Apa Makanan Kucing yang Bagus? Ini Dia Jawabannya


foto oleh pexels


Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak digunakan sebagai peliharaan di rumah. Ketika kita memilih untuk merawat kucing tentunya harus memberikan yang terbaik salah satunya adalah makanan. Ada beberapa jenis makanan kucing yang bagus yang harus Anda ketahui yaitu sebagai berikut:


Makanan Kucing yang Sesuai dengan Usia Kucing

Makanan kucing yang bagus adalah makanan yang sesuai dengan usia kucing. Makanan kucing 1 bulan tentunya berbeda dengan makanan kucing yang usianya 1 tahun lebih. Makanan kucing yang masih di bawah 1 tahun biasanya adalah makanan yang lembut karena mudah dicerna oleh organ pencernaannya.

Untuk kucing sehat yang sudah berusia lebih dari 1 tahun biasanya diberikan makanan kering karena giginya juga sudah kuat. Untuk kandungan gizinya, kucing anakan yang masih kurang dari 8 bulan biasanya memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin A, D, E, K dan B.

Sedangkan untuk kucing dewasa yang lebih dari 7 tahun biasanya membutuhkan kalori yang cukup rendah. Hal ini dikarenakan kucing dewasa memiliki fungsi organ dalam yang semakin melemah. Selain itu, kegiatan mereka juga tak terlalu banyak sehingga tak memerlukan kalori dalam jumlah tinggi.


Makanan yang Sesuai dengan Jenis Kucing

Makanan juga harus disesuaikan dengan jenis kucing itu sendiri. Makanan anak kucing kampung tentunya berbeda dengan kucing jenis lainnya. Kucing kampung dan kucing ras Angora, American Shorthair, Persia, dan lainya memiliki ciri khas tersendiri. Oleh karena itu, kebutuhan akan nutrisi mereka pun juga berbeda-beda.

Bahkan untuk kucing bengal atau kucing karakal bisa memakan protein berupa daging mentah. Tentunya jika kucing-kucing tersebut memakan makanan yang sama dengan kucing ras kecil tidak akan optimal pertumbuhannya. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Saat ini sudah banyak produsen makanan kucing yang membuatnya dengan formulasi khusus sesuai dengan ciri khas setiap ras itu sendiri. Ya, Anda tak perlu membeli lagi dan bisa membeli langsung di Pet shop terdekat.


Makanan Sesuai dengan Keadaan Kucing

Keadaan kucing juga menjadi salah satu penyebab berbedanya makanan yang harus diberikan. Makanan yang bagus tentunya harus sesuai dengan keadaan kucing. Makanan untuk kucing menyusui, untuk kucing yang hamil, kucing sedang masa karantina, dan lain sebagainya tentunya berbeda.

Kucing yang menyusui membutuhkan makanan dengan nutrisi yang sangat tinggi untuk meningkatkan produksi air susu dan nutrisi air susu tersebut. Selain itu anak kucing juga akan belajar makan dan ia juga butuh nutrisi yang banyak. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa anakan kucing akan meniru makan induknya.

Kucing yang hamil pun demikian, ia makan tidak hanya dirinya melainkan dengan janin yang dikandungnya. Makanan harus mengandung gizi yang tinggi karena berguna untuk perkembangan janin di dalam kandungan.


Makanan Kucing yang Sesuai dengan Berat Badan Kucing

Makanan yang bagus untuk kucing yang selanjutnya adalah harus sesuai dengan berat badannya. Apabila kucing itu memiliki badan yang kurus maka memerlukan makanan kucing untuk gemuk secara khusus. Sedangkan untuk kucing yang memiliki badan kurus tentu harus diberikan makanan untuk kucing kecil khusus pula.

Jika kucing terlalu kurus maka perlu diberi makanan yang lebih banyak. Mungkin Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat untuk hal ini. Begitu juga sebaliknya kucing yang terlalu gemuk, mungkin akan terlihat lucu dan menggemaskan. Namun dibalik kelucuannya itu terdapat berbagai risiko penyakit bagi kucing yang mengalami obesitas.

Jika di Pet Shop tidak ada makanan khusus tersebut, Anda bisa mengatur dosis makanan tersebut. Biasanya di dalam kemasan makanan kucing sudah terdapat informasi mengenai dosis pemberian. Jadi, kucing tetap akan terpenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik.


Makanan Kucing yang Sesuai dengan Kondisi Kesehatannya

Makanan yang bagus selanjutnya adalah makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan kucing itu sendiri. Anda harus mengetahui bagaimana kondisi kucing agar makanan bisa masuk sesuai dengan tubuhnya. Apabila ragu-ragu tentang kesehatannya, segera periksakan ke klinik yang bisa Anda cari dengan kata kunci dokter kucing terdekat dari lokasi saya.

Ada banyak sekali dokter hewan terdekat dan murah yang dapat Anda kunjungi untuk mengetahui kondisi. Jada banyak sekali kondisi kesehatan kucing yang mengharuskan dia makan makanan yang khusus.

Misalnya ketika kucing mengalami muntah maka ia membutuhkan makanan basah yang lembut. Ketika kucing mengalami obesitas maka makanan harus rendah kalori. Untungnya, di beberapa Pet Shop sudah menyediakan makanan khusus untuk segala kondisi tersebut.



foto oleh pixabay


Makanan yang Tidak Menyebabkan Alergi

Selanjutnya, makanan yang bagus untuk kucing terlucu di dunia Anda adalah dengan memberikan makanan yang tidak menyebabkan alergi. Banyak sekali makanan kucing yang dijual di Pet Shop yang memiliki kandungan alergen tinggi.

Beberapa zat alergen ini bisa ditemui pada bahan-bahan seperti gandum, telur, ikan, ayam, susu, dan daging sapi. Tapi tak semua kucing mengalami alergi terhadap makanan tersebut. Agar tahu kucing Anda memiliki alergi atau tidak terhadap makanan tersebut bisa dicek sendiri.

Selain dengan mengeceknya sendiri, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter hewan terdekat agar bisa tahu kondisi kucing yang sebenarnya.


Makanan yang Beragam dan Tidak Membosankan

Makanan selanjutnya yang bagus untuk kucing adalah yang tidak membosankan. Kucing sering kali mengalami bosan dan mogok makan karena yang diberikan hanya itu-itu saja. Tak jarang kucing seperti itu mengalami permasalahan mood bahkan hingga kesehatannya terganggu.

Agar kucing tidak bosan, Anda dapat memberikan makanan yang beragam seperti makanan kering, makanan setengah basah, atau makanan basah. Anda juga mencampurnya agar kucing tidak bosan dengan tekstur makanan yang dimakannya.

Anda juga dapat memberikan camilan khusus kucing agar mereka bisa merasakan makanan yang berbeda di setiap harinya. Sebab, ada banyak sekali camilan yang bisa Anda beli dengan beraneka ragam rasa.


Makanan yang Tidak Mengandung Bahan-bahan yang Berbahaya

Terakhir, makanan yang Anda berikan kepada kucing juga tidak boleh mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Jangan sampai kucing imut dan menggemaskan milik Anda harus meregang nyawa karena sembarangan membeli makanan kucing. Jangan malas untuk membaca informasi di kemasan makanan kucing yang Anda beli.

Selain alergen, Anda juga harus memeriksa mengenai bahan-bahan lain yang dimasukkan ke dalam makanan tersebut. Pastikan makanan tidak mengandung pengawet buatan dan juga pewarna makanan. Kucing memiliki sistem pencernaan yang sederhana sehingga bahaya sekali jika zat-zat tersebut masuk ke dalam tubuhnya.

Sebaiknya hindari makanan kucing yang tidak bermerek atau eceran karena di sana tidak terdapat informasi nilai gizi, komposisi, dan lain sebagainya.

Jadi, itu dia beberapa rekomendasi makanan kucing yang bagus yang telah disesuaikan dengan berbagai hal. Jangan biarkan kucing imut dan lucu Anda mengalami masalah pencernaan karena makanannya yang tidak sesuai. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kucing Anda di rumah. Share ya!


Baca juga : Sayang Kucing? Waspadai Bahan-Bahan Berbahaya bagi Kucing Berikut Ini
13 views0 comments