Waspada! Inilah Bahaya Tulang Ikan dan Ikan Mentah Bagi Kucing Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh unsplash


Seperti yang kita ketahui bahwa kucing merupakan salah satu hewan carnivora. Berbagai jenis daging memang disukai oleh hewan berbulu satu ini. Namun diantara sekian banyaknya jenis daging yang ada, ikan menjadi salah satu makanan favorit hewan tersebut. Bau atau aroma ikan yang khas memang menjadi daya tarik tersendiri.

Dikarenakan menjadi salah satu makanan favorit, tidak heran jika ada banyak sekali olahan makanan kucing menjadikan ikan menjadi bahan utamanya. Namun, tidak sedikit juga para pemilik kucing memberikan ikan utuh untuk makanannya. Ikan mengandung kandungan nutrisi melimpah yang baik untuk kesehatan kucing. Hanya saja, pastikan jangan sampai anda memberikan tulang ikan pada kucing. Tanpa disadari ternyata terdapat bahaya tulang ikan bagi kucing.


Lalu, Apa Sebanarnya Bahaya Tulang Ikan Bagi Kucing? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat menyukai ikan. Jika ada ikan didepannya tanpa basa basi mereka pasti akan langsung melahapnya. Namun, walaupun kucing menyukai ikan, hal ini bukan berarti anda memperbolehkan semua bagian dari ikan tersebut dimakan oleh kucing. Sebaiknya mulailah berhenti untuk memberikan tulang ikan! Hal tersebut tentu dikarenakan tulang ikan sangat berbahaya.

Seperti yang diketahui bahwa tulang ikan memiliki ujung yang cukup tajam. Walaupun tipis, resiko menyangkut pada tenggorokan kucing sangatlah tinggi. Ketika tulang ikan tersebut menyangkut pada tenggorokannya maka besar kemungkinan akan menganggu sistem pernafasan dan pencernaan kucing.

Saat kucing anda memakan tulang ikan, ujung tulang yang tajam tidak akan mudah dikunyah sehingga kucing akan langsung menelannya. Akhirnya ujung tulang yang tajam ini bisa menimbulkan luka pada sistem pencernaannya. Apalagi jika tulang ikan yang diberikan sudah dimasak. Tulang ikan yang sudah dimasak umumnya akan mengeras sehingga akan sulit dikeluarkan baik dari tenggorokan ataupun dari sistem pencernaan.

Untuk mengatasi hal ini, terkadang diperlukan operasi oleh dokter hewan untuk menyelamatkan nyawa dari kucing kesayangan. Namun tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati.

Melihat bahaya tulang ikan bagi kucing maka sebagai pemilik, mulai dari sekarang hindarilah pemberian tulang ikan untuk hewan kesayangan anda. Hindari kebiasaan tersebut karena akan sangat beresiko tinggi pada kelangsungan hidup dan kesehatannya.


Bolehkah Kucing Diberi Ikan Mentah?

Terlepas dari bahaya tulang ikan bagi kucing, beberapa pemilik hewan berbulu ini juga sering merasa bingung perihal apakah kucing bisa diberi ikan mentah. Walaupun kucing termasuk kedalam hewan pemakan daging, namun pastikan jangan sampai memberikan ikan mentah pada kucing kesayangan anda.

Ikan mentah sangat tidak sehat serta tidak aman. Hal tersebut tentu dikarenakan ikan mentah bisa saja terkontaminasi oleh zat yang mengandung bakteri ataupun parasit. Ketika kucing memakan ikan mentah bisa saja bakteri ataupun parasit yang terdapat pada ikan bisa membuat hewan tersebut sakit dan bahkan mati.

Kemudian, di dalam ikan mentah juga terdapat enzim yang dapat merusak thiamin (vitamin B yang esensial bagi kucing). Kekurangan thiamin dapat menyebabkan permasalahan syaraf yang serius bagi si meong diantaranya kejang dan koma. Dengan memasak ikan mentah, maka hal ini dapat dinetralisir.

Nah, selain anda tidak dianjurkan untuk memberikan tulang ikan, jangan sampai anda juga memberikan ikan mentah. Jika anda ingin memberikan ikan maka sebaiknya berikanlah ikan yang sudah dimasak namun tanpa tulang. Ataupun agar lebih aman dan anda memiliki budget lebih, anda bisa membeli makanan olahan kucing yang bahan utamanya ikan. Biasanya makanan olahan untuk kucing ini telah disesuaikan dan diseimbangkan kandungan nutrisinya.

Itulah sekilas tentang bahaya tulang ikan bagi kucing serta bahaya memberikan ikan mentah pada kucinjg. Jadi, pastikan anda memperhatikan ulasan diatas dan hindari kebiasaan memberikan tulang ikan pada kucing jika anda ingin hewan kesayangan tetap sehat.


Semoga bermanfaat.


Baca juga : Tips Memilih Pakan Kucing
15 views0 comments