top of page

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok


foto oleh pexel


Kerontokan bulu pada kucing menjadi salah satu kendala dalam memelihara hewan lucu ini. Bahkan, seringkali bulu yang jatuh menempel di kursi, bantal, dan furniture lainnya. Namun, jangan khawatir, karena faktanya ada banyak cara mengatasi bulu kucing rontok. Di sini, kami akan mengulas semua cara-caranya kepada Anda.

Agar bisa mengatasinya secara optimal, simak juga penyebabnya yang juga akan kami bagikan di sini. Jadi, silahkan simak sampai selesai.


Sebelum kami bagikan cara-caranya, yuk, simak terlebih dahulu penyebab-penyebabnya di bawah ini:

Apakah Anda sering menggunakan sampo ketika memandikan kucing? Mulai saat ini, perhatikan sampo yang Anda gunakan. Jangan menggunakan shampo yang memiliki kandungan deterjen terlalu banyak. Karena, kandungan tersebut dapat menyebabkan bulunya rontok. Selain itu, jangan menggunakan shampo manusia karena kebutuhan kulit kucing berbeda dengan manusia.

Makanan juga berpengaruh terhadap bulu kucing. Pastikan Anda memberi makanan kucing untuk bulu rontok. Atau, beri asupan gizi yang cukup pada kucing Anda. Dengan memilih makanan yang baik, sebenarnya masalah ini bisa dicegah.

Stres merupakan penyebab umum kerontokan pada bulu mereka. Karena, stres dapat mengakibatkan pembuluh darah hewan lucu ini tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, mereka akan mudah murung, dan bulunya pun perlahan rontok.

Adakalanya bulu yang rontok ternyata diakibatkan oleh faktor natural. Hal tersebut terjadi karena pergantian bulu. Artinya, setiap tahunnya, kucing akan mengalami permasalahan tersebut.

Ada tiga jenis parasit yang biasanya ada pada kucing. Ke-3 parasit tersebut yaitu demodex, scabies, dan ektoparasit. Parasit tersebut akan hidup pada kucing yang jarang terurus dan juga kotor.


Ada cukup banyak cara untuk mengatasi permasalahan di atas. Nah, berikut akan kami paparkan cara-caranya:

Makanan yang tidak baik menjadi penyebab kerontokan pada bulu hewan tersebut. Jadi, pastikan Anda memilih makanan kucing yang bagus untuk bulu rontok. Hentikan juga memberi makanan yang menyebabkan kucing murung, hingga muntah-muntah.

Jika kurang berpengalaman memandikannya, gunakan layanan yang menawarkan pemandian hewan peliharaan. Biasanya, layanan ini ditawarkan oleh petshop. Silahkan Anda cari yang kredibel dan berpengalaman.

Jika ingin cepat mengatasinya, silahkan gunakan obat khusus. Harga obat bulu kucing rontok yang ada di pasaran cukup bervarian. Obat tersebut biasanya berjenis obat tetes. Untuk membelinya, bisa di petshop terdekat, atau secara online.

Sisir bulu mereka secara rutin. Aktivitas ini bertujuan untuk melancarkan metabolisme mereka dan mencegah kerontokan. Selain itu, menyisir bulu mereka secara rutin juga bagus untuk hubungan emosional.

Mencegah dan mengatasi kerontokan bulu kucing juga bisa dengan memberi mereka vitamin. Namun, pastikan Anda memberi mereka vitamin sewajarnya. Ada dua jenis vitamin, yaitu bentuk pasta dan berbentuk bubuk. Silahkan pilih salah satunya saja.

Beri mereka waktu luang untuk bermain. Imbangi juga dengan waktu istirahat mereka. Terlebih jika kucing Anda aktif dan lincah bermain. Pastikan antara aktivitas bermain dan istirahat mereka seimbang. Tujuannya agar mereka tidak stres. Karena, stres adalah salah satu penyebab rontoknya bulu mereka.


Nah, itulah ulasan lengkap cara mengatasi bulu kucing rontok. Silahkan ikuti cara-cara di atas untuk mengatasinya. Pastikan juga Anda mengetahui penyebabnya agar bisa melakukan pencegahan dini. Semoga bermanfaat.

54 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page