• admin

Inilah Fakta Menarik Tentang Anjing Mastiff Tibet, Penjaga Terbaik Sepanjang Masa


foto oleh idntimes.com


Selain kucing, anjing menjadi salah satu hewan yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh manusia. Selain sifatnya yang terkenal setia, banyak yang memutuskan untuk memelihara hewan berbulu ini sebagai hewan penjaga. Jika anda sedang mencari anjing penjaga, maka Anjing Mastiff Tibet bisa menjadi jawabannya.


Mengenal Anjing Mastiff Tibet

“Penjaga yang baik” memang pantas di nobatkan pada ras anjing yang satu ini. Anjing Mastiff Tibet merupakan ras anjing yang memiliki postur tubuh besar dan bulu yang lebat seperti singa. Walaupun namanya masih sedikit asing di telinga, namun Mastiff Tibet memiliki penggemarnya sendiri.

Anjing Mastiif Tibet merupakan salah satu anjing ras yang telah dikembangkan ratusan tahun yang lalu di wilayah asalnya yaitu Tibet. Di negara asalnya, anjing ini selalu digunakan oleh suku-suku lokal Himachal Pradesh sebagai anjing penjaga untuk melindungi domba dari pemangsa.

Mastiff Tibet menjadi anjing ras terbesar serta paling protektif di dunia yang rata-rata hidupnya sampai usia 12-15 tahun dengan bobot kurang lebih 70 kg. Walaupun besar, namun anjing ini sangat lincah, kuat dan juga cepat sehingga inilah yang menjadi pembeda dengan anjing ras lainnya.

Dibalik postur tubuhnya yang besar dan gagah, terdapat fakta-fakta menarik tentang anjing Mastiff Tibet yang tidak boleh anda lewatkan. Apa saja fakta-fakta menariknya? Simak berikut ulasannya!


Berikut Fakta Menarik Tentang Anjing Mastiff Tibet Yang Sebaiknya Anda Ketahui!

Terdapat beberapa fakta menarik dari anjing dengan tinggi bisa mencapai 33 inci ini. Penasaran apa saja fakta-fakta menariknya? Simak berikut ini beberapa fakta dari anjing Mastiff Tibet:

1. Memiliki Bulu Tebal Pada Bagian Leher

Fakta menarik pertama yang dimiliki anjing Mastiff Tibet yaitu pada bulunya yang sangat tebal terutama pada bagian leher. Dengan bulunya yang tebal dan lebat ini, sekilas akan terlihat seperti singa jantan. Dengan kondisi alam daerah Tibet yang dingin, bulu merupakan salah satu cara agar dapat bertahan hidup. Selain itu, bulu lebat dan tebal pada bagian leher ini juga yang membuat anjing Mastiff Tibet terlihat gagah dan sangar.

2. Membutuhkan Waktu Lama Untuk Dewasa

Selain memiliki bulu yang tebal pada bagian leher, Mastiff Tibet juga merupakan anjing ras dengan rentang hidup yang panjang yaitu 15 tahun. Namun walaupun demikian, anjing jenis ini membutuhkan waktu cukup lama untuk menjadi dewasa. Secara fisik, anjing Mastiff Tibet membutuihkan waktu 4 sampai 7 tahun untuk menjadi dewasa secara fisik.

3. Sabar Dan Bisa Diandalkan

Sangat berbanding terbalik dengan tampilannya yang sangar dan gagal, ternyata anjing Mastiff Tibet merupakan anjing penyabar. Mereka bisa mengendalikan situasi kritis dengan baik dan bisa diandalkan. Namun walaupun termasuk kedalam anjing penyabar, tentunya anda jangan sampai sengaja memprovokasinya ya!

4. Penjaga Yang Baik

Anjing Mastiff Tibet mempunyai naluri untuk selalu menjaga wilayahnya dengan baik terlebih lagi ketika malam hari. Walaupun ketika siang hari anjing ini terlihat malas, namun sebenarnya mereka sedang menghemat energi untuk patroli pada malam hari. Naluri ini tentu saja merupakan sifat bawaan dari lahir.

5. Menyukai Cuaca Dingin Dan Didalam Ruangan

Walaupun dikenal sebagai penjaga yang baik, namun Anjing Mastiff Tibet lebih suka berada didalam rumah bersama dengan pemiliknya dibandingkan menghabiskan waktu di luar rumah. Tak hanya itu, mereka juga sangat menyukai cuaca dingin.

6. Anjing Yang Patuh Dan Tangguh

Anjing Mastiff Tibet merupakan anjing yang patuh serta mudah dilatih. Secara emosional, anjing ini dikenal cerdas serta mampu membaca suasana hati pemiliknya. Dengan begitu maka anjing ini bisa merasakan apa yang sedang anda rasakan entah itu marah, sedih, emosi ataupun senang.

7. Memiliki Naluri Membunuh Burung

Fakta yang satu ini memang cukup unik karena sebenarnya Anjing Mastiff Tibet bukan termasuk anjing agresif. Hanya saja, anjing ini sangat memiliki ketertarikan khusus untuk mengejar, menangkap bahkan membunuh burung. Jadi, pastikan anda tidak memelihara burung ya!

8. Merupakan Anjing Dengan Gonggongan Yang Sangat Kuat

Fakta terakhir yaitu Anjing Mastiff Tibet merupakan anjing ras dengan gonggongan yang sangat kuat. Mereka akan menggonggong ketika melihat ancaman, kesepian, mencari perhatian bahkan saat merasa bosan. Gonggongan tersebut tentu bisa membuat pemiliknya merasa terganggu, namun tenang saja mereka bisa dilatih untuk tidak menggonggong terlalu sering.


Nah, itulah fakta-fakta menarik Anjing Mastiff Tibet si penjaga yang baik dan bisa dipercaya oleh majikannya. Karena karakternya tersebut tidak heran banyak sekali yang menyukai anjing asal Tibet ini. Dari fakta diatas bisa diketahui jika anjing ini bisa menjadi hewan peliharaan sekaligus penjaga rumah yang baik. Menggemaskan bukan?


Baca juga : Inilah Tips Merawat Kucing Dan Anjing Pada Musim Hujan Yang Tidak Boleh Terlewatkan!
2 views0 comments