Apa Saja Penyebab Anjing Belekan dan Tidak Mau Makan?


foto oleh unsplash


Anjing belekan dan tidak mau makan adalah salah satu masalah yang seringkali dialami oleh pemilik hewan peliharaan. Hal ini sering muncul meski beberapa Pawrent menganggapnya biasa saja. Padahal jika dibiarkan bisa sangat berbahaya.

Agar tidak terjadi apa-apa pada hewan peliharaan, ada baiknya untuk mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.


Konjunktivitis

Konjungtivitis adalah salah satu penyebab utama mata belekan. Maksud dari konjungtivitis adalah mata menjadi sangat merah karena adanya iritasi akibat kemasukan benda asing, terkena infeksi patogen, atau kondisi medis lainnya.

Pada kondisi yang sudah parah, anjing tiba-tiba tidak mau makan. Untuk bisa mengatasinya biasanya dokter harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari mata merah, apakah ada bakteri, virus, atau masalah lainnya.


Air Mata Keluar Berlebihan

Kondisi kesehatan tertentu pada anjing juga bisa memicu keluarnya air mata yang terlalu berlebihan. Ini kerap membuat anjing menjadi lemas dan belekan. Untuk mengatasinya, biasanya dibutuhkan obat khusus dari dokter hewan.

Ada baiknya untuk tidak mengabaikan kondisi ini. Apalagi sampai kondisi anjing terlihat parah. Segera bawa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang baik dan tidak mengancam nyawa.


Mata Kering

Hal ketiga yang bisa menyebabkan mata anjing banyak mengeluarkan belek adalah kering. Normalnya anjing akan mengeluarkan air mata ataupun zat lain yang bekerja sebagai pengaman. Apabila ada partikel masuk, zat itu akan menangkapnya.

Apabila mata anjing menjadi sering kering, kemampuan untuk menangkap partikel tidak akan ada, jadi belekan akan semakin mudah terjadi bahkan semakin parah dari waktu ke waktu.


Glaukoma

Apabila proses drainase atau pengeluaran cairan di area sekitar mata anjing tidak berjalan lancar, kondisi ini bisa menyebabkan adanya pembengkakan dan akhirnya memicu munculnya banyak belek.

Lebih lanjut, kondisi ini bisa semakin parah dan menyebabkan kerusakan mata. Anjing bisa mengalami buta atau penurunan kemampuan melihat. Bawa anjing untuk melakukan kontrol secara rutin dan berikan obat yang diberikan agar segera sembuh.

Setelah mengetahui apa penyebab anjing belekan dan tidak mau makan, kini Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasinya. Apabila merasa ada masalah, ada baiknya segera dibawa ke dokter hewan terdekat.

Khusus bagi Anda yang berada di kawasan Gresik, bisa langsung datang ke klinik Kawan Hewan. Di sana anda bisa melakukan konsultasi tentang anjing belekan dan tidak mau makan atau masalah lainnya, hingga membeli berbagai perlengkapan di petshop yang disediakan.

Nah itulah sekilah tentang kesehatan mata anjing dan penyakit belekan. Sebaiknya petlovers lebih care tentang penyakit mata karena mata merupakan salah satu indra yang berharga. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Penyebab Selaput Putih pada Mata Kucing Kesayangan Anda
2 views0 comments