Inilah Berbagai Manfaat Mengajak Anjing Jalan-jalan Bersama


foto oleh unsplash


Anda memiliki anjing peliharaan di rumah? Seberapa seringkah Anda membawa anjing peliharaan Anda ke luar rumah untuk sekedar jalan-jalan santai?

Ternyata, membawa anjing untuk berjalan-jalan membawa banyak sekali membawa manfaat positif lho. Baik untuk diri Anda sendiri ataupun untuk anjing peliharaan Anda. Jadi, sebaiknya Anda mulai meluangkan sedikit waktu Anda untuk membawa anjing milik Anda berjalan-jalan sejenak.

Tak perlu membawa anjing Anda ke tempat yang jauh. Cukup ke area yang dekat dengan rumah ataupun ke taman terdekat. Nah, berikut ini Manfaat Mengajak Anjing Jalan-Jalan yang harus Anda ketahui :


1. Quality Time

Quality Time adalah waktu yang berkualitas untuk kita habiskan. Menghabiskan waktu berkualitas ini tidak hanya bisa dilakukan bersama dengan pasangan, keluarga atau kerabat saja. Anda bisa melakukannya dengan hewan peliharaan atau anabul Anda. Salah satunya adalah anjing.

Dengan ini pula, Anda juga bisa melatih ikatan batin (bonding) antara Anda dengan anjing kesayangan Anda.


2. Meminimalisir resiko stress pada anjing

Manfaat Mengajak Anjing Jalan-Jalan kedua adalah meminimalisir resiko stress pada anjing peliharaan Anda.

Seperti yang kita semua ketahui, bahwa anjing adalah salah satu jenis hewan yang aktif dan senang bermain bersama dengan pemiliknya. Beberapa jenis anjing bahkan perlu menyalurkan energi nya secara rutin.

Dengan mengajak anjing peliharaan Anda berjalan-jalan beberapa menit setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Maka, anjing Anda akan merasa lebih senang. Hal ini, juga bisa menjadi salah satu sarana refreshing bagi Anda serta anjing Anda. Apalagi setelah berada di rumah seharian suntuk.


3. Mengenalkan lingkungan yang baru pada anjing

Manfaat Mengajak Anjing Jalan-Jalan ketiga adalah mengenalkan lingkungan sekitar pada anjing tersebut. Pada dasarnya anjing adalah hewan yang pintar serta mampu mengenali tempat dengan cepat.

Dengan membawa anjing Anda jalan-jalan ke lingkungan sekitar sesekali maka anjing Anda juga bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Sebagai langkah awal. Anda bisa memilih rute jalan yang kondusif, asri serta tak memiliki banyak rintangan seperti adanya sekumpulan anjing liar dan sebagainya.


4. Melatih fisik anjing

Manfaat Mengajak Anjing Jalan-Jalan keeempat adalah melatih fisik anjing itu sendiri. Jika di dalam lingkungan rumah anjing Anda tak bisa bergerak dengan bebas karena batasan tempat. Maka, anjing Anda bisa bergerak dengan lebih leluasa di lingkungan luar.

Mengajak anjing jalan-jalan juga bermanfaat sebagai latihan kardio ringan bagi anjing tersebut, mengurangi potensi obesitas karena anjing kurang gerak, melatih otot serta persendian serta menjaga anjing Anda tetap sehat dan bugar.


5. Meningkatkan mentalitas anjing

Manfaat terakhir adalah meningkatkan mentalitas anjing. Jika anjing anda telah terbiasa berjalan-jalan di lingkungan luar. Maka, mentalitas anjing tersebut juga akan lebih terasah. Hewan tersebut tak akan mudah merasa takut. Selain itu, anjing juga bisa lebih menurut terlebih ketika Anda melatihnya.


Itulah beberapa Manfaat Mengajak Anjing Jalan-Jalan yang bisa kita bahas kali ini. Dengan mengajak anjing Anda berjalan-jalan sejenak maka akan Anda banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ke depannya.

Anda bisa mengajak anjing anda jalan-jalan di pagi atau di sore hari sembari jogging atau bahkan pergi ke suatu tempat yang dekat. Anda juga bisa membawa tali hewan ya agar lebih mudah mengontrol pergerakan anjing Anda. Oh ya jangan lupa, dengan mengajak anjing jalan-jalan Anda juga sekalian berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.