Kiat-kiat agar Anjing Panjang Umur


foto oleh unsplash


Memelihara anjing memiliki banyak sisi positif, diantaranya adalah menjadi teman kesayangan yang selalu setia menemani aktivitas di rumah. Namun, di sisi lain memelihara anjing bukan hanya untuk kesenangan pemiliki saja, melainkan juga harus memperhatikan kondisi anjing peliharaan secara maksimal. Salah satunya adalah mencoba untuk membuat anjing panjang umur lewat banyak hal-hal kecil yang sering terlupakan.

Tentunya untuk para pemula yang baru memutuskan memelihara anjing, sering kali masih mengalami kesusahan dalam mencari tahu apa saja yang bermanfaat bagi anjing hingga berusia panjang. Oleh sebab itu ada baiknya membaca beberapa informasi penting berikut ini, supaya tidak ada hal yang terlewatkan. Lebih lanjut, yuk simak rahasia anjing panjang umur yang bisa Anda terapkan pada hewan peliharaan kesayangan Anda tersebut.


Harapan Hidup Anjing

Hal pertama yang harus diketahui lebih dulu, yaitu melihat berapa rentang usia harapan hidup anjing. Mungkin, ini adalah informasi yang kurang dimengerti oleh kebanyakan orang, termasuk yang memiliki anjing peliharaan sekalipun. Kebanyakan informasi semacam ini hanya tersedia di dokter hewan terdekat, namun bukan berarti para pemilik anjing tidak bisa mengetahui informasi semacam ini.

Adapun harapan hidup anjing dikategorikan menurut ukuran dari anjing yang dipelihara dan kondisi fisik lainnya. Jadi jangan kaget jika berbeda ras dan berbeda ukuran, ternyata rentang usia juga tidak sama. Oleh karena itu bila ingin anjing panjang umur, tetap harus berpatokan pada rentang harapan usia berikut ini. Jangan bersedih jika ternyata sudah berusaha maksimal, tetapi kemudian anjing harus meninggalkan Anda untuk selamanya.


· Anjing berukuran small breed. Yang pertama yaitu harapan hidup anjing untuk jenis yang berukuran kecil, misalnya seperti anjing Chihuahua, Pomeranian, ataupun Yorkshire Terrier. Untuk anjing dengan ukuran tersebut biasanya mampu bertahan hidup hingga rentang usia 10 hingga 15 tahun.


· Anjing berukuran medium breed. Selanjutnya yaitu rentang usia untuk anjing dengan ukuran medium atau sedang. Yang termasuk dalam kategori ini misalnya yaitu anjing Cocker Spaniel, anjing Poodle, maupun ajing Chow-chow. Anjing-anjing ini memiliki rentang usia sekitar 10 hingga 13 tahun.


· Anjing berukuran large breed. Terakhir yaitu untuk kategori anjig yang memiliki ukuran tubuh cukup besar. Sebut saja yaitu anjing St. Bernard, anjing Siberian Husky, anjing Alaskan Malamute, anjing Doberman, maupun anjing Great Dane. Untuk ukuran tubuh yang satu ini, harapan hidupnya hanya sekitar 8 hingga 12 tahun saja.


Nah, ternyata jika melihat informasi di atas, semakin besar ukuran anjing maka harapan hidupnya justru menurun atau makin kecil. Jika anjing-anjing kecil nan lucu bisa hidup hingga belasan tahun, rupanya untuk anjing dengan ukuran besar hanya mampu bertahan hidup kurang dari 10 tahun lamanya. Jadi, jika ingin anjing panjang umur dan bisa menemani sesuai dengan rentang usia yang telah diberikan di atas, simak langkah-langkahnya berikut ini.


foto oleh unsplash


Hal-Hal Kecil Yang Membuat Anjing Panjang Umur

Selanjutnya mari beralih pada hal-hal yang bisa membuat anjing panjang umur. Ternyata banyak sekali lho hal-hal sepele yang bisa membantu anjing kesayangan tetap berusia lanjut. Mulailah dari hal-hal yang mudah menurut Anda berikut ini. Meskipun terlihat sepele, tetapi banyak yang sudah membuktikan bahwa hal-hal berikut ini bisa ikut memperpanjang harapan hidup anjing sesuai dengan rentang usia harapan hidupnya maksimalnya.


· Perhatikan Nutrisi.

Hal pertama yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu jenis nutrisi yang diberikan melalui makanan anjing sehari-hari. Pilih jenis makanan yang tepat untuk anjing supaya seimbang nutrisinya. Ingat, sebaiknya hindari pemberian jagung ataupun gandum pada anjing, karena jenis makanan ini justru berpotensi menimbulkan penyakit pada anjing seperti misalnya diabetes. Pilih menu yang kaya protein dan vitamin, bisa juga memberikan asupan vitamin secara berkala untuk menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh anjing kesayangan Anda. Perhatikan juga beberapa bahan yang umum menjadi makanan manusia namun berbahaya bagi anjing seperti coklat.


· Menjaga Berat Badan.

Memberikan makanan yang kaya nutrisi bukan berarti membuat anjing menjadi kelebihan berat badan sehingga mengalami obesitas. Namun dalam artian tetap memperhatikan berat badan anjing sesuai dengan berat normalnya. Hal kecil seperti ini sering dilupakan oleh para pemilik, sehingga tanpa sadar memberikan sejumlah besar makanan dan membuat anjing jadi kelebihan berat badan. Padahal hal tersebut justru berbahaya dan malahan tidak membantu anjing panjang umur sesuai dengan harapan Anda.


· Pemberian Vaksin (Vaksinasi).

Sangat penting memperhatikan jadwal vaksinasi anjing peliharaan Anda. Sebaiknya bawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan informasi tentang jadwal dan bentuk vaksinasi tersebut. Dengan vaksinasi secara berkala, tentu kesehatan anjing jauh lebih optimal. Sehingga secara tidak langsung usia hidup anjing juga semakin panjang.

Jenis vaksin yang wajib diberikan antara lain adalah vaksin rabies. Rabies ini bersifat zoonosis dan dapat menular pada manusia sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus. Setelah rabies, ada baiknya Anda meminta dokter hewan kepercayaan Anda untuk memberikan vaksin distemper dan parvovirus. Kedua penyakit tersebut amat mematikan bagi anjing sehingga lebih baik Anda memberikan perlindungan ekstra bagi anabul Anda.


· Pemeriksaan Berkala.

Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemeriksaan berkala pada kondisi kesehatan anjing. Sehingga dapat membantu mencegah penyakit berbahaya yang berpotensi mengincar anjing peliharaan. Dengan melakukan pemeriksaan berkala ke dokter hewan terdekat, maka anjing bisa terbantu untuk tetap dalam kondisi sehat setiap saat.


· Mengobati Penyakit.

Jika mendapati anjing kesayangan Anda sedang mengalami suatu penyakit, jangan dibiarkan begitu saja. Cari tahu apa yang menjadi penyakitnya dan segera mungkin berikan pengobatan yang tepat. Bila merasa bingung maka pilihan untuk membawa anjing ke dokter hewan terdekat merupakan langkah yang paling tepat untuk dilakukan. Ada baiknya Anda menyimpan nomor dokter hewan terdekat untuk dapat dihuubungi jika ada kondisi emergency.


· Menjaga Kebersihan Kandang.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang maupun area untuk bermain anjing setiap harinya. Jangan malas untuk membersihkan kotoran dan mencuci wadah makanan. Hal kecil semacam ini jika terlupakan bisa berbahaya untuk kesehatan anjing. Termasuk perhatikan kondisi lingkungan rumah Anda, pastikan bebas dari polutan dan hindarkan dari penggunaan zat kimia yang berbahaya.


· Bermain Bersama.

Jika ingin anjing panjang umur maka sebaiknya selalu luangkan waktu untuk bermain bersama. Hal ini membantu anjing untuk tetap merasa senang dan cenderung bebas dari rasa stress berkepanjangan. Meskipun terdengar sederhana, tetapi anjing yang diperlakukan dengan bahagia umumnya memiliki kondisi tubuh yang lebih baik dan sehat. Sehingga otomatis membantu untuk memperpanjang harapan hidup yang mereka miliki. Bermain bersama juga bisa dijadikan ajang Anda berolahraga sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh Anda juga kan?


· Sterilisasi.

Siapa sangka ternyata tindakan sterilisasi juga bisa membuat anjing panjang umur. Apalagi berkat tindakan sterilisasi umumnya kebanyakan anjing jauh lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit reproduksi. Oleh sebab itu ada baiknya melakukan sterilisasi pada anjing di usia yang memenuhi. Misalnya sebelum usia 6 bulan untuk anjing betina dan di kisaran usia 5 hingga 10 bulan untuk anjing jantan.


Ternyata ada banyak hal-hal kecil yang bisa membuat anjing panjang umur dan selalu terlihat sehat. Karena itu jangan sampai lupa menerapkan hal-hal tersebut di atas, termasuk jadwal kunjungan ke dokter hewan terdekat. Dengan memperhatikan hal-hal ini, secara tidak langsung Anda sebagai pemilik memperhatikan kesejahteraan anjing secara maksimal. Sehingga bukan hanya panjang umur saja, tetapi juga anjing kesayangan Anda merasa nyaman serta bahagia berada bersama pemiliknya.


Baca juga : Ciri- Ciri dan Jenis Cacing yang Menyerang Anjing
18 views1 comment