Cara Memandikan Kucing Anggora Agar Tidak Berontak

Updated: Jul 28, 2020




foto oleh pixabay


Jika Anda penyayang kucing, tak terkecuali kucing anggora, pasti tahu kalau binatang yang lucu ini ternyata sangat takut dengan air. Padahal, mandi itu penting. Sehingga Anda harus tahu cara memandikan kucing anggora dengan benar agar dia tidak berontak ketika terkena air.


Cara Memandikan Kucing Anggora

Memandikan kucing anggora itu butuh kesabaran dan juga keberanian agar bulunya yang panjang dan lebat tetap sehat dan terawat. Berikut tips sederhana cara memandikan kucing ras anggora dengan benar.


Mencari Waktu Yang Tepat

Anda harus mencari waktu yang tepat kapan kucing anggora Anda harus dimandikan. Saat akan dimandikan, kucing anggora harus dalam kondisi perut kenyang, sedang rileks, dan riang gembira. Jika belum makan, penting beri dia makan dulu. Tunggu hingga keadaannya siap dimandikan.

Tidak ada jadwal rutin untuk memandikan kucing. Namun, untuk menjaga kebersihan, sebaiknya kucing anggora Anda dimandikan satu bulan sekali. Jangan juga terlalu sering dimandikan, kecuali bulunya sudah nampak kusam, kotor, dan banyak kutu, segera mandikan.


Menggunakan Shampo Khusus

Karena kucing anggora umumnya memiliki bulu panjang dan lebat. Maka, kucing harus dimandikan menggunakan shampo khusus kucing agar lebih bersih dan terbebas dari binatang kutu. Pastikan sampo yang digunakan tanpa bahan pengawet atau parfum keras.

Kenapa haru menggunakan shampo khusus? Sebab, shampo untuk rambut manusia punya pH berbeda. Kandungan nutrisinya tidak cocok dan dikhawatirkan justru akan merusak bulu kucing Anda.


Menggunakan Air Hangat

Kucing sangat tidak suka dengan air dingin. Sehingga memandikan dengan air hangat adalah cara paling tepat saat memandikan kucing peranakan anggora.

Banyak kucing stress dan berontak ketika bersentuhan dengan air dingin. Memandikan kucing dengan air hangat bisa mengurangi rasa stress dan pemberontakan pada kucing.


Membasahi Tubuh

Untuk mempermudah saat memandikan kucing anggora, gunakan selang semprot untuk membasahi bagian tubuhnya. Atau, bisa menggunakan gayung. Lindungi bagian telinga, mata, dan hidung agar tidak kena air semprotan.


Oleskan Shampo

Untuk penggunaan shampo, tuangkan shampo sedikit demi sedikit ke bagian-bagian tumbuh yang berbulu. Agar lebih bersih, Anda bisa menggunakan waslap untuk menggosok tubuhnya. Lakukan perlahan agar bulu tidak rusak atau rontok.

Gosok seluruh bagian tubuh. Pastikan bagian-bagian yang sulit, seperti bagian bawah dan leher, juga terkena shampo. Perhatikan juga bagian mata dan telinga agar tidak terkena shampo. Terutama bagian telinga, karena kucing umumnya tidak suka ada benda masuk ke dalam telinga.


Bilas dengan Air Hangat

Setelah mandi dengan sabun dan shampo selesai, langkah merawat kucing anggora selanjutnya adalah membilasnya hingga bersih menggunakan air hangat. Pastikan agar bagian mata dan telinga selalu terlindungi dari tetesan air saat dimandikan.


Keringkan dengan Handuk

Layaknya manusia, setelah mandi, kucing anggora Anda juga harus dikeringkan. Gunakan handuk lembut untuk menggosok bulunya yang panjang. Selanjutnya, keringkan kucing Anda. Usahakan berada di ruangan hangat saat proses pengeringan. Jangan biarkan dia keluar hingga benar-benar kering.

Selain menggunakan handuk, Anda bisa juga menggunakan blower untuk mengeringkan bulunya. Atau, bisa juga dijemur dengan sinar matahari agar lebih sehat.


Berikan Kasih Sayang

Merawat kucing anggora tidak hanya mandi. Mandi hanya diperlukan 1 bulan sekali. Yang tidak kalah penting dari bagian merawat kucing adalah memberikan kasih sayang.

Misalnya, dengan mengusap lembut agar kucing anggora kesayangan Anda tetap merasa rileks setelah dimandikan. Yang paling penting, dia tidak takut apalagi sampai trauma akan dimandikan kembali.


Seperti disebutkan di awal pembahasan, tidak terlalu sulit untuk merawat kucing anggora kesayangan Anda. Apalagi sudah terbiasa memandikan kucing, Anda akan lebih mudah mengikuti cara memandikan kucing anggora dengan benar.


cek juga tentang ini : Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
13 views0 comments