Sejarah & Keunikan Anjing Basenji ‘Anjing Tanpa Gonggongan’


foto oleh petfinder.com


Anjing Basenji lebih dikenal sebagai anjing “tanpa gonggongan’ yang menarik sebagai teman baik. Tetapi sebelum memeliharanya, ketahui berbagai fakta tentang anjing ras basenji ini.

Mulai dari asal usul ditemukannya sampai ciri-ciri dan kepribadiannya yang unik.


Sejarah Anjing Basenji

Kemungkinan, Anjing basenji merupakan salah satu ras anjing peliharaan tertua yang tidak menggonggong. Kalaupun menggonggong, itu hanya sekali dan akan diam setelahnya.

Ras anjing basenji ditemukan pada ke-19 di wilayah Kongo, Afrika Barat. Diimpor pada tahun 1930-an ke Inggris dan Amerika Serikat.

Namun kemudian pada tahun 1940-an, tidak banyak yang memelihara dan mengembangbiakkannya. Sampai akhirnya pada tahun 1980, anjing ini dikabarkan hampir punah.

Bukan tanpa alasan, karena disebutkan bahwa ini akibat penyakit keturunan yaitu sindrom fanconi.


Ciri-Ciri Anjing Basenji

Berikut ciri-ciri anjing basenji:

● Tubuh agak kecil

● Tengkorak datar dan panjang

● Kaki, ujung ekor, dan dada berwarna putih

● Moncong bulat

● Tinggi anjing basenji sekitar 40-43 cm

● Berat 10-11 kilogram

● Bulu halus dan pendek

● Warna bulu: Coklat, hitam, hitam dan coklat, serta coklat kemerahan.

Karakter anjing basenji sebagai hewan peliharaan:

● Pandai

● Senang bermain

● Pengasih

● Mudah penasaran

● Pendiam


Keunikan Anjing Basenji

Anjing basenji memiliki kepribadian yang menarik dan tergolong hewan yang sangat aktif.

Sebagai jenis anjing pemburu, beberapa jenis anjing ini membutuhkan bentuk olahraga yang lebih antusias dari sekadar jalan-jalan.

Jika Anda tinggal di lingkungan apartemen, gunakan tali dan ajak jalan-jalan atau bermain setidaknya 30 menit setiap hari. Anjing yang merupakan seniman pelarian yang ulung ini jangan dibiarkan berada di area tidak berpagar.

Namun bukan berarti Anda harus membuatkan jenis pertahanan yang unggul. Karena hewan ini sangat cerdik untuk menggunakan segala cara supaya bisa keluar.

Selain siklusnya yang hanya sekali dalam setahun, berikut fakta menarik lainnya dari anjing basenji:


Teman Berburu

Basenji dibekali akal dan kecerdikan luar biasa sehingga sangat terampil untuk diajak berburu pada masanya. Saat berburu, dia akan menggunakan penciuman, penglihatan serta kemampuan berlarinya yang mengesankan.

Terlebih lagi, zaman dahulu orang lebih suka berburu dengan anjing yang pendiam. Namun anjing ini tidak hanya diam, dia cukup sigap menangkap hewan buruan yang larinya cukup cepat. Contohnya seperti, kelinci dan tupai.

Sebagai teman berburu yang baik, anjing pintar dan patuh ini akan memberi peringatan ketika ada hewan berbahaya.


Tidak Suka Basah

Jangan mengantar anjing ini bermain basah-basahan kecuali saat hari sedang sangat panas. Karena dia tidak suka hujan dan cenderung menjadi pemarah saat tubuhnya basah.


Sangat Sulit Dilatih

Jangan berpikir anjing pendiam ini akan selalu mematuhi semua perintah pemiliknya. Butuh waktu dan kesabaran jika Ada ingin membuatnya melakukan yang tidak diinginkan.


Suka Kebersihan

Sebagai jenis anjing paling setia seperti halnya kucing, basenji juga sangat menjaga kebersihan. Tidak salah jika dijuluki sebagai anjing paling mandiri dengan pemeliharaan yang mudah.

Ras anjing ini tidak terlalu manja dan bisa melakukan banyak pekerjaan sendiri. Bahkan dia selalu menjaga kebersihan bulu dan cakarnya.


Sangat Sulit Ditangkap

Sebagai pelari ulung, anjing basenji memiliki kecepatan berlari yang luar biasa dan sangat mengesankan. Merupakan salah satu alasan anjing ini disebut sebagai hewan pemburu.

Menarik bukan fakta seputar anjing basenji ?

Anjing basenji akan menjadi teman yang sangat baik karena mampu membentuk ikatan yang kuat dengan pemiliknya. Mampu menjadi anggota keluarga yang hebat, penuh kasih, dan berbulu.

Nah itulah sekilas tentang anjing basenji, ibarat lebah yang tak mempunyai sengat anjing ini boleh dibilang tidak menggonggong. Mungkin cocok jika Anda khawatir tetangga Anda terganggu oleh bunyi gonggongan anjing.

Semoga bermanfaat.