• admin

Ayam Cemani: Fakta Menarik, Ciri-Ciri dan Mitos


foto oleh republika


Menarik memang jika kita memperhatikan jenis ayam cemani ini, ayam ini unik jika kita bandingkan dengan jenis ayam yang lain pada umumnya. Keunikanya terlihat sangat jelas dari penampakan ayam ini mulai dari semua anggota tubuhnya berwarna hitam seperti bulu, paruh, bagian lidah, kaki, tulangnya sampai dengan dagingnya yang serba hitam.

Sesuai dengan artinya juga sangat sepadan dimana Cemani sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya hitam. Keunikan inilah yang membuat ayam cemani kemudian memiliki nilai lebih dibandingkan dengan ayam lain seperti harga misalkan ayam hias maupun ayam buras lain.

Harga ayam cemani ini berbeda-beda, mulai dari yang paling murah 1 jutaan sampai dengan 5 juta bahkan puluhan juta rupiah. Hal ini terjadi karena memang ayam jenis ini termasuk masuk dalam skala hewan koleksi atau hobby dan bukan ayam yang biasa diternakkan untuk dikonsumsi. Ternak cemani sendiri tidaklah susah. Peternaknya sendiri kebanyakan dari Jawa tengah di Temanggung yang menjadi derah asal ayam cemani ini.

Berdasarkan banyak penelitian menyebutkan asal usul nenek moyang ayam cemani ini sendiri sebenarnya sama dengan ayam jenis biasa. Namun, karena proses persilangan maka menimbulkan sebuah gen yang berbeda, bahkan banyak orang mengatakan ayam cemani adalah bentuk dari manifestasi kelainan genetik pada ayam itu sendiri.


Fakta Menarik Ayam Cemani

Untuk memberikan anda refrensi lebih lengkap mengenai ayam cemani ini, simaklah beberapa fakta menarik yang bisa Anda perhatikan sebagai berikut;

1. Ayam ini memiliki ciri ciri tersendiri dari badan, kemudian jengger, sampai dengan paruh. Jenggernya besar dan tebal, kemudian bagian kepala bulat dan tentu saja paruhnya hitam campur merah.

2. Daging ayam cemani sangat bagus dikonsumsi. Berdasarkan penelitian daging ayam ini mengandung hemoglobin yang lumayan tinggi dan cocok untuk anda yang darah rendah.

3. Banyak yang menganggap ayam cemani sangat erat kaitanya dengan sebuah ritual mistis khususnya di Pulau Jawa bagian tengah.

4. Harga ayam cemani lumayan mahal standar 2 jutaan per ekornya sedangkan yang sudah jodoh dan siap diternak dijual dengan harga pasaran 5 jutaan.

5. Memiliki sejarah yang panjang dan diyakini merupakan salah satu ayam yang usianya sangat tua. Ayam cemani sudah dikenal sejak jaman kerajaan. Dimana ayam jenis ini sering didisebut sebut dalam berbagai mitos. Salah satunya adalah mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Mitos Ayam Cemani

Namanya juga mitos ya, bisa percaya atau tidak. Berdasarkan sejarah beberapa mitos seputar ayam cemani ini sangat banyak sekali antara lain:


Menambah Rejeki

Semua rejeki bersumber dari yang Maha Kuasa. Namun namanya kepercayaan dimana ayam cemani ini konon bisa mendatangkan rejeki kepada empunya dengan cara memeliharanya. Namun yang paling masuk akal memang dengan cara menjualnya sudah jelas anda akan mendapatkan uang karena ayam cemani sendiri memang harganya sangat mahal.


Kesaktian, Ritual dan Tumbal

Selanjutya, ayam cemani ini sendiri sering menjadi salah satu perlengkapan utama yang dijadikan sebagai alat ritual baik itu untuk mendapatkan kesaktian, ritual gaib sampai dengan tumbal pesugihan. Serem memang, namun inilah mitos dari ayam cemani yang dikenal oleh banyak orang sampai saat ini.


Inilah keunikan ayam cemani. Ternyata dari penampilan fisiknya yang unik, ayam ini dianggap memiliki banyak keistimewaan. Share artikel ini ya agar lebih banyak yang pahal tentang ayam cemani.

5 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.