yang justru akan semakin memprovokasi anjing tersebut. Aturlah rasa takut Anda, hewan seperti anjing bisa merasakan bahwa manusia tersebut ketakutan. Sehingga Anjing tersebut bisa lebih berani.

Untuk mengendalikan rasa takut, Anda bisa menarik nafas dalam-dalam dan menanamkan poin penting dalam pikiran Anda bahwa semua akan baik-baik saja. Dengan bersikap kalem dan tenang, Anda akan lebih mudah menjalankan langkah langkah selanjutnya.

Jika ada pemilik dari anjing itu, cukup beritahukan kepada pemiliknya bahwa Anda tidak ada niat buruk dan meminta dengan baik baik agar anjingnya tidak menyerang dan atau menyalak dengan keras ke Anda.


2. Jangan lari dan jalan secara santai

Langkah penting selanjutnya adalah jangan lari dan berjalanlah sembari berbalik arah dengan santai. Dengan berjalan santai, maka anjing tersebut akan kehilangan minatnya untuk mengejar Anda.

Banyak orang yang terkadang memilih berlari saat ada anjing galak. Namun, tahukah Anda? Bahwa sekencang apapun Anda berlari anjing tersebut masih bisa menyusul Anda dengan cepat. Jadi, berlari ini adalah hal yang sangat tidak direkomendasikan.


3. Jangan bertatapan secara langsung dengan anjing tersebut

Tips ketika bertemu anjing galak ketiga adalah jangan menatap mata anjing secara langsung (baik ketika anda sudah menjalankan langkah kedua atau belum).

Bertatapan mata bisa saja dianggap sebagai sebuah tantangan menurut anjing tersebut. Sehingga anjing tersebut akan semakin terprovokasi untuk mengejar Anda.

Anda bisa menghindari tatapan mata langsung dengan anjing tersebut. Namun, Anda tetap harus mengawasi anjing tersebut ya.


4. Alihkan perhatian anjing tersebut

Langkah berikutnya adalah mengalihkan perhatian anjing tersebut. Semisal saja, ada ranting pohon atau benda lainnya. Kamu bisa mengambilnya dan melemparnya ke arah yang berlawanan.

Ketika perhatian anjing tersebut terfokus pada benda tersebut dan berlari mengejarnya. kamu bisa pergi dari tempat tersebut sesegera mungkin. Namun tetap berjalan dengan tenang ya!


5. Berlindung di tempat yang tak bisa dijangkau anjing tersebut

Tips berikut adalah berlindung di tempat yang tak bisa dijangkau oleh anjing tersebut. Contohnya saja adalah dengan baik ke tempat yang lebih tinggi. Semisal, pagar ataupun pohon.

Karena anjing tak bisa memanjat, maka cara ini akan membuat Anda aman untuk sementara waktu.

Jika langkah-langkah tersebut gagal dan anjing galak masih menyerang Anda, Anda dapat memukul atau menyerang anjing galak di titik lemahnya. Salah satu titik lemah anjing adalah di bagian hidung. Pukulan tidak terlalu keras di bagian hidung dapat menimbulkan rasa sakit dan semoga anjing tersebut tidak menyerang Anda lagi. Namun, tetap cara terbaik adalah menghindari konflik.

Itulah 5 Tips Ketika Bertemu Anjing Galak. Anda juga bisa meminta bantuan orang yang ada di sekitar Anda untuk mengusir anjing galak tersebut dan yang paling penting jangan panik. Rasa panik hanya akan membuat Anda bertindak gegabah. Yang pada akhirnya justru merugikan diri Anda sendiri.


Semoga bermanfaat.

12 views0 comments