Kucing tidak Mau Makan, ini Penyebab dan Cara Mengatasinya



Punya kucing tidak mau makan? Jangan diabaikan karena bisa jadi ada masalah kesehatan serius yang perlu segera ditangani. Terkadang kucing malas makan juga disebabkan karena selera. Komposisi makanan yang tak disukai kucing, atau jenis makanan yang itu-itu saja membuat kucing bosan dan akhirnya malas makan.

Sebagai pecinta kucing, Anda harus tahu ada beberapa alasan kucing tidak mau makan beserta cara mengatasinya:


Tertelan Benda Asing

Kucing tidak mau makan disebabkan salah satunya adanya benda asing yang masuk ke dalam perut. Aktivitas di luar yang tidak terpantau menyebabkan kucing bisa mengalami masalah ini. Guna memastikan dan mendapatkan perawatan yang lebih tepat, Anda bisa membawa kucing ke dokter hewan terdekat.

Benda asing yang ditelan biasanya menyangkut di saluran pencernaan atau pernafasan yang menyebabkan kucing menjadi tidak nyaman untuk makan dan menelan.


Masalah Pernafasan

Masalah pernafasan pada kucing dapat menyebabkan tidak berfungsinya indra penciuman dari kucing, akibatnya kucing akan kehilangan nafsu makan. Penyakit pada area pernafasan kucing ini dapat menyebabkan sumbatan pada bagian hidung dan mata kucing sehingga mengeluarkan banyak kotoran.

Kucing kehilangan sebagian penglihatan sementara dan juga indra penciuman sehingga nafsu makan menjadi berkurang. Pada kondisi yang parah kucing tidak bisa sama sekali mencium aroma makanan dan akan menyebabkan kucing tidak mau makan sama sekali.

Jika dibiarkan lama kelamaan kucing akan mati. Anda sering bukan melihat kondisi kucing seperti ini? ciri-ciri kucing akan mati diawali dari kondisinya yang tidak mau makan. Penanganan secara medis biasanya menggunakan antibiotik yang direkomendasikan oleh dokter hewan.


Baca juga : Kenali Tanda Kucing Mau Mati Dengan Seksama!

Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan juga bisa dialami oleh kucing. Pencernaan yang bermasalah menyebabkan kucing tidak bisa makan, muntah, diare dan sejenisnya. Kondisi ini biasanya disebabkan masalah seperti iritasi usus, parasit, ketidakseimbangan bakteri di dalam usus, tumor, refluks asam dan sebagainya.

Bila kondisi ini terjadi, solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membawa kucing langsung ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan.


Masalah Gigi

Tahukah Anda kalau kucing juga bisa mengalami masalah gigi seperti pada manusia. Masalah gigi pada kucing biasanya berupa peradangan gusi dan gigi, gigi patah, abses gigi, dan lainnya yang menyebabkan kucing jadi tidak selera makan.

Masalah gigi pada kucing bisa diatasi dengan membawa kucing ke dokter hewan, bukan dokter gigi. Jangan biarkan kondisi ini berlangsung lama apalagi jika tubuh kucing Anda kurus, cadangan lemaknya sedikit dan kucing akan cepat lemah, lalu pada akhirnya akan mati.


Panas Tubuh

Selain faktor-faktor diatas, kucing bisa juga kehilangan selera makanan karena temperatur tubuh yang berlebihan. Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah penyakit infeksius. Cara yang tepat untuk mengecek masalah ini adalah dengan mengukur suhu tubuh kucing di telinganya dengan termometer laser. Jika suhu tubuh kucing lebih dari 38,5 C, segera bawa si meong ke dokter hewan terdekat.


Baca juga : Manfaat Pemberian Vaksin Kucing yang Perlu Anda Ketahui

Faktor Makanan

Tahukah Anda kalau kucing juga punya selera makan seperti manusia. Mereka akan bosan dengan makanan yang sering Anda berikan itu-itu saja. Kondisi lain jika tekstur makanan tidak bisa dinikmati dengan nyaman akan membuat kucing enggan makan. Terutama untuk jenis kucing impor yang jenis makanannya cukup terjaga.

Berbeda dengan kucing kampung yang cenderung lebih mudah dalam hal urusan makanan. Berilah kucing makanan yang layak. Seperti perkataan orang Turki, “tulang bukan untuk kucing, kucing butuh makan daging.”


Jangan anggap sepele ketika kucing Anda tiba-tiba berhenti selera makannya, berkurang hingga tak mau makan sama sekali. Kondisinya mungkin saja bukan hanya soal selera tapi masalah kesehatan. Guna memastikannya segera bawa ke dokter hewan terdekat.

Kucing tidak mau makan juga jadi gejala awal kucing yang pada akhirnya berakibat fatal karena tidak terbantu secara medis. Segera bagikan informasi penting ini ke rekan Anda pecinta kucing. Sayangi kucing yang cantik dan lucu di rumah Anda.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.