Penuhi Kebutuhan Nutrisi Untuk Kucing Berikut Ini Agar Hewan Kesayangan Tetap Sehat!


foto oleh unsplash


Layaknya seperti manusia, kucing juga merupakan salah satu hewan yang membutuhkan asupan nutrisi untuk tubuhnya agar tetap sehat. Berbicara tentang asupan nutrisi untuk kucing, terkadang banyak sekali orang yang masih awam dalam hal ini. Padahal ketika anda dan lainnya memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan, selain harus menyayanginya dengan sepenuh hati tentu sebagai pemilik anda harus mengetahui apa saja apa saja asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Berbicara tentang asupan nutrisi untuk kucing, sebenarnya hampir sama dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia. Hanya saja, dalam bentuk atau jenisnya sangat berbeda. Pada umumnya kucing memang sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuhnya serta memperpanjang umur harapan hidupunya. Lalu, apa saja asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing? Berikut penjelasannya!

Inilah Asupan Nutrisi Untuk Kucing Yang Penting Untuk Diketahui!

Dalam memenuhi asupan nutrisi untuk kucing, seringkali banyak sekali para pemilik hewan merasakan kebingungan mengenai jenis makanan apa yang memang baik untuk hewan peliharaannya. Apakah anda termasuk salah satu orangnya? Jika Ya, maka untuk kedepannya pasti anda tidak akan bingung lagi, karena berikut ini asupan-asupan nutrisi untuk kucing yang sebaiknya diketahui:


1. Protein

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat membutuhkan protein yang cukup besar. Menariknya, kebutuhan asupan protein untuk kucing bisa lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan protein untuk manusia. Bahkan untuk seekor kucing mudah asupan protein sangat besar hal ini dikarenakan diusia tersebut hewan ini akan lebih aktif. Asupan protein untuk kucing berfungsi sebagai sumber energi sehingga inilah yang menjaid alasan mengapa protein sangatlah penting bagi kucing. Ada banyak sekali makanan kucing yang mengandung protein tinggi seperti ikan.

Salah satu jenis protein yang paling penting bagi si meong adalah Taurin. Dari taurin ini sistem pencernaan kucing akan memperoleh asam amino dan vitamin yang secara alami tidak diproduksi oleh tubuh kucing. Association of American Feed Control Officials (AAFCO) menganjurkan kandungan taurin dalam pakan kucing adalah minimal 0,1%. Rata-rata pakan kucing yang berasal dari brand ternama sudah secara otomatis memasukkan taurin dalam produk mereka.


2. Karbohidrat

Tak seperti protein yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kucing, karbohidrat memang tidak begitu dibutuhkan karena seperti yang kita tahu bahwa kucing masih bisa bertahan hidup dan sehat walaupun tidak diberi asupan karbohidrat. Sumber energi kucing berasal dari lemak dan protein yang dikonsumsinya. Akan tetapi, nutrisi ini juga akan sangat penting terutama untuk kucing hamil serta menyusui, hal ini tentu saja dikarenakan karbohidrat berperan sebagai sumber serat. Untuk kucing dalam kondisi normal, kelebihan asupan karbohidrat seperti nasi dapat menyebabkan kucing diare.

Baca juga : Bolehkah Kucing Makan Nasi? Simak Penjelasan Berikut Ini

3. Lemak

Tahukah anda? Sumber energi utama dari seekor kucing berasal dari lemak. Dikarenakan begitu penting dan berpengaruh, seekor kucing muda membutuhkan sekitar 25% asupan nutrisi lemak. Ketika nutrisi ini terpenuhi dengan baik maka dijamin peliharaan anda akan memiliki bulu yang bagus karena kandungan lemak yang dikonsumsi dari makanannya akan diubah menjadi asam lemak. Tentu tak hanya memiliki bulu dan kulit yang bagus saja, kandungan ini juga memiliki manfaat untuk penyeimbang saraf kucing.


4. Vitamin Dan Mineral

Vitamin dan mineral pastinya merupakan 2 kandungan nutrisi yang tak kalah penting untuk menunjang kesehatan kucing. Walaupun kucing bisa memproduksi sendiri vitamin c dalam tubuhnya hanya saja tentu ada beberapa vitamin lainnya yang dibutuhkan seperti vitamin A dan vitamin B yang akan didapat dari makanan yang dikonsumsinya. Sedangkan untuk mineral seperti kalsium dan fosfor tentu saja dibutuhkan juga untuk merangsang pertumbuhan tulang.

5. Air

Sama halnya dengan manusia, kucing juga perlu menjaga kelembapan pada tubuhnya. Ya, kelembapan tersebut bisa diperoleh dari air minum yang matang. Selain dari air, kelembapan ini juga bisa didapat dari susu hanya saja pemberiannya tentu tidak boleh sembarangan. Air ini terutama sangat dibutuhkan jika kucing peliharaan Anda suka mengkonsumsi pakan kering dry food.


Nah itulah beberapa asupan nutrisi untuk kucing yang penting untuk anda ketahui. Setiap asupan nutrisi diatas umumnya akan anda dapatkan pada makanannya sehingga ketika anda membelinya pastikan belilah makanan yang mengandung nutrisi seimbang.

23 views0 comments