Inilah Fakta Menarik Tentang Bearded Dragon, Reptil Eksotis Yang Bisa Ganti Kelamin!


foto oleh unsplash


Saat mendengar tentang hewan peliharaan, umumnya yang terlintas dipikiran kebanyakan orang yaitu beberapa hewan seperti kucing, anjing, burung, kelinci, ikan maupun hamster. Namun tahukah anda? Saat ini banyak juga orang yang memutuskan untuk memelihara hewan reptil seperti ular, buaya sampai kadal. Walaupun hewan jenis ini dianggap menyeramkan, tidak sedikit orang yang kini mulai memelihara hewan reptil terutama reptil eksotis yang unik seperti bearded dragon.


Asal Usul Reptil Eksotis Bearded Dragon

Bearded dragon merupakan salah satu jenis reptil yang bernama latin Pogona Sp. Kadal yang satu ini berasal dari alam liar di Australia, habitat aslinya di padang pasir, area pantai, semak belukar, sabana hingga hutan gersang. Hal ini dikarenakan bearded dragon menyukai lingkungan kering dan panas. Hewan berdarah dingin ini juga sangat bergantung pada sumber panas untuk meningkatkan suhu tubuhnya. Oleh sebab itu maka tentu tidak mengherankan jika anda seringkali menemukan hewan satu ini berjemur diatas waktu dalam waktu yang cukup lama.


Ciri Fisik Braded Dragon

Bearded Dragon memiliki ukuran panjang sekitar 40 hingga 60 cm dari kepala sampai ujung ekor. Masa hidupnya juga memang bisa dikatakan cukup panjang yaitu sekitar 4 hingga 10 tahun untuk bearded dragon liar dan 8 hingga 14 tahun untuk breaded dragon yang pemiliharaannya tepat. Breaded dragon memiliki warna yang cukup berragam tergantung dari spesiesnya diantaranya seperti coklat muda, abu-abu, hitam, coklat hingga oranye. Umumnya braded jantan memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan betina.

Braded Dragon (BD) juga memiliki banyak sekali keunikan salah satunya yaitu bisa merubah warna ketika berada pada kondisi terancam ataupun ketika agresif. Selain itu, mereka juga mampu menyesuaikan suhu tubuhnya dengan cara berubah warna. Misalnya ketika berada di suhu panas warnanya akan lebih terang dan ketika berada di suhu dingin akan berubah menjadi lebih gelap. Dikarenakan keunikannya ini tentu tidak mengherankan jika braded dragon kini banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Nah, bagi anda yang saat ini tertarik untuk memelihara reptil satu ini tentu saja ketahui terlebih dahulu fakta menarik tentang hewan satu ini.

Para penggemar reptil dapat memberikan serangga seperti jangkrik, kecoak dan ulat hongkong ketika memelihara satwa ini. BD juga dapat memakan sayuran seperti tauge, sawi dan selada air. Bahan makanan ini tidak sulit untuk diperoleh jika Anda ingin mencoba memeliharanya.


Berikut Fakta-Fakta Menarik Dari Reptil Eksotis Braded Dragon

Braded dragon merupakan salah satu jenis kadal liar yang kini keberadaannya mulai banyak dicari oleh para pecinta reptil untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Ya, banyak sekali yang memelihara hewan tersebut karena dinilai lebih mudah dalam hal perawatannya.

Terlepas dari itu, braded dragon juga memang pada dasarnya cocok untuk dipelihara karena sifatnya yang ramah. Namun, tahukah anda? Ternyata selain bisa merubah warna kulitnya, hewan ini juga memiliki banyak keunikan lainnya. Berikut beberapa fakta menarik seputar reptil eksotis braded dragon:


· Suka Memanjat Pohon

Braded dragon termasuk kedalam hewan semi-arboreal yang selalu menghabiskan waktunya di pohon serta semak-semak. Sehingga dengan begitu ketika anda memutuskan untuk memeliharanya, pastikan anda menyiapkan pohon kecil untuk memanjat atau sediakan tempat memanjat lain.

Baca juga: Mengenal Jenis Hewan Arboreal

· Dapat Berganti Jenis Kelamin

Selain suka memanjat pohon, braded dragon juga ternyata bisa berganti jenis kelamin. Fakta ini tentu saja cukup mengejutkan bukan? Namun berganti jenis kelamin ini tentu bukan suatu hal yang hewan ini akan lakukan namun perlu diketahui bahwa hal ini akan terjadi. Pergantian kelamin ini bisa dilakukan dengan menginkubasi telur BD pada suhu 32 celcius. Telur akan berubah jenis kelamin dari jantan melalui betina sebelum menetas. Luar biasa bukan?


· Breaded Dragon Tidak Bisa Berlari Cepat Seperti Jenis Kadal Lainnya

Fakta menarik berikutnya yaitu breaded bukanlah pelari cepat dan handal. Mereka hanya bisa berlari sekitar 9 mil per jam atau 14,48 km per jam tidak seperti jenis kadal lainnya yang mampu berlari cukup cepat.


Nah itulah fakta menarik tentang breaded dragon dari mulai bisa merubah warna, mengganti jenis kelamin hingga fakta bahwa hewan ini bukan pelari cepat. Bearded Dragon kini memang menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara sehingga di Indonesia sendiri kini sudah banyak spesies hewan tersebut. Anda ingin mencoba merawat satwa unik ini?

9 views0 comments