Tips Mencegah Infeksi Saluran Kencing Pada Anjing dengan Mudah


foto oleh unsplash


Mencegah infeksi saluran kencing pada anjing pada dasarnya adalah gampang-gampang susah. Mudahnya adalah gangguan ini bisa disembuhkan oleh dokter hewan di dekat rumah. Namun yang menjadi masalah adalah gangguan ini sangat umum dan sering terjadi pada hewan peliharaan termasuk pada kucing dan anjing kesayangan.

Uriner atau saluran kencing pada hewan juga memiliki fungsi yang sama dengan manusia. Saluran tersebut memiliki fungsi untuk membuang kotoran tubuh berupa cairan urine. Setiap gangguan kecil saja bisa membuatnya menjadi merasa gelisah. Apalagi ketika gangguan serius, maka pasti akan membuat kehidupan sehari-hari terganggu.

Karena itu, sebagai pemilik maka setidaknya memahami apa saja gejala ketika anjing sedang mengalami gangguan kantung kemih. Ketika melihat gejala tersebut maka segera bawa anjing tersebut ke dokter hewan terdekat. Dengan begitu dokter hewan akan segera memberikan perawatan dan pengobatan sehingga hewan ini kembali sehat lagi.


Rutin Melakukan dan Memberikan Suatu Perawatan

Untuk mencegah infeksi saluran kencing pada anjing bisa dilakukan dengan cara rutin memberikan perawatan. Cara ini cukup mudah dilakukan karena hanya perlu mencukur bulu di bagian belakang. Terutama untuk anjing betina harus selalu rutin dilakukan perawatan seperti ini karena lebih rentan terhadap infeksi.

Berbeda dengan jantan yang lebih aman dari infeksi tersebut karena bagian kemaluan berada sedikit jauh dari lubang anus. Sedangkan betina memiliki lubang anus dan saluran kencing yang cukup dekat. Hal tersebut membuatnya lebih rentan ketika sedang membuang kotoran dan terkena kotorannya sendiri.


Ajari Anjing untuk Tidak Kencing Sembarangan

Mengajari anjing untuk tidak kencing sembarangan memang cukup sulit, terutama jika pemilik tidak bisa memberikan pengarahan. Padahal hal tersebut adalah salah satu cara mencegah infeksi saluran kencing pada anjing. Meskipun memang cukup sulit, namun setidaknya hewan peliharaan ini harus diajarkan bagaimana kencing pada tempat.

Hal tersebut untuk menghindari bagian saluran kemih terkena kotoran ketika kencing sembarangan. Apalagi jika tidak ada pengawasan yang baik, bisa saja hewan ini akan asal mengeluarkan kotoran tersebut. Hal tersebut pada dasarnya hanya akan meningkatkan risiko adanya gangguan infeksi saluran kencing (ISK) padanya.


Sering Memberikan Minum agar bisa Melancarkan Saluran Kencing

Ada banyak yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran kencing, salah satunya adalah penyumbatan. Biasanya penyumbatan ini terjadi karena ada material garam yang mengendap dan tidak bisa keluar karena kekurangan cairan. Memberikan banyak minum akan membantu melancarkan saluran kencing dan membuang material garam tersebut.

Jika material garam mengendap dalam waktu lama, maka bisa saja akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Bahkan bagian dalam saluran akan terluka karena tergores oleh endapan garam. Hal tersebut jelas meningkatkan risiko hewan peliharaan ini mengalami infeksi yang mungkin saja akan berdampak pada nyawa.


Jangan Berikan Terlalu Banyak Minuman Asam.

Untuk mencegah infeksi saluran kencing pada anjing juga perlu melakukan hal tersebut. Minuman yang mengandung bahan kimia, terutama asam hanya akan meningkatkan kristal mineral pada air kencing. Hal ini diakibatkan kelarutan mineral tersebut turun sehingga mengkristal dan dapat membentuk batu di saluran kencing.

Jika perlu, segera konsultasi kepada dokter hewan untuk membantu merawat peliharaan ini. Biasanya akan diberikan konsultasi jenis minuman apa saja yang tidak boleh diminum oleh anjing. Secara umum minuman asam yang biasanya dilarang untuk diberikan kepada anjinga adalah air jeruk.


Karena infeksi ini sering terjadi, tentu beberapa tips sederhana ini akan banyak membantu bagi pemilik. Bagikan informasi ini jika dirasa bermanfaat supaya pemilik anjing lain juga mengerti bagaimana merawatnya. Terutama untuk mencegah infeksi saluran kencing pada anjing. Sharing is caring!


Baca juga : Efektif Dan Terjangkau! Inilah Cara Hilangkan Kutu Pada Anjing Dengan Bahan Alami