• admin

Budidaya Tokek Ternyata Untungnya Mengejutkan Hingga Jutaan Rupiah

Salah satu jenis ternak yang banyak menjanjikan keuntungan besar namun unik adalah budidaya tokek. Memang terkesan sedikit aneh dan out of the box untuk membudidayakan hewan reptil satu ini. Namun ternyata banyak orang sudah mendapatkan untung besar dari tokek ini. Bahkan lebih mengejutkan lagi hingga jutaan rupiah.

foto oleh unsplash


Peluang bisnis satu ini memang sangat menggiurkan beberapa waktu ini. Tentunya keuntungan besar bisa didapatkan jika Anda mengetahui cara tepat untuk melakukan budidaya hewan satu ini. Karena memang tokek tentu tidak semudah itu untuk bisa dibudidayakan, Anda harus mengetahui apa kesukaannya.

Hewan ini jadi salah satu hewan fenomenal untuk diperjualbelikan. Adanya fenomena ini tentu saja dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mencoba mengikuti tren pembudidayaan tokek ini. Sehingga Anda juga bisa ikut coba untuk mengikuti tren yang sama dan merasakan keuntungan penjualan begitu luar biasa.

Namun tentu saja dalam proses budidayanya ada berbagai hal penting yang harus Anda perhatikan dengan baik. Tidak bisa dikembangkan secara sembarangan karena tentu ada ilmunya agar keuntungan juga lebih optimal lagi nantinya. Jadi Anda harus mencari tahu lebih dalam tentang budidaya hewan unik ini di salah satu dokter hewan terdekat.

Peluang Bisnis Pembudidayaan Tokek

Hewan dengan ciri khas suara unik ini mungkin memang tidak terduga jika bisa dibudidayakan dan memberikan penghasilan besar bagi pelaku bisnis ini. Namun ternyata memang belakangan ini budidaya hewan ini menjadi ramai dilakukan dan sangat menghasilkan. Tentu ini menarik perhatian banyak orang.

Secara tampilan hewan ini mirip dengan cicak, tetapi dengan ukuran jauh lebih besar dan tubuh lebih berisi. Ada banyak hal yang dilakukan ketika seseorang membeli tokek. Mungkin bagi para pecinta reptil akan dipelihara, tetapi ada juga orang menjadikannya obat penyakit tertentu sesuai kepercayaannya masing-masing.

Oleh karena itu, melakukan pembudidayaan tokek kemudian menjadi ramai dan menguntungkan karena banyak orang tertarik untuk membelinya. Peluang ini jadi salah satu hal yang sebaiknya tidak dilewatkan begitu saja karena keuntungannya begitu luar biasa. Satu ekor tokek saja bisa dijual dengan harga cukup fantastis.

Untuk memulainya Anda juga perlu persiapan yang matang dan tepat. Dengan begitu nantinya ketika sudah siap akan lebih mudah menjalankan program budidayanya. Jangan sampai Anda sudah keluar modal banyak, tetapi karena gagal dalam melakukan budidaya kemudian menjadi rugi bukan hanya uang, tapi juga waktu.

Cara Melakukan Budidaya Tokek

Dalam memulai budidaya hewan tokek yang berhasil tentu berawal dari bibit tokek berkualitas. Memang pada dasarnya bibit tokek paling baik adalah tangkapan liar dengan berat badan kurang lebih 100 gram. Meskipun membesarkan tokek dari kecil hasil reproduksi langsung juga bisa dilakukan.

Untuk kandangnya, Anda bisa menggunakan akuarium yang ditutup dengan kawat jala mesh kecil. Anda hanya bisa menyatukan tokek jantan dan betina jika ukuran tubuh mereka kurang lebih sama. Namun untuk tokek jantan tidak bisa disatukan dalam satu kandang karena bisa saling membunuh.

Di dalam kandang tersebut harus Anda berikan pasir sebagai media alasnya. Namun untuk tokek yang masih kecil bisa diberikan koran atau handuk. Pastikan dalam proses budidaya tokek ini pasir yang digunakan sebagai alas kandung dalam keadaan bersih dan halus sehingga cocok untuk tokek.

Hal penting untuk diperhatikan pada kandang ini adalah harus dalam keadaan gelap. Hal ini dikarenakan mata tokek yang terkena sinar akan membuatnya menjadi stres, tidak mau makan, hingga mati. Jadi Anda harus mengondisikannya dengan baik termasuk memperhatikan suhu terbaik untuk mereka adalah 90 derajat fahrenheit atau sekitar 30 celcius.

Makanan yang cocok untuk reptil tokek adalah ulat, jangkrik, cacing, dan anak tikus baru lahir. Jika kesulitan, ada bisa mengunjungi toko hobiis burung atau ikan karena biasanya menjual jangkrik. Sedangkan minumannya adalah air biasa yang diberikan 2 sampai 3 kali setiap minggunya karena dia bisa mendapatkan asupan air dari makanan yang dikonsumsinya setiap hari.

Dengan cara yang benar Anda bisa mengembangkan tokek menjadi hewan yang dijual mahal di pasaran. Sebenarnya tidak terlalu sulit melakukannya jika Anda mengetahui cara yang benar. Jadi Anda bisa mulai untuk mencoba budidaya tokek dan merasakan sendiri keuntungan besar yang didapatkan dari proses tersebut.

22 views0 comments