Inilah Sejarah, Ciri Fisik Dan Tips Merawat Anjing Siberian Husky


foto oleh unsplash


Di Indonesia, memelihara hewan peliharaan seperti anjing memang bukan hal yang asing lagi dilakukan oleh beberapa orang. Ya, banyak sekali masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan yang memelihara anjing. Salah satu jenis anjing yang banyak dipilih yaitu anjing Siberian Husky. Anjing ini termasuk kedalam anjing ras yang terlihat gagah dan tangguh. Namun dibalik penampilanya itu, ternyata Siberian Husky merupakan anjing ramah, menggemaskan dan manja terhadap majikannya.


Sejarah Anjing Siberian Husky

Sekilas, ras anjing ini memang hampir mirip dengan Serigala dan memang banyak yang mempercayai bahwa anjing ini juga merupakan hasil persilangan alam. Namun terlepas dari hal itu, hewan jenis ini juga memiliki sejarah panjang hingga sampai akhirnya menjadi hewan peliharaan seperti sekarang. Anjing Siberian Husky merupakan anjing yang awal mulanya dipelihara Suku Chuckchi yang bertahun-tahun lamanya tinggal di wilayah Semenanjung Siberia.

Anjing ini banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai penarik kereta luncur dan dijadikan sebagai hewan penjaga. Hal ini tentu saja dikarenakan anjing tersebut memiliki tubuh yang tangguh dan kuat serta memiliki kecepatan yang pesat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Siberian Husky dijadikan sebagai ajang taruhan oleh suku Alaska dengan menjadikannya sebagai hewan adu balap.

Dikarenakan kehebatannya dalam berlari, anjing jenis ini mulai dikenal oleh berbagai negara termasuk salah satunya Indonesia. Kini banyaknya sekali yang menjadikan Anjing Siberian Husky sebagai anjing peliharaan.


Ciri Fisik Anjing Siberian Husky

Sejauh ini memang banyak sekali orang yang sulit membedakan antara anjing Siberian Husky dan Alaskan Malamute. Sekilas kedua anjing jenis ini memang hampir sama sehingga cukup wajar jika banyak yang mengira Siberian Husky adalah Alaskan Malamute begitupun sebaliknya. Nah, agar anda tidak lagi keliru membedakan antara keduanya, berikut ciri fisik dari anjing Siberian Husky:

· Memiliki kaki lebih kecil serta badan lebih kurus karena bentuk tulang yang kecil.

· Mimik wajahnya telihat menyenangkan seperti ingin diajak bermain.

· Kedua matanya memiliki warna mata yang berbeda seperti coklat dan biru.

· Antara telinga kiri dan kanan memiliki jarak yang cukup berdekatan dan menjulang keatas.

· Bentuk kepala lebih kecil hampir menyerupai rubah.

· Bulunya lebat dan memiliki variasi corak pada bulunya.

· Ketika beraktivitas ataupun diam, ekornya selalu menjuntai ke bawah.

Nah itulah ciri fisik dari anjing Siberian Husky. Sudah pasti akan berbeda dengan anjing Alaskan Malamute. Dengan ciri diatas pastinya anda tidak lagi kesulitan membedakan antara kedua jenis anjing tersebut.

Ciri Fisik Dan Tips Merawat Anjing Alaskan Malamute yang Gagah

Lalu, Bagaimana Tips Merawat Anjing Siberian Husky?

Siberian Husky dikenal sebagai jenis anjing yang cerdas serta memiliki energi tinggi. Walaupun terlihat gagah serta berwibawa namun hewan satu ini terkenal dengan keramahannya dan mudah bersosialisai. Pada dasarnya memang cukup mudah untuk memilihara hewan satu ini dengan syarat anda harus telaten dalam merawatnya. Berikut ini tips merawat anjing Siberian Husky yang sebaiknya anda ketahui:

1. Pastikan lebih banyak membawa hewan ini beraktivitas serta berolahraga dengan tujuan agar tetap kuat dan sehat serta menyalurkan energinya.

2. Selalu diawasi, jangan biarkan anjing tersebut berkeliaran karena naluri predatornya cukup kuat terutama jika berhadapan dengan hewan kecil.

3. Selalu memperhatikan berat badannya dengan memberikan makanan yang memiliki protein dan berkualitas.

4. Selalu perhatikan perawatan bulunya, usahakan minimal 1 minggu sekali anda perlu menyikat bulunya serta meng-grooming agar tetap sehat dan menawan.

5. Perhatikan kesehatan kuku dan gigi.

Nah itulah tips merawat anjing Serbian Husky. Mudah bukan? Namun tentu saja selain melakukan perawatan dengan selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihannya, anda juga perlu merawatnya dengan kasih sayang.

8 views0 comments